Manfaat Kaldu Jamur untuk Kesehatan

kaldu jamur

Bagi beberapa orang yang menyukai makanan gurih, terkadang merasa khawatir karena takut untuk mengkonsumsi penyedap atau MSG secara berlebihan. Namun saat ini kamu dapat menggunakan kaldu jamur sebagai pengganti MSG.

Manfaat Kaldu Jamur Bagi Kesehatan

Kaldu jamur dapat digunakan untuk penyedap berbagai jenis masakan, karena salah satu fungsinya dapat memperkuat rasa umami. Selain memberikan rasa yang nikmat, nyatanya kaldu jamu juga memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu:

  • Mencegah Kekurangan Vitamin B12

Jika kamu adalah seorang vegan yang tidak mengkonsumsi segala produk hewani, biasanya akan lebih rentan mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin B12. Karena salah satu sumber Vitamin B12 berasal dari olahan hewani.

Namun jika menggunakan kaldu jamur, kamu akan mendapatkan vitamin B12. Karena dalam satu sendok makan kaldu jamur, terkandung 33,8 mikrogram vitamin B12, yang dapat memenuhi lebih dari 8 kali kebutuhan harian akan vitamin tersebut.

  • Membantu Perkembangan dan Pemulihan Otot

Pada kaldu jamur, setiap satu sendok makannya terkandung 2 gram protein. Selain protein, kaldu jamur juga mengandung 9 jenis asam amino esensial, yang mana tubuh membutuhkan seluruh nutrisi dari makanan sehari-hari.

Jadi dengan menggunakan kaldu jamur dalam masakan, kamu bisa memenuhi kebutuhan asam amino dan protein dengan lebih mudah. Jangan lupa imbangi dengan olahraga yang rutin dan makanan sehat, ya.

  • Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

Menurut studi yang ada dalam jurnal Food and Nutrition Sciences, kaldu jamur dapat membantu menurunkan risiko gejala flu hingga 25 persen. Kaldu jamur juga mengandung alfamannan dan beta glukan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Karena serat beta glukan yang terkandung dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari bakteri dan virus. Hal ini bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsi setengah hingga satu sendok makan.

  • Membantu Menurunkan Kolesterol

Penyakit kolesterol biasa disebabkan oleh pola makan yang tidak baik. Kamu dapat menggunakan kaldu jamur sebagai penyedap agar dapat membantu untuk menurunkan kolesterol.

Karena beta glukan yang terdapat pada kaldu jamur juga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol. Jika menggunakan kaldu jamur, kamu dapat tetap menikmati makanan lezat, namun harus diimbangi dengan gizi yang seimbang, ya!

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana cara jamur dapat menjadi kaldu yang ternyata bermanfaat bagi kesehatan? Caranya yaitu, jamur saccharomyces cerevisiae ditanam selama beberapa hari pada media yang banyak gula seperti tetesan tebu.

Kemudian jamur dipanaskan, dicuci, dikeringkan, dan dihancurkan. Sehingga dapat dikemas menjadi kaldu jamur. Lalu, apa saja kandungan yang terdapat didalamnya?

Kandungan Gizi Pada Kaldu Jamur

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Kalium
  • Sodium
  • Vitamin B1 (Thiamin)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B3 (Niacin)
  • Vitamin B6 (Piridoksin)
  • Vitamin B12 (Kobalamin)

Harus kamu ketahui, bahwa setiap kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada kaldu jamur berbeda setiap mereknya. Sehingga kamu dapat membaca informasi nilai gizi atau kandungan pada kemasan sebelum membelinya.

Saat ini dengan semakin beragamnya jenis makanan yang bisa kamu konsumsi dapat membuatmu lupa akan kandungan yang terdapat didalamnya. Jika kamu tidak memperhatikan pola makan dengan gizi yang seimbang, dan kurang rutinnya berolahraga dapat berdampak bagi kesehatan,

Banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan kaldu jamur sebagai penyedap masakan. Namun, kamu tetap dapat mengkonsumsi makanan dengan nyaman dan aman jika kamu sudah menggunakan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan dapat membantumu jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Cek Premi dapat membantumu untuk memilih asuransi kesehatan yang terbaik dan terpercaya.

Pertanyaan Seputar Kaldu Jamur

Meskipun banyak beredar di pasaran, beberapa orang masih belum familiar dengan penyedap tersebut. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait dengan kaldu jamur, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apakah kaldu jamur aman dikonsumsi?” answer-0=”Karena bermanfaat bagi kesehatan, tentu kaldu ini aman dikonsumsi. Kaldu ini juga dapat dikonsumsi seluruh kalangan, termasuk anak-anak di bawah 5 tahun. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apakah kaldu jamur mengandung MSG?” answer-1=”Kaldu jamur adalah salah satu bahan penyedap alami, yang tidak mengandung MSG ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]