Manfaat Door Visor Selain Sebagai Aksesoris Mobil

door visor

Door visor adalah talang air. Alat ini digunakan untuk mencegah air supaya tidak masuk ke dalam mobil ketika jendela dibuka. Biasanya alat ini dipasang pada bagian atas jendela. Caranya, direkatkan pada bracket yang tersedia di atas panel pintu. Selain sebagai aksesoris, door visor juga punya beberapa manfaat lain. Berikut ini penjelasannya

1. Mencegah air hujan masuk kabin

Talang air pada mobil sangat berguna terutama pada saat musim hujan. Talang air ini dapat mencegah air hujan masuk ke dalam kabin untuk sementara waktu. Hal ini akan berguna ketika sedang berkendara dan tiba-tiba turun hujan. Namun, pengendara belum sempat menutup jendela. Keberadaan talang air ini sangat berguna ketika AC mobil kamu mengalami masalah saat hujan. Kamu dapat membuka sedikit kaca jendela mobil untuk mengurangi embun pada kaca mobil. Jarak pandangmu tak akan terganggu karena bebas embun. Ketika mengambil tiket dan membayar parkir, talang air ini akan mencegah masuknya air hujan ke dalam mobil.

2. Melindungi Kabin

Talang air dapat mencegah kerusakan komponen pada kabin mobil. Komponen pada kabin mobil hampir semua akan cepat rusak jika terkena air. Komponen yang rawan terkena cipratan air hujan yaitu power window. Komponen ini terletak di sisi door trimPower window berfungsi untuk mengatur setelan terbuka dan tertutupnya kaca jendela mobil. Jika air hujan yang masuk ke dalam mobil dan mengenai panel power window. Maka, akan menyebabkan kerusakan. 

3. Membantu Sirkulasi Udara 

Tidak hanya berfungsi pada musim hujan, talang air mobil ternyata dapat membantu sirkulasi udara dalam kabin ketika mobil diparkir. Cuaca terik akan terasa semakin panas pada mobil yang diparkir di luar ruangan. Udara yang terperangkap dalam mobil yang tertutup rapat akan menjadi semakin panas. Dengan adanya talang air, kamu dapat sedikit saja membuka kaca jendela. Hal ini membantu keluar masuknya udara, sehingga suhu pada mobil tetap pada batas wajar. Kamu tidak perlu khawatir orang lain melihat kabin interior karena terhalang talang air.

4. Mengurangi Bising

Suara mesin sering dirasa cukup mengganggu saat berkendara. Namun, suara bising mesin tersebut bisa diminimalisir. Sebab, adanya talang air akan mengarahkan aliran udara pada mesin. Pengarahan aliran udara inilah yang meredam suara berisik mesin mobil. Beberapa mobil keluaran terbaru bahkan hampir tidak mampu meredam suara mesinnya, hingga tidak terdengar.

5. Memperindah Tampilan Mobil

Sebagai aksesoris mobil, talang air juga berfungsi sebagai penambah estetika kendaraan. Dengan adanya komponen tambahan tersebut, mobil terlihat lebih keren. Sayangnya, talang air ini tidak otomatis terpasang pada semua jenis mobil. Beberapa mobil jenis baru sudah memasang talang air sesuai standar mereka. Sebagian besar jenis mobil lain harus membeli dan memasang talang air secara terpisah. 

Asuransi Mobil Pilihan

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi  yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp 35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun. 

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant. 

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Door Visor

Door Visor itu apa?

Door visor adalah talang air. Seperti namanya, alat ini digunakan untuk mencegah air supaya tidak masuk ke dalam mobil ketika jendela dibuka sedikit. Biasanya, alat ini dipasang pada bagian atas jendela dengan cara direkatkan pada bracket yang tersedia di atas panel pintu.

Perlukah mobil pakai door visor?

Keberadaan talang air ini sangat berguna ketika AC mobil mengalami masalah saat hujan. Kamu dapat membuka sedikit kaca jendela mobil untuk mengurangi embun pada kaca mobil. Saat mengambil tiket dan membayar parkir, talang air ini akan mencegah masuknya air hujan ke dalam mobil.