Mau Berhemat? Gunakan Cara Ini

Berhemat
Image Source dapur-uang.com

Apa yang sulit dilakukan oleh pemuda yang berpenghasilan tinggi ? Mencari pasangan ? Rasa-rasanya sulit mencari perempuan yang menolak jika dilamar oleh seorang pemuda dengan penghasilan tinggi. Jika demikian, maka hal apa yang sulit dilakukan oleh seorang pemuda yang memiliki penghasilan tinggi di era modern seperti sekarang ini ?

Untuk mencari jawabannya mungkin kita harus sedikit melihat kembali kondisi yang terjadi sekarang ini, di era yang serba modern ini segala sesuatu berkembang dengan cepat. Mulai dari teknologi, kebutuhan hidup, sampai gaya hidu,p terus berkembang dari waktu ke waktu dengan sangat cepat. Tentu dengan tingkat gengsi yang menggunung, rasanya sulit sekali membendung keinginan untuk tidak mengikuti perkembangan zaman tersebut.

Segala sesuatu hal yang baru atau yang biasa kita kenal dengan “trend” sepertinya sedikit tabu bagi kita untuk tidak mengikutinya. Untuk mengikuti perkembangan tersebut, tak urung banyak orang yang rela merogoh koceknya dalam-dalam, semua rela mengeluarkan dilandasi rasa gengsi yang merajai batinnya demi mendapatkan predikat “kekininan”.

Jadi jawaban yang tepat untuk pertanyaan di alinea pertama tadi adalah berhemat. Karena banyak orang yang saking terlenanya mengikuti perkembangan trend, mereka seolah lupa bahwa kondisi finansial adalah hal yang paling rapuh bila tidak kita kelola dengan baik.

Mengikuti trend memang bukan sebuah perbuatan yang salah, tentu semua orang punya cara dan gaya hidupnya masing-masing. Namun, untuk anda yang masih muda, mungkin sudah saatnya memikirkan bagaimana keadaan finansial anda di masa depan. Jadi sebenarnya anda boleh melakukan apa yang anda suka, akan tetapi harus ingat anda juga dibatasi oleh resiko. Untuk itu mulailah berhemat mulai dari sekarang guna mencegah robohnya fondasi finansial anda di masa muda.

Jika kita mendengar atau melihat kata berhemat memang sulit menjalankannya, dan tidak semudah mendengarkan atau mengucapkannya. Tapi jika anda memang sudah menguatkan tekat untuk benar-benar melakukan penghematan berikut adalah strategi agar keinginan berhemat anda lancar :

Lunasi Utang/Kewajiban Finansial Lainnya

Bagaimana anda melakukan penghematan jika masih memiliki tunggakan atau utang-utang yang masih menggerogoti keuangan anda ? Jadi langkah awal untuk melakukan penghematan adalah dengan melunasi kewajiban-kewajiban itu semua.

Jika anda merasa masih kesulitan untuk melunasi hutang anda, maka cobalah untuk tetap berkomitmen melakukan pembayaran namun dengan estimasi yang lebih spesifik. Berapa yang harus dibayar? Lalu, kapan anda harus membayarnya ? Coba susun sedmikian rupa agar utang-utang anda bisa lunas secepatnya. Lalu kemudian sisihkan sekitar 30-40 persen penghasilan anda untuk membayarkan utang-utang anda tersebut.

Jangan gali lubang tutup lubang, hindari berhutang untuk melunasi hutang anda, apalagi menambah hutang baru padahal kewajiban anda yang lama belum bisa terpenuhi.

Alokasikan Pos Anggaran Dengan Jelas

Alokasikan berapa biaya yang akan anda sisihkan untuk berhemat atau untuk ditabung. Buat pos-pos anggaran dengan jelas agar komitmen anda untuk berhemat tidak terganggu. Bila anda hanya ingin menabung, tetapkan jumlah uang yang akan ditabung setiap bulannya. Usahakan jumlahnya wajar sehingga anda dapat melakukan hal tersebut dengan konsisten setiap bulannya.

Jangan lupa juga pisahkan dengan anggaran yang akan anda pergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap bulannya seperti makan, ongkos/uang bensin, serta biaya-biaya pengeluaran untuk kebutuhan pokok lain. Usahakan lebih sehingga tidak merusak siklus tabungan anda.

Merinci Pengeluaran Rutin

Dengan merinci pengeluaran rutin setiap bulan, maka anda akan dapat mengidentifikasi pengeluaran apa saja yang bisa ditekan untuk mengurangi pemborosan dalam sisi keuangan anda. Berapa pengeluaran anda untuk makan ? Bagaimana pengeluaran anda untuk ongkos atau bensin ? Tentukan semua dan berapakah jumlah yang bisa dihemat dari pengeluaran tersebut.

Atau juga bisa anda ambil dari pengeluaran lainnya seperti dari belanja bulanan, apa saja yang anda butuhkan dan apa saja yang tidak terlalu penting. Pilih dengan bijak, dengan begitu anda bisa jauh lebih menghemat pengeluaran anda, dan akan lebih efisien lagi.

Mulailah Berinvestasi

Tentu anda tidak ingin tabungan anda berjalan lambat atau berjalan di tempat. Maka anda pun dapat memulai mengembangkan uang anda. Cobalah memulai membuat sebuah usaha kecil, atau jika anda tidak ingin mengambil resiko anda dapat berinvestasi secara pasif seperti membeli emas, atau properti.

Jadi, jika penghasilan tinggi yang anda dapat sekarang adalah prestasi, maka pemenang sejati adalah dia yang dapat menjaga prestasi yang sudah diraihnya.

Berhemat
Yukkk pilih asuransi terbaik anda disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

May 20, 2015

Posted In: Tips & Tricks

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami