Memasuki Tahun Ajaran Baru Ini Yang Perlu Orang Tua Perhatikan

tahun ajaran baru
Image Source Herusupanji

 

Setelah sebelumnya anda sudah mempersiapkan segala sesuatu menyambut bulan Ramadhan,  dan juga telah selesai merayakan hari raya IdulFitri pada tahun ini. Nah, sebagai orang tua, sudah seharusnya juga Anda harus dan perlu masih menyisihkan uang anda untuk keperluan pendidikan sang buah hati memasuki tahun ajaran baru.

Uang yang perlu anda sisihkan juga bisa dibilang perlu lebih banyak ketimbang ketika anda meyambur bulan Ramadhan. Bagaimana tidak pada tahun ajaran baru, pastinya anda menginginkan buah hati anda semangat dalam belajar dengan suasana yang baru. Untuk itu tidak ada salahnya jika anda memperlengkapi anak anda dengan sesuatu yang baru juga.

Karena pastinya akan ada banyak sekali kebutuhan yang mendasar untuk dibutuhkan anak anda ketika mereka akan melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik itu SD, SMP, SMA, ataupun perguruan tinggi.

Berikut ini hal-hal yang paling mendasar yang harus anda persiapkan menyambut tahun ajaran baru, di antaranya:

1. Mempersiapkan biaya pendaftaran sekolah

Untuk jenjang pendidikan dari SD, SMP, dan juga  SMA atau sederajat, kebanyakan untuk sekolah negeri anda sebagai orang tua tidak perlu memikirkan biaya daftar ulang karena semua itu sudah ditanggung oleh pemerintah ( gratis ). Tapi jika anak anda bersekolah di sekolah – sekolah swasta, Anda wajib mempersiapkan dana lebih banyak dari pada di sekolah negeri. Untuk jenjang yang lebih tinggi yakni perguruan tinggi, sudah dapat dipastikan membutuhkan biaya untuk registrasi ulang, sehingga orang tua harus memikirkan benar-benar untuk hal ini dengan mempersiapkan uang khusus untuk biaya pendaftaran pendidikan anak anda.

2. Biaya seragam

Untuk jenjang pendidikan dari TK, SD, SMP, SMA, sepertinya anda sebagai orang tua harus mempersiapkan biaya seragam anak anda. Baik itu untuk membeli seragam jadi ataupun menjahitkan seragam yang sudah diberikan pihak sekolah.

3. Sepatu dan peralatan kecil lainnya

Hal yang sering tidak anda pikirkan sebenarnya bisa menjadi penting untuk menambang semangat anak belajar barang seperti sabuk, sepatu dan beragam benda-benda kecil lainnya, seperti penggaris, tas, buku, pensil dan penghapus.

4. Uang saku harian

Dalam menyekolahkan sang buah hati, sebenarnya uang saku harian merupakan pengeluaran terbesar yang harus dikeluarkan oleh orang tua. Oleh sebab itu, sebagai orang tua Anda perlu benar-benar mempersiapkan pengeluaran harian yang satu ini, karena mau tidak mau, pengeluaran harian ini harus ada setiap harinya, baik untuk jenjang SD, SMP ataupun SMA apalagi perguruan tinggi.

5. Pembelian buku text book anak anda

Khusus bagi jenjang perguruan tinggi, mahasiswa memerlukan buku text book pada setiap materi ajarnya. Oleh karena itu, perlu dana lebih untuk membeli buku text book ataupun membuat makalah dan berbagai kegiatan perkuliahan lainnya.

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

July 18, 2016

Posted In: Financial, Tips & Tricks

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami