Membedakan Beras Asli Dengan Beras Plastik

Beras Plastik
Image Source Kupang Tribunnews

 

“Sama-sama makan nasi” begitu biasanya ucapan untuk memotivasi seseorang yang biasanya inferior terhadap orang lain. Sebagai warga negara Indonesia yang juga bertempat di Asia Tenggara, makanan pokok kita sehari-hari adalah nasi. Mungkin beberapa dari anda ada yang tidak menyukainya namun kita generalisir karena alasan regional bahwa panganan pokok warga negara Indonesia adalah nasi.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Nasi adalah bentuk jadi dari beras yang telah diolah, dimasak selama sepuluh sampai lima belas menit kemudian tanak dan menjadi nasi. Sebenarnya olahan beras tidak hanya nasi, ada juga bubur yang sering kita temui berbagai macam jenisnya. Namun bagi orang Indonesia bukan makan namanya bila tidak makan nasi.

Kasus yang menggemparkan selama seminggu ini yang bersangkutan dengan panganan pokok orang Indonesia tersebut adalah, ditemukannya beras plastik yang dijual dipasaran. Tentu hal ini mengundang kecemasan masyarakat Indonesia yang mayoritasnya mengkonsumsi nasi sebagai panganan pokok.

Bisa dilihat gambar diatas, secara kasat mata beras asli dan beras plastik sulit sekali dibedakan. Bentuk dari keduanya sama saja bila dilihat secara langsung. Meski demikian bukan berarti tidak ada perbedaan dari keduanya. Agar anda tidak salah membeli beras pada saat berbelanja nanti, berikut ini adalah empat cara membedakan beras asli dan beras plastik :

Tidak memiliki guratan

Beras asli diproses dari padi kemudian dipisahkan dengan cara ditumbuk atau cara lainnya, memiliki guratan bekas sekam padi, beda dengan beras plastik yang warnanya bening bersih.

Ujung bulir beras

Diujung bulir beras asli terdapat warna putih disetiap ujungnya, karena mengandung zat kapur atau karbohidrat. Sedangkan beras plastik tidak ada.

Direndam dengan air putih

Beras asli jika direndam dengan menggunakan air putih maka air yang digunakan tersebut akan berwarna putih dan beras menjadi lembek, warna putih tadi berasal dari zat kapur yang dimiliki oleh beras. Sedangkan beras plastik tidak akan menyatu dengan air dan air yang digunakanpun tidak akan berubah menjadi putih karena tidak ada zat kapurnya.

Bentuknya Utuh

Coba letakan beberapa butir beras di atas kertas, beras asli akan terlihat natural dan utuh berbentuk lengkung. Tidak ada patahan-patahan seperti yang tampak pada beras plastik, dan jika dipatahkan maka bentuknya akan menjadi kecil-kecil.

 

Kesehatan
Lengkapi perlindungan kesehatan anda dengan asuransi kesehatan . Cek premi termurahnya disini (klik gambar)

Related Post

Leave a Reply

May 22, 2015

Posted In: Tips & Tricks

Tags: , , ,

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami