Makanan Mengandung Protein Apa Saja?

makanan mengandung protein

Protein memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan otot, dan lain sebagainya. Lalu, apa saja makanan mengandung protein?

Makanan Mengandung Protein

Berikut ini adalah makanan yang mengandung protein, agar dapat memenuhi kebutuhan protein sehari-hari, yaitu:

  • Daging Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak atau bagian has luar atau sirloin memiliki protein yang lebih tinggi. Selain mengandung protein, daging sapi tanpa lemak ini juga mengandung berbagai zat lainnya seperti zat besi dan vitamin B yang baik untuk kesehatan.

Kamu harus mengolah daging ini dengan benar, agar seluruh gizi yang terkandung didalamnya dapat kamu terima dengan baik dan terhindar dari penyakit. Kamu bisa mengolah daging sapi menjadi banyak menu, seperti sup atau bakso.

  • Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe adalah salah satu makanan yang dikenal mengandung protein tinggi. Tahu dan tempe terbuat dari kedelai, dan dapat dengan mudah kamu temukan dimana-mana.

Harganya murah, dan dapat kamu oleh menjadi berbagai jenis masakan kesukaan. Manfaat yang dapat kamu peroleh dari mengkonsumsi tahu dapat menghindarkan dari penyakit.

  • Dada Ayam

Makanan selanjutnya yang memiliki kandungan protein tinggi adalah dada ayam. Pada satu dada ayam tanpa lemak, mengandung protein sebanyak 53 gram.

Jika kamu sedang melakukan diet, mengkonsumsi makanan ini dapat membantu program diet berjalan lancar, namun harus diolah dengan benar. Pengolahan untuk makanan diet yaitu tidak digoreng, tidak dibakar, dan tidak menggunakan kulit.

  • Ikan Tuna

Selain protein, ikan tuna memiliki banyak kandungan baik seperti, asam amino, dan omega 3 yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, ikan tuna juga rendah akan lemak dan kalori.

Kamu dapat mengkonsumsi ikan tuna secara rutin untuk memenuhi kebutuhan protein harian, atau sebagai menu diet. Karena dapat menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga dapat membantu mengatasi stress.

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Mengandung Protein

Protein memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

  • Meningkatkan Imun Tubuh

Fungsi protein yaitu sebagai pembentuk imunoglobulin atau antibodi yang dapat berguna untuk melawan infeksi. Sehingga dengan adanya antibodi, maka tubuh kamu akan terlindungi dari bakteri dan virus.

Bakteri dan virus tersebut adalah awal mula dari penyebab penyakit. Jadi dengan mengkonsumsi protein, kamu akan terlindungi dari penyakit.

  • Membangun dan Memelihara Jaringan

Protein dapat membangun dan memelihara jaringan pada tubuh. Jumlah protein yang diserap tubuh untuk pemeliharaan tergantung pada kondisi kesehatan tubuh.

Contohnya seperti, jika seseorang tengah menjalani pemilihan setelah operasi, maka mereka membutuhkan protein dalam jumlah besar. Begitu pula bagi ibu hamil dan menyusui atau orang yang sedang sakit, mengkonsumsi protein dapat memulihkan kondisi tubuh.

  • Sebagai Sumber Energi

Serupa dengan karbohidrat, protein merupakan salah satu sumber energi yang sangat penting untuk tubuh. Energi sangat dibutuhkan karena jika kamu melakukan suatu kegiatan, maka tubuh akan menggunakan energi.

Tubuh menggunakan energi yang berasal dari karbohidrat dan lemak, namun energi dari protein disimpan sebagai cadangan jika tubuh sangat membutuhkannya. Contohnya seperti ketika kamu sedang berpuasa.

Asuransi kesehatan adalah hal penting sebagai bentuk perlindungan di masa depan. Sehingga kamu dapat hidup dengan aman dan nyaman tanpa merasa khawatir akan hal yang tidak diinginkan terjadi.

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan asuransi kesehatan. Kamu dapat mengunjungi Cek Premi untuk melihat rekomendasi asuransi terbaik dan terpercaya yang dapat kamu pilih.

Pertanyaan Seputar Makanan Mengandung Protein

Protein adalah salah satu kandungan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait makanan mengandung protein, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Buah apa yang mengandung protein tinggi?” answer-0=”Buah jambu merah, alpukat, kiwi, jeruk, dan pisang adalah beberapa buah yang mengandung protein tinggi ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa yang terjadi jika kelebihan protein?” answer-1=”Kamu dapat mengkonsumsi makanan mengandung protein secukupnya saja. Karena jika berlebihan, dapat menimbulkan masalah pada fungsi organ seperti gangguan pembuluh darah, kardiovaskular, dan lain sebagainya. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]