Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuhmu

manfaat daun kemangi

Manfaat daun kemangi sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Bukan hanya untuk penyedap masakan, tetapi manfaat daun kemangi juga dibutuhkan untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, manfaatnya untuk kesehatan bisa kamu rasakan.

Daun kemangi biasanya digunakan untuk melengkapi sajian menu makanan sebagai lalapan. Di balik rasanya yang cocok untuk lalapan, daun kemangi juga memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Bahkan, daun yang lazim untuk lalapan ini berkhasiat untuk mencegah kanker.

Daun jenis tumbuhan aromatik yang berasal dari benua Asia dan Afrika ini seringkali juga dikonsumsi oleh masyarakat dalam bentuk teh atau suplemen. Pasalnya, daun kemangi dipercaya bisa untuk mengatasi beberapa penyakit.

Sebagaimana dilansir dari orami.co.id, United States Department Agriculture (USDA) mempunyai hasil penelitian tentang kandungan daun kemangi. Dalam satu sendok daun kemangi yang setara dengan 2,6 gram terdapat kandungan sebagai berikut:

  • Kalsium: 4,6/1.000–1.300 mg
  • Vitamin A: 6,9/700–900 mcg, RAE
  • Beta karoten: 81,7 mcg
  • Beta cryptoxanthin: 1,2 mcg
  • Lutein dan zeaxanthin: 147,0 mcg
  • Vitamin K: 10,8/75–120 mcg

Selain kandungan tersebut, di dalam daun kemangi juga terdapat beberapa kandungan lainnya yang bermanfaat bagi tubuh seperti, vitamin B, jejak zat besi dan beragam mineral lainnya. Diketahui juga di dalamnya terdapat berbagai antioksidan.

Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi

Selain untuk penyedap masakan, daun kemangi diketahui mempunyai beragam manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Berikut informasi lengkapnya agar kamu bisa mengetahui berbagai manfaat yang terkandung dalam daun kemangi.

1. Menyembuhkan Jerawat

Kandungan minyak pada daun kemangi diketahui bisa mengatasi jerawat. Pasalnya, daun kemangi mengandung zat antibakteri yang bisa menghambat tumbuhnya bakteri penyebab munculnya jerawat.

Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat yang bisa melawan infeksi dan menyembuhkan luka dengan cepat. Sehingga, daun kemangi bisa membantu menghilangkan bekas luka jerawat.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Daun kemangi mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, gangguan pencernaan akibat adanya luka di lambung bisa kamu hindari.

Daun kemangi juga memiliki khasiat untuk menurunkan asam lambung serta meningkatkan kemampuan lambung dalam melepaskan lendir pelindung dinding lambung.

Selain itu, tumbuhan ini juga mampu mencegah gangguan sistem pencernaan yang umum seperti, mual dan diare.

4. Menyembuhkan Luka dengan Cepat dan Mencegah Infeksi

Daun kemangi bisa mempercepat sembuhnya luka dan mencegah adanya infeksi karena mempunyai kandungan zat antivirus dan pereda nyeri. Sebagai contoh, luka dan infeksi pada sariawan bisa disembuhkan oleh daun ini.

Jadi, saat tubuhmu mengalami luka, kamu sebaiknya sering mengkonsumsi daun kemangi.

5. Mengatasi Stres dan Cemas

Daun kemangi berperan sebagai adaptogen. Diketahui, daun ini memiliki kandungan zat alami yang bisa membantu tubuh manusia untuk beradaptasi dengan hormon penyebab stres.

Selain itu, zat alami pada daun kemangi ini juga bisa membuat tubuh dan pikiran manusia rileks, gangguan tidur dan mempertajam daya ingat.

6. Mencegah Munculnya Kanker

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa daun kemangi ternyata juga bisa mencegah munculnya kanker. Selain sebagai antioksidan, daun ini juga berperan sebagai antikanker.

Daun kemangi memiliki kandungan zat yang bisa melawan kanker pada tubuh manusia seperti, kanker paru-paru, kanker mulut dan kanker kulit.

Selain dapat mencegah kanker, daun kemangi diketahui juga bisa untuk menurunkan tensi darah tinggi dan memulihkan kondisi tubuh akibat stroke. Namun, tingkat efektivitasnya masih diteliti lebih lanjut.

7. Memperlambat Penuaan Kulit

Daun kemangi bisa bermanfaat untuk melindungi kulit dari efek penuaan. Kamu bisa mengkonsumsinya sebagai pelengkap masakan dengan menu sehari-hari yang bervariasi.

Dengan kandungan antioksidannya, daun kemangi bisa membantu mengurangi kerutan dan kekusaman kulit.

8. Mengatasi Kulit Berminyak

Daun kemangi bisa membantu mengatasi kulit berminyak dari dalam. Selain itu, daun kemangi juga berkhasiat untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.

Nah, itu tadi beberapa manfaat dan khasiat daun kemangi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah kesehatan.

Yang perlu kamu ingat, meskipun daun kemangi mempunyai beragam manfaat, sebaiknya daun ini dihindari untuk orang yang sedang menginginkan kehamilan. Daun ini juga tidak cocok untuk orang yang mengalami masalah pendarahan.

Konsumsi daun kemangi juga perlu diperhatikan untuk orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Kamu sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk menanyakan seberapa banyak daun kemangi yang cocok kamu konsumsi sesuai kondisi tubuhmu.

Perlu kamu pertimbangkan juga untuk melindungi diri dari masalah kesehatan dengan menggunakan asuransi kesehatan. Sebelum muncul penyakit, sebaiknya kamu menggunakan asuransi kesehatan agar keuanganmu tidak kacau jika sewaktu-waktu terjangkit penyakit.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan melalui cekpremi. Kamu akan menemukan berbagai asuransi kesehatan yang terjamin kualitasnya.

Pertanyaan Seputar Manfaat Daun Kemangi

Daun kemangi bukan hanya untuk penyedap makanan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Mungkin ada yang perlu diketahui lebih lanjut dari manfaat daun kemangi. Berikut ini beberapa pertanyaan yang umum tentang manfaat daun kemangi.

Apa manfaat dari daun kemangi?

Daun kemangi mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Daun kemangi mengandung zat yang dapat membuat tubuh menjadi rileks sehingga dapat meredakan stres. Selain itu, daun kemangi juga bisa menghilangkan kecemasan, mengatasi susah tidur dan menajamkan daya ingat.

Apa manfaat daun kemangi untuk asam lambung?

Daun kemangi bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung. Selain itu, daun ini juga bisa membantu meningkatkan pelepasan jumlah lendir pelindung dinding lambung.