7 Manfaat Teh Jati Cina bagi Kesehatan. Tertarik untuk Mencoba?

Jun - 04
2021
manfaat teh jati cina

7 Manfaat Teh Jati Cina bagi Kesehatan. Tertarik untuk Mencoba?

Kekayaan hayati Indonesia memang sangat mengagumkan. Di tanah ini, kita dapat menemukan berbagai jenis tanaman obat yang berkhasiat bagi kesehatan, layaknya manfaat teh jati Cina.

Seperti namanya, teh jati Cina adalah minuman herbal yang berasal dari tumbuhan jati Cina atau Senna alexandrina. Flora ini disinyalir berguna bagi kesehatan sehingga baik dikonsumsi manusia.

Tidak perlu jauh-jauh ke Tiongkok, saat ini produk teh jati Cina sudah banyak dijual di pasaran. Agar lebih paham terkait manfaat teh yang satu ini, berikut penjabaran yang bisa Anda simak.

 

Inilah 7 Manfaat Teh Jati Cina bagi Kesehatan

Sebelum membahas manfaat teh jati Cina, perlu diingat bahwa mengkonsumsi teh ini tidak boleh sembarangan. Ada dosis tertentu yang perlu dipatuhi, agar terhindari dari resiko yang ditimbulkan.

Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, asal mematuhi aturan konsumsinya pasti kita akan terhindar dari efek samping minuman tersebut. Jika sudah siap, yuk intip beragam manfaat teh yang satu ini!

1. Efektif Menurunkan Berat Badan

Teh jati Cina memang populer sebagai minuman penurun berat badan. Berkat zat-zat alami yang terkandung di dalamnya, ia efektif untuk menambah asupan cairan untuk mengurangi nafsu makan.

2. Berguna sebagai Detoks Tubuh

Detoksifikasi tubuh memang sangat penting, proses ini berguna untuk mengeluarkan zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh kita. Dengan detoks, badan akan terasa lebih segar, ringan dan bugar.

Menurut ahli, teh jati Cina mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, E, selenium, likopen, lutein dan zeaxanthin yang tinggi. Karena itu, minuman yang satu ini berkhasiat untuk detoksifikasi tubuh.

3. Merawat Keremajaan Kulit

Uniknya, Senna alexandrina pakar sinyalir memiliki kandungan minyak esensial, resin dan tanin yang baik untuk meremajakan kulit. Ia berguna untuk mengobati kadas, kurap dan penyakit kulit lainnya.

Selain itu berkat kandungan aseton dan etanol yang bersifat antibakteri, manfaat teh jati Cina juga dapat membasmi mikroorganisme penyebab infeksi pada kulit seperti eksim hingga jerawat.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Teh jati cina ampuh meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Ia bekerja dengan menstimulasi sel darah putih untuk memerangi patogen, yang menjadi sumber penyakit di dalam badan manusia.

5. Menstabilkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi memang sangat berbahaya. Dengan berbagai kandungan yang ada di dalam teh jati Cina, minuman yang satu ini dipercaya berguna untuk menstabilkan kadar kolesterol.

6. Melancarkan Saluran Pernapasan

Bagi para perokok, manfaat teh jati Cina berguna untuk melancarkan pernapasan. Dengan sifat anti peradangan yang ia miliki, minuman ajaib ini mampu meredakan segala jenis penyakit paru-paru.

7. Menyehatkan dan Memperkuat Rambut

Manfaat teh jati Cina terakhir ialah menyehatkan serta memperkuat rambut. Tidak cuma diminum, khasiat ini juga bisa kita dapat dengan mengoleskan olahan teh jati Cina langsung ke rambut, lho!

Caranya cukup mudah, campurkan bubuk teh jati Cina dengan air dan yoghurt. Setelah cukup kental oleskan pada bagian rambut, lalu bersihkan menggunakan air setelah cairan meresap dan kering.

Demikian ulasan mengenai teh jati Cina yang perlu Anda Ketahui. Untuk menunjang kesehatan dan kenyamanan tubuh kita, segera daftarkan diri dengan polis asuransi kesehatan terpercaya ya.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi covid