Mau Nyetir Lebih Aman ? Kenali Cara Kerja Mobil Anda

Mobil
Image source wantdrivinglessons.com

Kenyamanan dan keamanan adalah prioritas utama pada saat seseorang berkendara, para pengendara mobil yang menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari harus menyadari akan hal ini. Untuk aman dan nyaman saat berkendara ada hal-hal yang perlu diperhatikan, dan yang paling utama adalah mengenali bagaimana kinerja mobil yang digunakan. Karena mobil anda sendiri adalah objek utama yang menunjang kenyamanan dan keamanan saat berkendara selain dari cara anda mengemudi.

Seluruh bagian mobil perlu diperhatikan, tidak hanya performa mesinnya saja. Eksterior, interior, dan fitur-fitur canggih yang ada di mobil juga perlu diperhatikan. Namun, banyak dari pengemudi mengabaikan sistem kerja penggerak roda mobil. Padahal ini akan sangat berkaitan dengan keamanan saat anda mengemudikan mobil, dan juga agar anda mengetahui bagaimana reaksi mobil terhadap medan jalan yang dilalui. Berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai cara kerja sistem penggerak roda mobil dikutip dari detik.com .

All Wheel Drive (AWD)

Sistem kerja penggerak roda ini adalah dengan melibatkan keempat roda. Kebanyakan orang mengira bahwa sistem kerja AWD sama dengan 4WD, padahal beda sama sekali walaupun keunggulan dari kedua sistem tersebut sama, yaitu tangguh di medan jalan yang berlumpur, rumput, dan jalan yang berkerikil. Sistem kerja AWD akan mendistribusikan tenaga ke axle depan atau belakan secara pre-emtive guna menghindari terjadinya mobil slip. Keuntungannya secara otomatis sistem pendistribusian akan aktif.

Four Wheel Drive (4WD)

Sistem penggerak roda ini biasa ditemukan pada mobil-mobil besar hingga SUV berukuran besar, yang akan mampu bekerja secara maksimal di medan off-road sekalipun. Memiliki fitur ruang transfer dua percepatan dengan transaksi maksimum, dan juga secara otomatis sangat responsive mencegah roda tergelincir di medan licin.

Rear Wheel Drive (RWD)

Sistem kerja penggerak roda ini adalah dengan mendistribusikan tenaga ke roda belakang. Pada awalnya sistem RWD hanya digunakan untuk mobil berbadan besar dan berbobot berat, tapi seiring dengan berkembangnya zaman mobil urban dan mobil sport pun mulai mengadopsi sistem ini. Kelebihannya, sistem RWD dapat membantu melalui dengan mudah jalan yang licin dan menanjak. Kekurangannya adalah karena jarak mesin dengan roda belakang yang terlalu jauh, banyak tenaga yang terbuang.

Front Wheel Drive (FWD)

Sistem ini adalah kebalikan dari sistem penggerak roda RWD, karena sistem kerja penggerak roda FWD adalah dengan mendistribusikan tenaga ke roda depan. Karena itu sistem ini bisa dibilang adalah yang paling efisien untuk bahan bakar, karena tidak banyak membuang tenaga. Traksi lebih baik saat melalui jalan yang licin karena beban power train terkonsentrasi pada driving wheel.

Setelah anda mempelajari dan juga mengenal bagaimana sistem kerja penggerak roda mobil anda sesuaikan dengan cara mengemudi. Tentu cara agar anda aman berkendara adalah dengan tidak ugal-ugalan dan juga mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Nah agar lebih nyaman dan aman saat mengemudi jangan lupa juga gunakan asuransi mobil sebagai pelengkap untuk mengantisipasi saat hal yang tidak diinginkan terjadi.

asuransi mobil
cek asuransi mobil terbaik anda disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

March 24, 2015

Posted In: Tips & Tricks

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami