Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

buah mengkudu
Imagesource : herbalacemax

Pernahkah anda mendengar buah mengkudu? Mengkudu adalah pohon sejenis pohon cemara yang sering dijumpai didaerah kepulauan pasifik, India, Australia dan juga Asia Tenggara. Pohon yang terkenal degan buahnya yang pahit ini ternyata mengandung fitokimia yang merupakan zat pada buah-buahan yang dapat mencegah penyakit.

Pohon dari buah ini tidak terlalu diminati oleh masyarakat pada umumnya, karena buah ini memiliki aroma dan rasa yang tidak enak, akan tetapi karena juga mengandung zat aktif yaitu nalkaloid proxeronin yang memiliki manfaat untuk mengahambat dan mengatasi sel kanker. Selain dari 2 zat yang menguntungkan diatas, mengkudu ternyata memiliki zat menguntungkan lainnya yang terdapat didalam buah ini yaitu; morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan juga sorandiyiol.

Bukan hanya 2 manfaat dan khasiat dari buah mengkudu, masih banyak lagi khasiat dari buah yang sering disebut dengan nama pace ini, diantaranya ialah:

  • Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi merupakan sebuah penyakit yang sangat berbahaya jika tidak segera di obati. Sering sekali masyarakat sepele akan penyakit ini, namun sadar atau tidak ini merupakan juga salah satu penyakit yang berbahaya.

Untuk menggunakan buah ini caranya ialah ambillah 2 buah mengkudu yang telah matang dengan 1 sendok madu, setelah itu ambil air dari buah mengkudu tersebut dan campurlah dengan madu. Minumlah obat ini 2 hari sekali sampai anda merasa lebih baik lagi dari sebelumnya.

  • Menyembuhkan Batuk

Batuk merupakan penyakit yang sering dialami oleh orang lain dan sembuhnya pun terkadang lebih cepat dari penyakit lainnya. Namun, aktivitas kita sangat terganggu bila sudah batuk, apalagi orang-orang di sekitar kita pun juga ikut terganggu.

Untuk menyembuhkan batuk anda tidak perlu membeli obat batuk yang mahal, namun tidak menyembuhkan secara cepat, anda hanya perlu membuat ramuan mengkudu dan bujanggut atau daun poo. Caranya ialah rembuslah kedua tanaman tersebut (1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo) menggunakan 2 gelas air hingga airnya mulai berkurang dan mendapatkan 1 gelas, setelah itu saringlah ramuan tersebut dan minum. Setelah itu, minumlah 2 kali sehari pagi dan sore hingga anda tidak batuk lagi.

  • Mengobati Sakit Kuning

Penyakit kuning merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan penumpukan zat berwarna kuning yang disebut dengan bilirubin yang ada di dalam darah dan jaringan tubuh. Tidak perlu khawatir bila anda mengalami penyakit ini, karena mengkudu pun dapat mengobati penyakit ini secara perlahan, anda hanya perlu membuat ramuan dari mengkudu. Dengan cara mengambil 2 buah mengkudu yang telah matang dan 1 potong gula batu. Setelah itu, peraslah buah mengkudu untuk mengambil airnya, anda bisa menubuk buah mengkudu terlebih dahulu bila buah mengkudu terlalu keras, akan tetapi teksur dari buah mengkudu biasanya memiliki tekstur yang lembut didalamnya. Jika anda telah mengambil air perasannya anda dapat mencapurnya dengan gula batu atau dengan madu (tergantung selera).

  • Mengatasi Kulit bersisik

Buah mengkudu pun ternyata bisa untuk menjaga kulit dan membuat kulit kita menjadi halus. Cara mendapatkan kulit bagus dengan buah mengkudu ialah dengan menggosok kulit yang kering dengan merata dan biarkanlah hingga 5-10 menit setelah itu bersihkanlah dengan kain bersih dan air hangat.

Demikianlah berbagai khasiat yang dimiliki oleh buah mengkudu, semoga bermanfaat untuk anda dalam menjaga kesehatan.

wayan mirna salimin
Lindungi kesehatan anda dari penyakit dengan pertanggungan asuransi kesehatan, pilih yang terbaik disini.

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 12, 2016

Posted In: Health, Hot News

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami