Manfaat Positif Membacakan Dongeng Pada Anak

Membacakan Dongeng
Image Source fairfieldcountylearning.com

Masih ingat kisah tentang Si Kancil, atau cerita tentang bawa merah bawang putih? Atau apa anda masih ingat dongeng-deongeng yang dulu pernah dibacakan oleh kedua orang tua anda? Saat masih kecil atau menjelang remaja. para orang tua kerap kali membacakan anaknya dongeng, biasanya waktu yang paling tepat untuk membacakan dongeng adalah ketika si buah hati hendak tidur.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, membacakan dongen untuk anak tidak hanya dengan menggunakan buku cerita saja. Akan tetapi sekarang kita sudah dapat menggunakan gadget untuk mencari kisah-kisah menarik yang memberikan manfaat untuk anak.

Tapi tahukah anda bahwa selain menyenangkan, membacakan dongeng untuk anak juga memiliki banyak manfaat positif bagi perkembangan anak. Berikut adalah manfaat positif membacakan dongeng untuk anak yang dikutip dari okezone.com .

Meningkatkan kemampuan berbahasa

Saat anak-anak mendengarkan dongeng dari orang tua mereka, maka mereka pun mendengarkan serangkaian kata-kata dan intonasi menarik yang diucapkan oleh orang tua mereka dari buku dongeng yang dibacakan. Pastinya hal ini akan membuat perbendaharaan kata anak-anak akan lebih kaya. Anak-anak juga akan dapat belajar mengembangkan komunikasi dan tutur bahasa yang sopan lewat identifikasi bunyi dan pengucapan kata.

Memperkuat daya ingat

Mendongeng berarti kita menceritakan suatu cerita tanpa harus dibaca oleh anak-anak, jadi mereka hanya bisa mendengarkan tanpa membaca buku atau ilustrasi pada cerita. Karena itu anak-anak diharuskan mengingat hal penting seperti plot cerita dan nama karakter.

Memperkenalkan anak pada dunia luar

Cerita-cerita dongeng yang berasal dari luar negeri atau daerah lain di Indonesia biasanya turut menggambarkan bagaimana situasi dan kondisi di tempat tersebut. Bahkan beberapa diantaranya juga turut digambarkan bagaimana budaya serta adat dari warga setempat. Hal inilah yang membuat anak-anak mengenal dunia luar, berawal dari dongeng mereka menembus cakrawala dan bisa lebih termotivasi untuk mencoba dan mejelajah hal-hal baru.

Meningkatkan imajinasi dan kreativitas

Ketika dibacakan cerita anak-anak tidak sama sekali diperlihatkan gambar, latar belakang kejadian, atau pun wujud dari yang diceritakan tersebut. Mereka hanya mendengarkan apa yang diucapkan, dan berimajinasi dengannya. Tentunya hal ini akan meningkatkan kemampuan berimajinasi pada anak.

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

March 5, 2015

Posted In: Health

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami