Mau Sewa Mobil untuk Mudik? Jangan Asal-Asalan Ya

May - 27
2019
Mau Sewa Mobil untuk Mudik Jangan Asal-Asalan Ya

Mau Sewa Mobil untuk Mudik? Jangan Asal-Asalan Ya

Kerap kali baru ketika musim mudik tiba, para pemilik persewaan mengajukan asuransi untuk mobil. Apalagi ketika semakin banyak jumlah armada yang mereka miliki. Mereka tidak ingin kehilangan mobil karena dibawa kabur oleh penyewa. Alasan itulah yang membuat mereka mau mengasuransikan mobil sewaan tersebut.

Memang benar menyewa mobil menjadi pilihan yang favorit bagi para pemudik saat ini. Mereka yang belum mampu membeli mobil sendiri untuk mudik memilih menyewa mobil daripada menggunakan transportasi umum.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Selain lebih nyaman, ini juga dianggap sebagai cara mudik paling murah ketika sudah ada lebih dari 4 orang anggota keluarga. Jelas lebih murah menyewa mobil daripada membeli tiket untuk 4 orang lebih.

Apalagi sekarang ini lebih banyak jalur mudik yang dibuat oleh pemerintah. Selain tol yang sudah terhubung, ada juga jalan alternatif yang sudah diperbaiki. Hal ini membuat minta pemudik untuk menggunakan mobil sewaan semakin banyak.

Mungkin Anda salah satu orang yang berencana untuk menyewa mobil untuk mudik. Anda tidak boleh asal memilih. Anda sebaiknya memperhatikan beberapa sebelum akhirnya memilih mobil sewaan.

Tips Memilih Mobil Rental untuk Kebutuhan Mudik

Apakah Anda harus memilih mobil sewaan yang paling baru? Ataukah harus menyewa mobil yang model kuno untuk mudik tapi harga sewanya murah?

Tentu banyak sekali pertimbangan yang bisa Anda gunakan. Asalkan Anda punya alasan, semuanya bisa Anda jadikan pertimbangan.

Untuk masalah harga, terkadang harga rental mobil saat musim mudik tiba lebih mahal dari hari biasa. Apalagi jika pemilik persewaan mengambil polis asuransi untuk mobil. Biasanya harganya lebih mahal.

Lalu, apa saja yang perlu Anda pertimbangkan?

Kondisi Mobil

Sebenarnya, bukan usia yang mempengaruhi performa mobil. Secara umum, mobil yang usianya masih muda cenderung memiliki kondisi yang bagus. Akan tetapi, itu tidak bisa digunakan sebagai ukuran secara merata.

Anda harus ingat. Mobil sewaan itu perpindah dari tangan satu ke tangan lain. Tidak ada yang tahu jika penyewa mobil kurang begitu peduli dengan mobil yang mereka sewa. Cara mengendarai mereka bisa membuat mobil muda pun cepat rusak.

Oleh sebab itu, jangan jadikan usia mobil sebagai ukuran. Cek dulu kondisi mobil. Pastikan mobil masih dalam kondisi yang bagus untuk perjalanan mudik Anda.

Tipe Mobil

Sekarang ini, bukan hanya SUV saja yang disewakan oleh penyedia rentah mobil. Memang SUV menjadi primadona. Akan tetapi, apakah Anda memang membutuhkan mobil dengan tipe SUV?

Sebaiknya, Anda sesuaikan tipe mobil yang akan Anda sewa dengan kebutuhan. Jika anda mudik dengan keluarga yang lebih dari 4, sebaiknya Anda memilih SUV atau MPV. Namun, jika untuk berdua saja, Anda bisa pilih mobil citycar yang jauh lebih kecil dan irit.

Cc Mobil

Anda mungkin tidak tahu mengenai mesin mobil. Namun, setidaknya Anda tahu ada mesin dengan cc rendah. Ada yang memiliki cc tinggi. cc mobil dimulai dari 1000. Ini biasanya ada pada mobil tipe citycar. Ini jenis mobil yang irit. Hanya saja, kurang cocok jika medan yang Anda akan lewati banyak tanjakan.

Jadi, sesuaikan cc mobil sewaan Anda dengan medan yang akan Anda lalui. Cc yang besar untuk medan menanjak. Cc yang kecil cukup untuk medan yang datar.

Irit atau Tidaknya BBM

Kebanyakan orang memilih untuk sewa mobil lepas kunci untuk mudik. Karena itu, Anda harus pertimbangkan biaya untuk membeli BBM.

Ada beberapa merk mobil yang terkenal boros. Sebaiknya, Anda hindari. Pilih merk mobil yang BBMnya irit.

Sekarang, Anda siap untuk datang ke tempat rental mobil dan silakan pilih mobil yang tepat untuk Anda sewa.

Harga Rental Mobil untuk Mudik

Secara umum, harga rental mobil saat mudik itu naik. Naiknya bisa sangat signifikan. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan harga yang menarik.

Agar Anda mendapatkan harga yang lebih murah, sebaiknya Anda booking mobil jauh-jauh hari. Sebisa mungkin, satu atau dua minggu sebelum mudik, Anda sudah booking terlebih dahulu. Biasanya, penyewa rela memberikan harga yang lebih bagus.

Selain itu, Anda sebaiknya menyewa mobil mingguan. Jangan harian sekalipun Anda menggunakan mobil untuk mudik 5 hari saja. Menyewa mobil mingguan jauh lebih murah jika dihitung secara harian.

Sebaiknya, Anda rental di tempat yang biasa. Memang mereka juga pasti menaikkan harga rental. Namun, karena Anda pelanggan tetap, mereka tidak segan-segan untuk memberikan harga khusus untuk Anda.

Kenal dengan pemilik rental juga banyak manfaatnya. Setidaknya, ketika terjadi kerusakan saat mudik, Anda bisa menghubungi pemilik rental. Lalu, Anda bisa tanyakan bagaimana penanganan mobil tersebut. Pemilik rental mobil tentu lebih tahu seluk beluk mengenai mobilnya sendiri.

Semoga saja informasi ini bisa membuat Anda lebih bijak dalam memilih mobil sewaan. Tentu Anda ingin perjalanan mudik Anda lancar sampai tujuan. Dan tidak ada masalah hingga Anda pulang ke rumah.

Anda bisa mengembalikan mobil sewaan tanpa ada cacat atau kerusakan. Meskipun memang beberapa pemilik rental sudah mengajukan asuransi untuk mobil. Anda tatap harus hati-hati di jalan. Sebisa mungkin hindari kecelakaan sekecil apapun. Selalu konsentrasi saat mengendarai mobil. Istirahat jika merasa lelah atau ngantuk. Ini cara yang paling tepat untuk menghindari hal buruk di jalan raya.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *