Ternyata Ini 8 Manfaat Teh Daun Kelor Kering Untuk Kesehatan

Jul - 23
2021
manfaat daun kelor

Ternyata Ini 8 Manfaat Teh Daun Kelor Kering Untuk Kesehatan

Kelor atau merunggai termasuk dalam jenis tumbuhan dari suku moringaceae. Daun kelor atau Moringa merupakan tanaman yang sering dikaitkan dengan hal-hal mistis di Indonesia. Bentuk daunnya majemuk, yakni kecil-kecil bulat dengan tangkai daun yang bercabang. Pohon kelor tumbuh subur Indonesia. Ternyata, ada beberapa manfaat teh daun kelor kering untuk kesehatan lho!

Daun kelor mengandung antioksidan dan padat nutrisi. Kelor termasuk dalam 8 mega superfood atau pangan super. Superfood berarti bahan pangan yang memiliki sumber gizi tinggi dan kaya fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. Di berbagai wilayah Indonesia Timur seperti NTT, daun kelor sudah biasa dikonsumsi menjadi sayur mayur harian. Pohonnya tumbuh subur sepanjang tahun.

Selain dikonsumsi secara langsung menjadi sayuran, daun kelor juga bisa dibuat menjadi teh herbal alami dengan segudang manfaat. Teh daun kelor dibuat dari daun kelor yang dikeringkan kemudian diseduh dengan air panas. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi teh daun kelor. Berikut ini ulasannya.

Manfaat Teh Daun Kelor Kering Untuk Kesehatan

manfaat teh daun kelor kering untuk kesehatan

1. Mengontrol Diabetes

Daun kelor mengandung protein yang strukturnya mirip dengan insulin, sehingga dianggap berpotensi bisa untuk membantu mengontrol kondisi diabetes. Kandungan lain dari daun kelor juga membuat pengolahan gula dalam tubuh berjalan lebih baik sehingga mempengaruhi cara tubuh dalam memproduksi insulin. Jika insulin seimbang, maka kadar gula darah pun bisa kembali seimbang.

2. Menurunkan Berat Badan

Teh daun kelor mengandung antioksidan terutama polifenol yang terbukti memiliki efek menurunkan berat badan. Produksi energi terjadi alih-alih menyimpan lemak. Daun kelor mengandung lemak rendah dan padat nutrisi sehingga bisa menjadi alternatif makanan berkalori tinggi.

3. Mengontrol Kolesterol

Daun kelor juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga bisa membantu penderita penyakit jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Hal tersebut karena kandungan kalium dalam teh daun kelor yang berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah. Dengan menurunnya tekanan darah, maka risiko terjadinya penyakit jantung pun akan menurun.

4. Baik untuk Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin C dan bioflavonoid yang kaya pada daun kelor membuat tanaman ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi teh daun kelor secara teratur dinilai bisa mencegah keriput, meningkatkan kelembaban kulit, mengobati jerawat, dan membuat Anda terlihat lebih muda.

Selain itu kandungan zat besi, vitamin C, vitamin B kompleks, dan asam amino dapat membuat rambut sehat dan indah dengan mencegah timbulnya ketombe maupun minyak berlebih di rambut.

5. Meredakan Kram Menstruasi

Bagi wanita, teh daun kelor juga bisa membantu meredakan kram perut akibat menstruasi. Kandungan analgesik atau antinyeri yang ada di dalam daun kelor juga bisa membantu meredakan gejala menstruasi lainnya seperti mual, perut kembung, migraine, hingga memperbaiki mood.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Mempercepat Penyembuhan

Teh daun kelor baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi Anda dari virus-virus penyebab flu maupun gejala flu. Manfaat ini didapatkan juga dari kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Kandungan vitamin C dan antioksidan juga bisa membantu pembentukan sel baru di tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, vitamin C juga memicu produksi kolagen dan mempercepat pembekuan darah.

7. Menyehatkan Pencernaan

Saat Anda mengalami sakit perut, diare, maupun sembelit, mengonsumsi teh daun kelor bisa menjadi pilihan untuk membuat perut terasa lebih nyaman. Sebab, daun kelor memiliki kandungan antibakteri yang bisa menyeimbangkan kadar flora di saluran pencernaan. Saat kadar flora seimbang, maka kerja saluran pencernaan bisa lebih efisien.

8. Baik untuk Otak

Antioksidan yang Anda dapatkan saat mengonsumsi teh daun kelor, akan membantu meredakan stres dan peradangan yang terjadi di jaringan-jaringan otak, sehingga daya ingat bisa meningkat.

Cara Membuat Teh Daun Kelor

Bahan:

  • Daun kelor 3-4 batang
  • Satu gelas air panas
  • Perasan air lemon secukupnya
  • Madu secukupnya

Cara membuat:

  • Ambil 3-4 batang daun kelor, pilih yang sudah tua
  • Keringkan daun tersebut secara alami dengan dijemur maupun dengan alat
  • Haluskan daun kelor beserta batangnya yang sudah kering dengan blender
  • Tuang bubuk daun kelor ke cangkir dan tambahkan air panas
  • Tunggu kurang lebih 5 menit hingga berubah warna
  • Tambahkan madu dan lemon

Manfaat teh daun kelor kering untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Namun, konsumsi teh daun kelor juga tetap harus dijaga dosisnya agar tetap aman. Tetaplah berkonsultasi kepada dokter untuk penanganan detail setiap keluhan kesehatan Anda. Selain itu, Anda bisa menambahkan asuransi kesehatan untuk mengantisipasi kebutuhan terkait kesehatan di masa mendatang. Dapatkan informasi menariknya di Cekpremi.com

 

Reference: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/26/111311620/7-manfaat-tak-terduga-dari-daun-kelor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid