Memperingati Hari Pahlawan Dengan Sadar Berasuransi

Hari Pahlawan

Mereka menumpahkan darah di atas nama Ibu Pertiwi, dengan segenggam semangat memberontak, mengusir para penjajah demi berkibarnya sang saka Merah Putih di seluruh penjuru nusantara. Berat memang, perjuangan para pahlawan yang bertempur melawan penjajah dan tentara sekutu, ratusan nyawa melayang, dan tak perna pedulikan walau harus berdarah ketika menginjakan kaki di atas tanah negeri ini.

Pahlawan memang satu kata yang tidak akan cukup jika kita uraikan disini, akan ada ratusan bangunan kata dengan makna hyperbolical yang tidak akan habis apabila ditulis dalam satu halaman buku. Sungguh besar memang jasa mereka yang telah merebut, dan menjaga bagaimana kemerdekaan negeri ini hingga kita dapat hidup tanpa kekangan penjajah sekarang.

Oleh karena itu, pemerintah menenyisipkan satu hari dalam 365 hari penuh dalam satu tahun kalender Masehi untuk para pahlawan. Seperti yang kita ketahui setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan. Di sekolah-sekolah kita akan menemukan peringatan hari pahlawan diisi dengan melakukan apel Upacara bendera guna mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa memerdekakan negeri ini.

Itu adalah cara memperingati hari pahlawan yang dilakukan pada setiap sekolah di Indonesia. Lalu bagaimana dengan kamu yang sudah tidak lagi duduk di bangku sekolah ? Sejatinya, dimanapun kita jangan sedikit pun memandang sebelah mata perjuangan para pahlawan, sebagai mana yang diutarakan oleh para founder negeri ini.

Memeperingati bukan berarti kita harus mengulas kembali bagaimana para pahlawan tersebut berjuang di medan tempur, dan mengangkat senjata. Ada beberapa setidak hal simbolik yang secara tidak langsung menyatakan bahwa kita selalu mengapresiasi perjuangan para pahlawan.

Di era sekarang ini, menjadi pahlawan tidak lagi dengan berperang. Ada banyak cara untuk menjadi sesuatu yang bermakna tanpa harus menodongkan senjata di atas kepala. Ada banyak pahlawan yang bisa kita temukan dalam hidup, bukan mengesampingkan mereka yang sudah berjuang terdahulu, namun pahlawan tidak selalu identik seseorang yang berjuang untuk menyelamatkan atau melindungi sesuatu.

Namun ada beberapa hal yang bahkan kita sadari bahwa ternyata hal tersebut adalah pahlawan bagi hidup kita. Yah, memang karena untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat kita tidak melulu harus ditunjukan dengan perbuatan, layaknya superhero dialah pahlawan dengan identitas yang tersembunyikan.

Mungkin di hari ini kita tidak tahu hal apa yang akan jadi antagonis untuk diri kita sendiri, tanpa kita ketahui bagaimana nanti dia akan memberi manfaat kedepannya. Sama seperti hari ini, mungkin anda agak sedikit jengah dengan asuransi dikarenakan pengeluaran yang dikeluarkan, tidak berbanding dengan apa yang didapatkannya.

Jika berpikir dengan singkat, mungkin kamu akan bertanya-tanya apa guna secarik kertas berisikan perjanjian antara kita dengan pihak asuransi. Padahal manfaat yang diberikan kedepannya kan sangat menopang kehidupan kamu, terutama dari segi finansial. Ingat sesuatu yang dianggap tidak berguna hari ini, terlihat manfaat kedepannya jika tidak kita abaikan.

Sama seperti pergerakan para pahlawan terdahulu, tidak ada yang tahu siapa saja yang akan bergerak untuk melawan penajajah memerdekakan Indonesia. Entah itu petani, pemabuk, atau bahkan pedagang sayur dipasaran, semua bergerak demi satu nama Indonesia.

Kita pun tidak akan bisa memprediksi apa yang akan terjadi kedepannya, hal buruk kah ? Atau hal baik kah ? Entah apa hal yang akan jadi sebuah protagonist dalam hidup kita di masa mendatang kita tidak tahu. Mungkin di zaman dulu mereka yang sering terlihat duduk-duduk di bale bambu terlihat tidak berguna karena tidak satu hal pun yang dikerjakan, dan dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Lalu seketika penjajah datang dan mencoba merampas hak penduduk Indonesia, dan terkejutlah kita ternyata ada dari mereka yang justru berperang melawan penjajah.

Mungkin saat ini anda masih meragukan seberapa berperan pentingkah manfaat-manfaat asuransi yang tertulis pada polis. Saat ini mungkin kita memandang sebelah mata hal tersebut, tapi coba bayangkan pada saat resiko yang tidak diinginkan tersebut datang. Sama seperti tadi, keduanya akan memiliki manfaat bahkan juga memiliki peran yang penting untuk anda.

Jadi memaknai hari pahlawan adalah sebuah bentuk kontemplasi bahwa, tidak ada satu hal pun di dunia ini yang tidak bermanfaat. Jika semua ditempatkan pada posisi yang tepat, maka kita akan menemukan satu pahlawan yang selama ini terlupakan.

Cekpremi.com mengucapkan selamat hari pahlawan, terima kasih atas jasa-jasa yang telah engkau berikan demi berdaulatnya negeri ini.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

November 10, 2015

Posted In: Intermezzo

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami