Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Karyawan Perusahaan

Rekomendasi-Asuransi-Kesehatan-Terbaik

Pembayaran gaji bagi karyawan sangatlah penting. Akan tetapi, ada hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan. Hal tersebut adalah penyediaan asuransi kesehatan bagi karyawan. Banyak yang tidak menyadari pentingnya asuransi kesehatan. Padahal dengan asuransi kesehatan, dapat melindungi karyawan dalam melaksanakan pekerjaan.  

Kita tidak pernah tahu hal apa yang akan terjadi kedepannya. Setidaknya, asuransi kesehatan dapat membantu karyawan ketika mereka dalam kondisi sakit ataupun kecelakaan. Dengan adanya asuransi kesehatan setiap karyawan akan mendapat jaminan finansial. Hal tersebut berupa biaya pengobatan yang ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Penyediaan asuransi kesehatan adalah bentuk perlindungan dan dukungan dari perusahaan kepada karyawan. Dengan begitu, karyawan akan menjadi lebih aktif dan produktif dalam melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, asuransi kesehatan adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan bagi perusahaan.

Penyediaan asuransi kesehatan, tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaanmu. Apalagi ketika asuransi yang kamu tawarkan menanggung keluarga karyawan juga. Tentunya itu akan sangat membantu bagi karyawan. Dengan begitu, akan meminimalisasi tingkat stres karyawanmu dalam bekerja. Hal tersebut juga akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaanmu.

Namun, sebelum kamu menyediakan asuransi kesehatan ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan? Mari simak penjelasan di bawah ini.

1. Memahami Jenis Produk Asuransi

Sebelum kamu memilih asuransi kesehatan, terlebih dahulu kamu harus memahami jenis produk asuransi. Hal tersebut tentunya akan memudahkan kamu kedepannya. Secara garis besar ada dua jenis produk asuransi kesehatan untuk karyawan. Yakni, Hospital Benefit dan Hospital Cash Plan.

Hospital Benefit adalah produk asuransi yang mengganti biaya perawatan secara keseluruhan dengan cara cashless. Hal tersebut dilakukan dengan cara menunjukkan kartu asuransi, dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan uang tunai.

Hospital Cash Plan adalah memberikan penggantian biaya tertentu sesuai dengan kontrak yang telah disepakati. Jadi, karyawan diminta untuk membayar terlebih dahulu baru setelah itu diganti perusahaan dengan mengisi formulir reimbursement.

2. Mengetahui Manfaat yang Diperoleh

Selanjutnya, kamu juga harus mengetahui manfaat yang diperoleh terlebih dahulu. Tentunya setiap asuransi kesehatan memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda. Akan tetapi, kamu perlu memahami secara detail manfaat yang akan kamu dapatkan dari asuransi tersebut. Dengan begitu, kamu dapat memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk karyawan. 

3. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Agar kamu tidak salah dalam memilih asuransi, baiknya kamu pahami apa yang kamu butuhkan. Pemilihan asuransi kesehatan harus disesuaikan terlebih dahulu dengan yang dibutuhkan karyawan dan perusahaan. Apa yang dibutuhkan oleh karyawan, juga seberapa besaran budget yang dianggarkan perusahaan. Sehingga asuransi yang dipilih bisa lebih efektif.

4. Memahami Produk Asuransi yang Ditawarkan

Hal lain yang tidak boleh diabaikan, yaitu kamu harus memahami produk asuransi terlebih dahulu. Setiap asuransi kesehatan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal-hal demikian yang perlu kamu pahami terlebih dahulu.

Tentunya hal tersebut akan membantumu dalam menentukan asuransi kesehatan yang tepat.

Setiap asuransi kesehatan memiliki kekurangan juga kelebihan masing-masing. Jangan terburu-buru dalam menentukan asuransi kesehatan. Pastikan terlebih dahulu kebutuhanmu dengan benar-benar. Dengan begitu, kamu tidak salah dalam memilih asuransi kesehatan.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan untuk Karyawan

Setelah memahami empat hal tersebut, kamu bisa memilih asuransi kesehatan yang dibutuhkan untuk karyawan perusahaanmu. Berikut asuransi kesehatan yang patut kamu ketahui. Simak yuk.

1. Asuransi Kesehatan Employee Benefit

Asuransi kesehatan ini merupakan asuransi kesehatan bagi perusahaan yang memiliki karyawan dalam jumlah besar. Jenis asuransi employee benefit memungkinkan pihak perusahaan untuk menyesuaikan kebutuhan asuransi bagi karyawan dari segi premi, benefit, beserta syarat dan ketentuannya. Terdapat dua mitra asuransi untuk asuransi jenis employee benefit yang tersedia di Cekpremi, yaitu Mandiri in Health dan BNI Life.

2. Asuransi Kesehatan Small Medium Enterprise (SME)

Jenis berikutnya dari asuransi kesehatan untuk karyawan adalah asuransi SME (Small Medium Enterprise). Jenis asuransi ini memungkinkan perusahaan untuk menjamin asuransi kesehatan karyawan dengan jumlah yang sedikit. Perusahaan dapat mendaftarkan asuransi SME bagi karyawannya mulai dari lima orang saja. 

Asuransi SME cocok untuk perusahaan yang memiliki kebijakan menyediakan asuransi bagi karyawan dengan kriteria tertentu atau perusahaan rintisan yang belum memiliki karyawan dalam jumlah banyak. Berbeda dengan asuransi Employee Benefit, kebijakan asuransi SME tidak dapat disesuaikan oleh perusahaan tetapi sudah ditentukan oleh broker dan perusahaan asuransi. Ada dua mitra penyedia asuransi SME yang tersedia di Cekpremi, yaitu Sompo dan Great Eastern.

Demikian beberapa asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih untuk kesejahteraan karyawanmu. Pilihlah asuransi kesehatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan karyawan dan perusahaanmu. Dengan begitu, kamu akan mendapat keuntungan berupa karyawan yang aktif dan produktif. Karena, karyawanmu tidak perlu pusing memikirkan biaya kesehatan untuk kedepannya.

Bagaimana kamu tertarik untuk menyediakan asuransi kesehatan pada perusahaanmu? Cari tahu lebih lanjut seputar asuransi kesehatan di Cekpremi. Dapatkan penawaran asuransi kesehatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan karyawan dan perusahaanmu.

Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan

Selain hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, tentunya masih banyak pertanyaan yang ingin ditanyakan. Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang asuransi kesehatan.

Apa saja asuransi yang didapatkan karyawan?

Menjadi karyawan tentunya tidak hanya gaji yang didapatkan. Karyawan juga mendapatkan asuransi dari perusahaan. Asuransi tersebut yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pensiun, asuransi perlindungan aset dan asuransi pendidikan.

Apa tujuan dari asuransi kesehatan?

ujuan dari asuransi kesehatan adalah jika karyawan sakit atau mengalami kecelakaan, maka biaya pengobatannya bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi. Tentunya hal tersebut akan memudahkan karyawan. Juga dapat meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja.