Mendaftar Asuransi Kesehatan pada Waktu yang Tepat

“Sehat itu mahal”, begitulah kata banyak orang sering menyebutnya. Kesehatan merupakan investasi yang sangat penting untuk kehidupan, terutama untuk diri sendiri. Salah satu cara agar “investasi” tersebut berguna yaitu dengan mendaftar asuransi kesehatan.

Mungkin sebagian besar orang bingung kapan waktu yang tepat untuk mendaftar asuransi kesehatan. Butuh waktu yang cukup lama untuk kita paham dengan polis yang ditawarkan setiap perusahaan asuransi yang cocok dengan diri kita.

Saat berbicara tentang mendaftar asuransi kesehatan, kita pasti akrab dengan istilah polis. Namun, apakah polis itu? Polis asuransi adalah istilah untuk kontrak perjanjian kerjasama tertulis antara perusahaan penyedia asuransi (penanggung) dengan klien pemegang polis. Sedangkan premi merupakan sejumlah uang yang harus kamu sebagai nasabah yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Dengan adanya asuransi kesehatan, kamu bisa mendapatkan perlindungan maksimal untuk dirimu sendiri maupun orang lain. Lalu, apakah akan merasa rugi jika kamu terlambat mendaftarkan asuransi kesehatan?

Kerugian yang bisa kamu rasakan diantaranya adalah harga premi yang semakin tinggi seiring kamu bertambah usia. Besaran premi yang ditawarkan perusahaan asuransi merupakan tetapan yang berdasarkan risiko tertanggung. Seperti usia dan kondisi kesehatan.

Jika kamu mendaftar asuransi di kesehatan waktu yang tepat, kamu dapat meminimalisir risiko pengeluaran pengobatan yang berbiaya mahal. Premi yang kita bayarkan setiap bulannya akan membatasi pengeluaran pengobatan yang mana ketika kita sakit, biaya yang kita bayarkan akan lebih sedikit dibandingkan kamu yang tidak mengikuti asuransi kesehatan.

Banyak juga orang lain dan mungkin termasuk kamu memilih menggunakan asuransi ketika sedang jatuh sakit. 

Kira-kira kapan ya waktu yang tepat untuk mendaftar asuransi kesehatan?

Jawaban sederhana yang bisa kamu pahami yaitu saat kamu sudah memiliki penghasilan sendiri. Saat kamu sudah bekerja dan mempunyai penghasilan sedikit, cobalah untuk menyisihkan berapa persen untuk mulai mendaftar asuransi kesehatan sejak awal.

Kamu bisa membeli polis dengan pilihan biaya paling rendah, kemudian kamu bisa meningkatkannya nanti setelah penghasilanmu semakin bertambah.

Pastinya semakin tingginya polis, semakin banyak juga premi yang dibayarkan dan manfaat yang akan kamu rasakan. 

Berikut ini 4 waktu yang tepat untuk kamu mulai mendaftar asuransi kesehatan.

  • Saat Masih Muda

Seperti yang sudah dibicarakan di atas, saat kamu sudah memiliki penghasilan, 

maka itulah waktu yang tepat untuk kamu mendaftar asuransi kesehatan.

Usia produktif merupakan usia terbaik untuk kamu bisa menuai investasi seumur hidup.Jadi, kamu telah melakukan “investasi” jangka panjang untuk mempersiapkan apa-apa yang tidak terduga di masa tua nanti.

  • Saat Memulai Kerja di Perusahaan

Saat kamu bekerja disebuah perusahaan, itu  juga termasuk waktu yang tepat untuk mulai mendaftar asuransi. Biasanya perusahaan akan menawarkan dan memfasilitasi tunjangan kesehatan karyawan-karyawannya dengan asuransi kesehatan.

Banyak juga orang yang sudah bekerja justru merasa tidak lagi membutuhkan asuransi. Padahal perusahaan seringkali memberikan perlindungan kepada karyawan-karyawan perusahaan tersebut. Kesempatan tersebut dapat kamu manfaatkan untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada diri sendiri maupun keluarga kita di masa yang akan datang.

  • Setelah Menikah dan Memiliki Anak

Ketika kamu menikah, kamu tidak lagi hanya memikirkan kebutuhan diri sendiri.  Kamu juga memikirkan istri atau anak. Nah, dengan adanya asuransi kesehatan yang bisa kamu daftarkan untuk keluargamu, iru bisa membantu Anda menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Jadi, ketika suatu saat kamu sebagai penanggung finansial keluarga, asuransi akan membantu istri dan anak-anak.

  • Persiapan Pensiun

Persiapan pensiun merupakan hal penting yang harus direncanakan dengan baik untuk menjamin kelangsungan hidup. Kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga, apalagi di usia tua. Masalah kesehatan dapat menghabiskan biaya dan mungkin menghabiskan dana pensiun. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu mendaftar asuransi kesehatan untuk mempersiapkan masa pensiun nanti.

 

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk mendaftarkan diri ikut asuransi kesehatan, saatnya juga kamu mulai memahami cara memulai asuransi yang benar. Kamu bisa mulai dengan tanggungan kecelakaan maupun pengobatan yang cukup untuk diri kamu sendiri. Tak lupa juga kamu harus mengetahui dengan detail polis yang akan kamu dapatkan dan ketentuan bagaimana perlindungan tersebut dilakukan.

 

Nah, itu tadi empat waktu yang tepat untuk kamu mendaftarkan asuransi kesehatan. Kalimat “Sehat itu mahal” memang benar adanya. Dengan kita menjaga kesehatan dan mempersiapkan perlindungan kesehatan untuk kemudian hari, kamu akan merasa lebih aman dan tenang. Asuransi kesehatan juga bertujuan untuk agar kehidupan dan kesehatan diri sendiri dapat tetap terlindungi.

 

Contoh asuransi yang bisa kamu beli di  cekpremi diantaranya Pacific cross malacca trust dengan biaya asuransi yang ekonomis, Lippo healthplus dengan biaya maksimal dengan proteksi kesehatan yang lebih tinggi, dan Simas Insurtech.

 

Apa saja asuransi kesehatan yang bagus? Kamu bisa memilih dan mendapatkan penawaran terbaik untuk asuransi kesehatan di Cekpremi. Tidak perlu pusing karena cekpremi memberikan beberapa rekomendasi asuransi yang cocok untuk kamu. 

 

Pertanyaan seputar Asuransi Kesehatan