Pentingnya Tes MBTI untuk Melamar Pekerjaan

mbti

Mengenal kepribadian diri sendiri dan orang lain dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan tes psikologi yang populer yaitu tes MBTI. Pastinya Anda sudah mengenal jenis tes yang satu ini, ‘kan? Ternyata tes kepribadian ini juga berperan penting dalam recruitment karyawan.

Disebutkan bahwa sekitar 1,5 juta orang melakukan tes tersebut setiap tahunnya, baik untuk keperluan akademik atau pekerjaan. Faktanya beberapa perusahaan memang menggunakan tes ini untuk keperluan perekrutan dan pelatihan karyawan. Nah untuk lebih lanjutnya silakan simak ulasan berikut.

Pengertian Test MBTI

MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah sebuah tes kepribadian yang dikenalkan oleh Katharine Cook Briggs beserta anaknya yaitu Isabel Briggs Myers pada tahun 1942. Sejatinya, tes ini merupakan eksperimen yang digunakan untuk mengidentifikasi kepribadian, preferensi, dan potensi seseorang.

Tes ini mengacu pada standar teori psikologi Carl Jung dengan tujuan agar semua orang dapat memahami dirinya serta mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan karakter. Anda pun pastinya menganggap hanya ada dua kepribadian di dunia ini, yaitu introvert dan extrovert, ‘kan?

Nah melalui tes MBTI, Anda akan mengenal lebih banyak kepribadian dari itu. Tes ini membagi kepribadian manusia berdasarkan 8 kategori, seperti Introversion (I) vs Extraversion (E), Thinking (T) vs Feeling (F), Intuitive (N) vs Sensory (S), dan Judging (J) vs Perceiving (P). Dari sejumlah kategori tersebut muncullah 16 tips kepribadian yang dapat dimiliki oleh setiap orang.

Secara individu, Anda bisa melakukan tes kepribadian untuk lebih mengenal diri sendiri lebih jauh. Bahkan tes tersebut dapat dijadikan titik awal bagi seseorang dalam mengeksplorasi dirinya. Dengan mengetahui preferensi diri sendiri, Anda lebih mudah mengendalikan diri pada situasi-situasi tertentu.

Sementara itu dalam dunia kerja, banyak perusahaan atau lembaga lain yang menjadikan hasil tes kepribadian MBTI untuk HRD ini sebagai tahap rekrutmen karyawan. Pasalnya hasil kepribadian ini dinilai dapat menjadi acuan untuk mengenali dan memutuskan kandidat apakah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak.

Manfaat Tes MBTI untuk Melamar Pekerjaan

Tes MBTI memang merupakan salah satu tahapan rekrutmen di banyak perusahaan sebagai alat tes psikologi untuk promosi jabatan, keperluan rekrutmen, atau keperluan identifikasi kepribadian lainnya.

Bahkan hasil ini juga akan memberi jawaban terkait banyak hal yang sejalan dengan proses kerja. Tidak hanya itu saja, masih ada sejumlah manfaat tes tersebut untuk melamar pekerjaan seperti yang akan dibahas berikut ini!

Menentukan Kecocokan Antara Kandidat dengan Culture Perusahaan

Tahukah Anda, ternyata tes MBTI ini berguna untuk menilai kecocokan antara kandidat dengan culture perusahaan. Maksudnya tes kepribadian akan memberikan gambaran tentang bagaimana Anda bertindak ketika sudah bekerja di perusahaan tersebut. Kecocokan budaya yang positif mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Menentukan Kecocokan Antara Kandidat dengan Tugas dan Tim

Bukan hanya berkaitan dengan budaya perusahaan, tes kepribadian yang satu ini juga berguna untuk mengungkapkan apakah Anda sebagai kandidat cocok dengan posisi atau tim di perusahaan atau tidak. Ini menunjukkan apakah Anda bisa berpikir sendiri, memecahkan masalah, hingga mengambil keputusan dengan baik.

Menonjolkan Kekuatan

Menonjolkan kekuatan kandidat karyawan sangat penting agar dikenali oleh recruiter dan Anda pun bisa berhasil menjadi bagian perusahaan. Sedangkan bagi manajer atau atasan, hasil tes MBTI ini akan menentukan kekurangan dan kelebihan Anda di mata perusahaan. Jika atasan mengetahui kekuatan Anda, maka mereka akan membantu menentukan posisi yang tepat.

Memprediksi Kesuksesan Role di Masa Depan

Meskipun dinilai dinamis dan dapat berubah tapi nyatanya tes kepribadian terbukti mampu menilai kecenderungan sikap pelamar di lingkungan kerja hingga memprediksi kesuksesan mereka di masa depan.

Hasil tersebut juga memberikan informasi mendalam tentang bagaimana Anda berhubungan dengan orang lain dan pengelolaan emosi yang bisa menentukan kesuksesan role di selanjutnya.

Meningkatkan Kualitas Kandidat

Sama halnya dengan menemukan kandidat yang tepat, sangat penting bagi perusahaan agar bisa meningkatkan kualitas kandidat saat mereka sudah menjadi karyawan supaya memiliki etos kerja yang sesuai kriteria.

Inilah fungsi tes MBTI yaitu sebagai titik awal menentukan kemampuan diri Anda. Sehingga nantinya perusahaan tahu mana yang harus ditingkatkan dan mana yang harus dirubah dalam diri Anda.

Menghindari Terjadinya Konflik

Yang paling penting dalam penggunaan tes kepribadian saat melamar kerja adalah untuk menghindari konflik internal antar karyawan. Hasil tes tersebut akan membantu menciptakan sikap saling menghargai satu sama lain.

Tentunya hal tersebut bermanfaat agar karyawan saling memberikan tanggapan yang baik tanpa timbul masalah. Meskipun terdapat sebuah konflik, pastinya mereka dapat menangani situasi tersebut dengan tepat.

Meningkatkan Intropeksi Diri

Perusahaan pastinya hanya akan merekrut pelamar dengan kepribadian yang sesuai kriteria mereka demi menghindari masalah kerja. Meskipun ada suatu konflik di tempat kerja, karyawan harus mampu menghindarinya dengan refleksi diri.

Sehingga tes MBTI dapat menjadi cerminan bagi karyawan dalam mengendalikan emosi mereka dan membantu membuat langkah antisipasi dalam menghadapi sistem kerja yang semakin kompetitif.

Meningkatkan Komunikasi

Pastinya Anda pun tahu kalau komunikasi adalah kunci agar lingkungan kerja menjadi lebih sportif dan sehat. Jika Anda bisa berkomunikasi dengan rekan kerja maka tidak akan sulit menciptakan lingkungan positif. Tes ini menunjukkan tingkat kemampuan Anda dalam menentukan cara berkomunikasi terbaik dengan karyawan lain dan atasan.

Faktanya, tes kepribadian MBTI berkaitan juga dengan kesehatan. Jika Anda seorang yang beprofesi sebagai HRD. Jangan Lupa berikan proteksi yang tepat untuk karyawan perusahaan.

Pentingnya peran seorang HRD dalam memanfaatkan produk asuransi seperti Employee Benefits tidak bisa diabaikan dalam era bisnis yang semakin kompetitif ini. Employee Benefits adalah produk yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dan memperkuat ikatan antara perusahaan dan anggota timnya.

Dengan menghadirkan paket manfaat yang mencakup asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan manfaat lainnya, HRD dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan menarik bagi karyawan. Selain itu, Employee Benefits juga membantu perusahaan menarik bakat-bakat terbaik dalam industri dan mempertahankan karyawan yang berkinerja tinggi.

Produk asuransi ini juga melindungi karyawan dari risiko keuangan yang tidak terduga, seperti sakit parah atau cedera yang dapat mengganggu stabilitas finansial mereka. Dengan demikian, HRD yang bijak akan mengintegrasikan Employee Benefits sebagai produk yang tepat untuk meningkatkan produktivitas, loyalitas karyawan, dan citra perusahaan yang peduli terhadap kesejahteraan anggota timnya. Dan untuk menemukan produk asuransi kesehatan yang tepat, Anda bisa memanfaatkan layanan pembanding produk asuransi di Cekpremi. Pasalnya sebagai portal online, Cekpremi akan membantu Anda memberikan informasi dan perbandingan produk asuransi yang recommended sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai karyawan.

Segera dapatkan informasinya dalam Cekpremi

Referensi:

Glints

Satu Persen

Alodokter

Linovhr

Talentics

NSD