Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

kayumanis

Manfaat kayu manis tidak hanya untuk bumbu masakan saja, tetapi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kayu manis mudah ditemukan di pasar dan toko sekitar kita. Manfaat kayu manis untuk masakan biasanya digunakan sebagai rempah aromatik dan penyedap makanan serta minuman.

Kayu manis berupa potongan kulit pohon bagian dalam yang dikeringkan sampai bentuknya menggulung. Pohon ini merupakan spesies dari genus Cinnamomum.

Kayu manis memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan kayu manis antara lain adalah protein, zat besi, fosfor, selenium, kalsium dan kalium.

Ada juga beberapa kandungan vitamin yang berguna untuk tubuh seperti, vitamin A, vitamin B dan vitamin K. Selain itu, kayu manis juga memiliki kandungan zat antioksidan dan zat antibakteri serta zat antiradang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuhmu.

Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan

Berkat kandungan kayu manis yang beragam tadi, kayu manis memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaatnya yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan.

  • Membantu Mengatasi Radang dan Nyeri

Kayu manis bisa bermanfaat untuk mengatasi peradangan, mempercepat penyembuhan luka, mencegah rusaknya jaringan dan sel dalam tubuh yang diakibatkan adanya radikal bebas. Manfaat dari kayu manis yang demikian itu berkat adanya kandungan polifenol dan flavonoid di dalamnya.

Kayu manis juga memiliki kandungan anti nyeri yang bermanfaat untuk mengatasi rasa nyeri pada sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot dan nyeri sendi. Kamu bisa mengkonsumsinya sehari-hari sesuai takaran.

  • Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Kayu manis juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, kayu manis juga bisa menjaga kadar gula darah seseorang tetap stabil.

Meskipun namanya kayu manis, kayu ini juga mempunyai manfaat untuk mencegah seseorang terkena penyakit diabetes dan mencegah resistensi insulin.

  • Menjaga Jantung Tetap Sehat

Setelah diteliti, kayu manis ternyata juga berpotensi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh dan trigliserida, yakni salah satu jenis lemak jahat yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Kayu manis merupakan tanaman herbal yang mampu menurunkan risiko kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular seperti, stroke dan penyakit jantung.

  • Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu manfaat mengkonsumsi kayu manis yang tidak boleh kamu lewatkan adalah bisa membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah. Ada kandungan kalium dan antioksidan tinggi yang mampu membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya hipertensi.

Untuk memaksimalkan manfaat kayu yang satu ini dalam mengontrol tekanan darah, kamu harus menerapkan pola hidup sehat seperti, rutin olahraga, mengurangi asupan garam, dan pola gizi yang seimbang.

  • Mengatasi Adanya Infeksi Jamur dan Bakteri Jahat

Kayu manis juga mempunyai manfaat untuk melawan infeksi seperti, infeksi jamur yang mengganggu sistem pernapasan dan infeksi bakteri yang menyebabkan bau mulut dan gigi berlubang.

  • Membantu Penyembuhan Penyakit Neurodegeneratif

Kayu manis juga bermanfaat dalam mengatasi penyakit neurodegeneratif seperti, alzheimer dan parkinson. Penyakit ini disebabkan struktur atau fungsi sel dan otak hilang secara berkelanjutan.

  • Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Mungkin masih sedikit orang yang tahu manfaat kayu ini dalam mencegah tumbuhnya sel kanker. Kayu manis mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat dari kayu manis yang selanjutnya adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Kayu manis mempunyai kandungan yang bisa mengurangi efek buruk makanan-makanan dengan lemak tinggi.

Kayu manis yang mempunyai sifat anti-inflamasi dan antibakteri akan menjaga tubuh tetap sehat sehingga makanan akan diproses dengan lebih baik. Kondisi itu akan membantu menurunkan berat badan.

Namun, kamu perlu mengkombinasikan konsumsi kayu manis ini dengan pola makan dan olahraga yang teratur agar hasilnya bisa maksimal.

Dalam mengkonsumsi kayu manis juga harus sesuai dengan aturan, tidak boleh berlebihan. Pasalnya, jika dikonsumsi tanpa mengikuti aturan akan menyebabkan beberapa efek samping.

Efek samping itu antara lain, iritasi pada bagian mulut dan bibir, kadar gula menurun terlalu drastis, timbulnya gangguan pernapasan, fungsi hati terganggu dan gangguan pencernaan.

Untuk menghindari timbulnya efek samping tersebut, kamu bisa mengkonsumsi kayu manis sehari-hari dengan takaran berikut ini:

  • 1 sendok teh untuk kayu manis jenis cassia
  • 2,5 sendok teh untuk kayu manis jenis ceylon

Yang perlu kamu perhatikan lagi, kamu tidak dianjurkan mengkonsumsi kayu manis saat sedang mengonsumsi obat-obatan untuk menghindari timbulnya interaksi obat.

Nah, itu tadi informasi seputar manfaat kayu manis untuk bumbu masakan dan kesehatan tubuh. Jika ingin menggunakan kayu manis sebagai obat penyakit tertentu, kamu bisa mengkonsultasikan nya dengan dokter.

Untuk melindungimu dari risiko masalah kesehatan, kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan. Banyak manfaat medis yang akan kamu dapatkan. Segera kunjungi cekpremi dan temukan asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar Manfaat Kayu Manis

Manfaat dari kayu manis tidak hanya untuk bumbu masakan, tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan. Berikut ini contoh pertanyaan yang umum ditanyakan mengenai manfaat kayu yang satu ini.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Amankah mengkonsumsi kayu manis setiap hari?” answer-0=”Diketahui di dalam kayu manis terkandung zat bernama kumarin. Zat tersebut bisa bersifat racun bagi hati jika mengkonsumsinya terlalu banyak. Jadi, dalam mengkonsumsi kayu manis harus sesuai dengan aturan.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Kapan waktu minum kayu manis yang tepat?” answer-1=”Terdapat waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kayu manis. Herbal ini bisa diminum dengan madu sebelum tidur. Kayu manis bisa juga diminum di antara waktu makan. Selain itu, kayu manis juga tepat diminum sebelum berolahraga untuk menambah energi dan membuat pembakaran lemak lebih optimal. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]