Terkenal Mahal, Ternyata Ini Manfaat Coating Mobil!

Jun - 13
2021
manfaat coating mobil

Terkenal Mahal, Ternyata Ini Manfaat Coating Mobil!

Pernah mendengar istilah coating mobil? Belakangan ini istilah nano ceramic coating menjadi trend di kalangan para pecinta otomotif. Nano coating berarti penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil. Adanya sistem nano ini berarti menggunakan partikel bahan yang sangat kecil sehingga mampu menyerap hingga pori-pori cat. Manfaat coating mobil bisa membuat body mulus dan mengkilap seperti baru.  

Pada umumnya bahan yang digunakan adalah SiO2 atau silikon dioksida yang juga merupakan bahan baku untuk membuat keramik dan kaca. Jadi, memang harganya bisa dibilang tidak murah, tapi semuanya sesuai dengan hasil yang diberikan. Permukaan cat dan body mobil terlihat selalu segar dan tidak kusam. 

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Apa Saja Manfaat Coating Mobil?

harga coating mobil

Mencegah Warna Cat Memudar

Manfaat utama dari coating adalah untuk mencegah pudarnya warna cat mobil akibat terkena paparan sinar matahari atau reaksi kimia. Warna cat pada permukaan bodi mobil yang sering terpapar sinar ultraviolet dari matahari akan lebih cepat pudar dan kusam.

Baca juga: 7 Cara Merawat Cat Mobil yang Aman agar Tetap Mengkilap

Membuat Tahan Goresan 

Manfaat lainnya bisa membuat daya tahan terhadap goresan menjadi lebih tinggi dibandingkan mobil tanpa coating. Namun, hal ini juga tergantung pada bahan coating yang digunakan ya. Semakin tebal dan keras lapisan coating, daya tahan cat mobil terhadap gores dan baret juga akan meningkat

Tahan Terhadap Air dan Jamur

Coating mobil juga bisa membuat bodi mobil dan permukaan cat menjadi lebih tahan terhadap bercak air dan jamur akibat adanya water repellent effect. Air dan kotoran jadi tidak mudah menempel dan akan langsung tergelincir saat menyentuh permukaan cat. Sehingga terbentuknya jamur juga akan semakin minim. 

​​​​​​​Mobil Lebih Mengkilap

Manfaat coating mobil lainnya adalah bisa memberikan efek kilap tahan lebih lama pada body mobil. Ketika menggunakan wax atau sealant, kilap mobil hanya bertahan 1-3 bulan saja, sementara dengan coating bisa bertahan hingga 3 tahun lebih.

Baca juga: Mau Mobil Tetap Awet dan Kinclong? Ini Cara Merawatnya!

Lalu, apakah masih diperlukan perawatan setelah mobil di coating?

Jawabannya adalah sangat perlu! Walaupun telah diberikan perlindungan dengan produk sebagus atau semahal apapun, Anda harus tetap membersihkan body mobil ketika terkena air atau kotoran. Intinya, dengan adanya coating bisa memberikan kemudahan dalam melakukan perawatan. Namun perawatan rutin tetap harus dilakukan seperti:

  • Pencucian berkala ketika kotor
  • Cuci menggunakan air PDAM
  • Gunakan shampo atau sabun khusus mobil
  • Gunakan lap dengan fiber lembut

Berapa Harga Coating Nano Ceramic?

Berdasarkan beberapa data, harga dimulai dari Rp 3 juta hingga Rp 8 juta. Mungkin ada yang bertanya-tanya, dengan harga yang cukup mahal, berapa lama coating bisa bertahan? Daya tahan dan umur coating body mobil, kembali kepada produk atau brand yang memberikan coating. Namun secara umum manfaat coating mobil bisa dirasakan hingga bertahun-tahun jika dilakukan perawatan rutin dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *