Mengenal Lebih Jauh Polis Asuransi

 

 

Ketika bicara asuransi, mungkin sebagai orang awam kita akan menemukan berbagai macam istilah asuransi seperti Invoice, Klaim, Premi, Polis dan lain sebagainya. Salah satu istilah yang paling sering disebut adalah polis asuransi. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan Polis asuransi itu ? apa Polis itu semacam bukti pembayaran atau hanya berkas tidak berguna?

Banyak orang beranggapan bahwa Polis asuransi dan Premi asuransi itu sama, tapi ternyata SANGATLAH BERBEDA ! Definisi Polis asuransi yang sebenarnya  adalah dokumen asuransi yang di dalamnya berisi kesepakatan antara pihak tertanggung (nasabah) dengan pihak penanggung (pihak asuransi). Jadi, Polis asuransi itu merupakan kontrak perjanjian bahwa perusahaan asuransi akan menanggung sejumlah kerugian pada masa mendatang yang mungkin timbul pada nasabah asuransi. Kadang, orang-orang menyebut polis asuransi ini juga dengan istilah “kontrak”, “kontrak polis”, atau “sertifikat asuransi”.

Polis asuransi ini penting bagi nasabah maupun perusahaan asuransi. Berikut ini fungsi dari polis asuransi :

  1. Sebagai bukti tertulis bagi kedua belah pihak ( tertanggung dan penanggung ) dalam perjanjian.
  2. Bagi nasabah, adanya Polis berarti adanya jaminan penggantian kerugian dari pihak asuransi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti tertera dalam Polis. Sedang bagi perusahaan asuransi, polis berarti bukti tanda terima premi dari nasabah.
  3. Bagi nasabah, adanya Polis berarti bukti pembayaran premi kepada asuransi. Dengan polis itu juga, nasabah bisa menuntut pihak asuransi jika tidak memenuhi kewajiban seperti kesepakatan dalam polis asuransi.
  4. Sebagai bukti otentik, untuk menolak tuntutan ganti rugi atau klaim bila penyebab kerugian tidak memenuhi syarat yang tertera dalam Polis.
  5. Sebagai bukti otentik untuk menuntut penanggung bila lalai atau tidak memenuhi jaminannya.
  6. Sebagai bukti otentik, untuk menolak tuntutan ganti rugi atau klaim bila penyebab kerugian tidak memenuhi syarat polis.

 

Sebelum Anda memutuskan membeli sebuah polis asuransi, Anda harus ketahui terlebih dulu manfaat serta detail dari produk asuransi itu. Begitupun ketika Polis sudah diterbitkan, Anda harus membaca secara cermat poin-poinnya. Terutama pada bagian-bagian berikut ini :

  1. Hak dan kewajiban nasabah serta pihak asuransi. Pada bagian ini, Anda harus cermati hak dan kewajiban seperti yang sudah disepakati. Jika tidak, Anda bisa minta perusahaan asuransi mengubahnya.
  2. Perhatikan premi. Dalam polis juga disebutkan premi yang harus dibayarkan. Pastikan sistem pembayaran premi tersebut seperti yang sebelumnya dijanjikan oleh agen asuransi
  3. Manfaat asuransi. Pada polis asuransi tersebut disebutkan secara jelas apa saja manfaat yang bisa Anda terima. Anda perlu pelajari secara cermat untuk memastikan manfaat yang Anda dapat sesuai yang sudah mereka janjikan
  4. Lihat pengecualian. Anda perlu juga memahami apa saja hal pengecualian yang membuat manfaat asuransi tidak bisa dinikmati

 

 

Jika Anda sudah memiliki polis asuransi, ada beberapa hal penting yang perlu Anda simpan baik-baik.

  1. Nomor polis.Ketika berhubungan dengan pihak asuransi, Anda biasanya akan ditanyai mengenai nomor polis. Karena itu sangat baik bagi Anda untuk mengingat ataupun menyimpan nomor polis tersebut. Misalnya, Anda bisa simpan nomor polis itu di handphone. Jadi jika sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda bisa mudah mencarinya.
  2. Simpan berkas polis.Simpan polis asuransi tersebut baik-baik. Agar jika Anda perlukan bisa dengan mudah diambil.

 

Nah sudah paham kan apa Pengertian Polis Asuransi? Untuk zaman yang semakin maju seperti sekarang, Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk datang ke perusahaan asuransi untuk mengecek polis Anda sudah jatuh tempo atau belum. Anda bisa langsung mengakses cekpremi.com dengan tablet ataupun smartphone anda, dan tim Insurance Specialist dari cekpremi akan segera membantu apa yang Anda butuhkan. Semakin Mudah Dan Nyaman Bukan?

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

October 2, 2014

Posted In: Features

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami