Mari Mengenal dan Mencegah Kanker Sejak Dini

 

sakit kanker
Image Source jamaicatakeout

Kanker sebuah mesin pembunuh terbesar di dunia dimana pada tahun 2012 telah membunuh 8,2 juta orang di seluruh dunia. Seperti yang tertulis di Pusat Data Informasi Kementerian Kesehatan RI diperkirakan kasus kanker tahunan ini akan meningkat lagi mejadi 22 juta dalam dua dekade berikutnya. Di Indonesia sendiri ternyata pada tahun 2013 pengidap penyakit kanker mencapai kira-kira mencapai 25.012 kasus.

Kanker merupakan penyakit yang di tandai dengan munculnya kelainan siklus sel khas yang membuat kemampuan sel menjadi tumbuh tidak terkendali sehingga melebihi batas normal yang seharusnya sehingga akhirnya sel tersebut menyerang jaringan biologis yang berada di dekatnya, tidak sampai di situ sel tersebut pun menyebar ke seluruh jaringan tubuh melalui sirkulasi darah maupun pembuluh darah yang disebut metastasis.

Faktor-faktor yang menyebabkan penyakit kanker adalah faktor genetik (penyakit keturunan), faktor karsinogen (zat kimia, radiasi, virus, hormon, dan iritasi kronis), perilaku hidup atau gaya hidup (Merokok, pola makan tidak sehat, mengkonsumsi alkohol dan kurangnya aktivitas fisik sehari-hari).

Sedangkan untuk jenis-jenis kanker adalah Kanker prostat (umumnya menyerang lelaki), kanker paru-paru, kanker kolon dan rektum, kanker pankreas, Leukimia (kanker darah), kanker kandung kemih, kanker payudara (kanker yang paling umum dalam menyerang manusia baik wanita maupun pria), kanker endometrium, kanker indung telur, kanker limfoma non-Hodgkin, kanker hati, sebenarnya masih banyak lagi kanker yang mengidap pada tubuh manusia, namun para peneliti belum mengetahui jenis kanker apa lagi yang akan menyerang manusia.

Anda sudah mengetahui segalanya tentang kanker, akan tetapi tidak ada gunanya bila anda hanya sekedar mengetahuinya tanpa mulai untuk mencegahnya agar penyakit ganas ini tidak menyerang anda, berikut cara pencegahan kanker secara alami sebelum terlambat:

  • Mengetahui Memiliki Resiko Keturunan

Dengan mengetahui terlebih dahulu apakah keluarga anda termasuk yang memiliki resiko keturunan kanker atau tidak. Jika anda memiliki resiko keturunan kanker ada baiknya anda lebih waspada lagi dengan pola hidup yang baik.

  • Hindari Makanan Bakar atau Yang di asap

Makanan yang dimasak secara di bakar atau di asap merupakan salah satu penyebab kanker, karena makanan ini mengandung zat karbon yang dapat menimbulkan sel kanker. Oleh sebab itu, usahakanlah untuk mengahindari makanan yang dibakar maupun di asap.

  • Jauhi Alkohol

Alkohol dapat menjadi salah satu penyebab kanker, karena alkohol memiliki zat yaitu asetaldehida yang memiliki rantai kimia menyerupai formaldehida, formaldehida ialah karsinogen atau pencetus kanker. Trenyata asetanilida juga dapat menyebabkan kerusakan pada DNA yang memicu abnormalitas kromosom di dalam jaringan sel sehingga dapat menyebabkan menjadi berperilaku seperti hewan. Jadi, jika anda tidak ingin terkena kanker berhentilah untuk mengkonsumsi alkohol.

  • Cobalah Untuk Tidak Merokok

Selain dapat mengahabiskan uang, merokok juga dapat menimbulkan penyakit kanker, bukan hanya kanker namun penyakit-penyakit seperti jantung, bronkitis dan gangguan janin (untuk wanita). Mulai sekarang cobalah untuk tidak merokok agar anda terhindar dari berbagai penyakit.

  • Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak bisa membuat kanker, ya memang benar . Karena makanan berlemak mengandung banyak kalori penyebab obesitas yang menyebabkan penimbunan lemak dan akhirnya menjadi kanker.

  • Mulai Sekarang Makan Makanan Kaya Serat dan Antioksidan

Makanan kaya akan serat seperti sayur-sayuran terkadang sering sekali tidak di sukai banyak orang, namun sangat bermanfaat. Ada baiknya untuk memakan yang tidak enak namun sehat, daripada enak namun ternyata dapat membuat beresiko kanker.

  • Berolahraga

Dengan berolahraga anda termasuk orang yang waspada akan kanker, karena olahraga dapat melancarkan sistem metabolisme, bukan hanya itu olahraga dapat juga menghindari penimbunan lemak pada tubuh.

Semuai informasi diatas bertujuan agar tidak ada lagi orang-orang yang meninggal akibat kanker, cobalah untuk mengikuti saran-saran tersebut karena percayalah jika kita sudah terkena kanker benar-benar tidak enak, banyak hal yang harus kita korbankan. Mimpi yang sudah lama kita perjuangkan pun daapt menjadi sia-sia karena adanya penyakit ini, seperti kata beberapa orang “Lebih baik mencegah daripada mengobati”.

Mencegah Kanker
Lindungi diri anda dari penyakit kanker

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 14, 2016

Posted In: Health, Inspirational, Lifestyle, Must See, Tips & Tricks

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami