Mau Sehat ? Tinggalkan Hal Sepele Berikut Ini

sehat
Image Source healthsaveblog.com

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, kebiasaan-kebiasaan sepele yang sering kita lakukan ternyata bisa berdampak pada kesehatan. Sepele memang, namun ternyata bila ditinggalkan memiliki dampak yang besar.

Jika anda menginginkan hidup yang sehat maka tinggalkanlah hal-hal sepele berikut ini :

Begadang

Jika handphone saja butuh di charge, kenapa manusia justru mengabaikan waktu istirahat untuk me-recharge kembali tubuhnya ? Ingat sebugar apapun tubuh anda pasti ada batasnya, maka tidur adalah salah satu cara untuk mengisi kembali energi tubuh anda. Namun sekarang ini malah banyak orang yang memilih untuk begadang, menghabiskan malam menunggu pagi. Sebagian orang melakukannya dengan menonton televisi, hangout bersama teman, bahkan ada yang asik bermain game.

Perlu diingatkan kembali bahwa manusia memiliki waktu standar waktu tidur agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Yap, minimal manusia harus tidur selama delapan jam sehari. Begadang menghabiskan waktu bermalam anda tanpa tidur bukan tanpa resiko, salah satu yang mengerikan adalah serangan jantung dan stroke mengintai anda yang sering begadang.

Menenteng Tas Berat

Sepele memang, namun ternyata menenteng tas berat menimbulkan efek yang bisa sangat mengganggu kenyamanan anda seperti nyeri bahu, sakit leher, hingga menimbulkan sakit kepala. Namun bukan berarti anda tidak diperbolehkan untuk menenteng tas berat, bagaimana jika anda sedang dalam perjalanan ?

Andai pun anda harus menenteng tas berat usahakan gunakan sedikit waktu untuk jeda dan meregangkan otot yang anda. Namun jika dirasa kurang penting anda bisa mengurangi beban bawaan yang ada di dalam tas anda.

Tidak Sarapan

Banyak orang yang seolah diburu waktu, terutama di pagi hari sehingga mereka melupakan salah satu rutinitas penting di pagi hari yaitu sarapan. Bisa dibayangkan hari yang anda lalui tanpa sarapan hanya akan menyebabkan anda lemah, mudah lapar, lesu, dan kurang konsentrasi terhadap apa yang anda kerjakan. Cukup fatal bukan ?

Menunda Waktu Berolahraga

Manfaat dari berolahraga adalah menjaga agar tubuh anda tetap sehat dan bugar. Jadi menunda-nunda berolahraga adalah kebiasaan sepele yang harus ditinggalkan jika anda menginginkan hidup yang sehat. Manusia memang tidak bisa dilepaskan dari salah satu sifat ini, namun motivasi dari dalam diri untuk hidup sehat harus ditanamkan guna menghilangkan rasa malas tadi. Atau bisa juga anda memilih olahraga yang menurut anda menyenangkan dan mudah seperti jogging, bersepeda, atau berenang.

Olahraga Berlebihan

Untuk hidup sehat kita memang dianjurkan berolahraga, namun jangan lupa juga berolahraga membutuhkan waktu yang tepat. Selain itu, untuk mencapai titik kesehatan yang maksimal maka atur waktu anda untuk berolahraga. Karena ternyata berolahraga berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan anda. Efek samping yang ditimbulkan adalah kerusakan pada jaringan-jaringan otot anda, dan masalah pada lutut atau punggung.

Kebiasaan berolahraga juga dapat menyebabkan perubahan hormonal yang bisa berdampak pada naiknya berat badan.

 

Sehat
Lindungi kesehatan anda dengan asuransi kesehatan. Cek premi termurahnya disini (klik gambar)

Leave a Reply

June 4, 2015

Posted In: Health

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami