Mengenal Sedikit Dari Beberapa Jenis Burung Kenari

Image Source burungkicau.net
Image Source burungkicau.net

Kenari adalah burung penyanyi yang sangat banyak digemari oleh para pecinta burung. Hewan yang memiliki variasi warna yang beragam dan kombinasi warna yang unik. Apalagi dengan suara kenari sangat variatif dengan naik turun nada yang mempunyai ritme irama lagu yang baik.

Berbagai macam jenis kenari yang bisa kita pilih sesuai dengan pilihan atau kesukaan yang ingin kita miliki, jenis-jenis kenari diantaranya kenari norwich, kenari yorkshire, kenari cinnamon, kenari border, kenari gloster, kenari lancashire, kenari london fancy, kenari roller dan lain lain. Untuk lebih mengenal, mari kita simak sedikit dari beberapa jenis burung kenari dibawah ini.

Burung kenari gloster

Kenari ini tergolong jenis kenari yang dihasilkan peternakan akhir-akhir ini. Kenari gloster tergolong lebih kecil, dengan panjang badan tak lebih dan 11 cm. Kenari gloster sengaja diternakkan ke arah jenis yang kecil dan diusahakan agar selalu kecil, sehingga binatang ini tidak boleh lebih dan 11 cm saat memasuki pertandingan.

Di dalam gambar-gambar yang dapat dijumpai di buku-buku mengenai burung kenari kita akan dapat melihat bahwa kenari ini memiliki warna kuning dengan bagian sayap putih atau kehijau hijauan, sama seperti bagian ekornya. Pada kepala kenari gloster terdapat jambul, tetapi ada juga yang tidak. Kenari dengan kepala polos dikenal dengan nama consort.

Burung kenari Norwich

Kenari ini mempunyai sejarah sendiri. Penenun-penenun bangsa flam yang memeliharanya pernah melarikan diri ke Inggris, untuk menghindani pembantaian bangsa Spanyol. Mereka tinggal di wilayah Norwich di Norflok (Inggris). Mereka inilah yang menjaga kelestanian burung ini. Burung kenari norwich dewasa ini merupakan burung kenari yang menarik.

Hewan ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak dan burung ini yang memiliki warna hijau yang menarik Sekali. Kenari ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15-16 cm.

Burung kenari roller

Telah disebutkan sebelumnya tentang kenari roller ini, yang tergolong merajai jenis kenari yang berkicau. Hewan ini keturunan kenari jerman yang diternakkan secara besar-besaran di wilayah Pegunungan Hartz. Di pegunungan ini kira-kira 400 keluarga berkecimpung mengembangbiakkan kenari dan melatihnya.

Cara lama yang dipakai untuk melatih burung ini adalah dengan memasukkan burung ke dalam sangkar kecil dan membiarkan burung ini mendengarkan suara burung yang dikenal indah suaranya (yang telah menang pertandingan, misalnya). Tetapi biasanya orang menggunakan suara kaset yang berisi rekaman suara burung kenari lain.

Burung kenari Yorkshire

Kenari yorkshire sangat terkenal di kalangan pecinta kenari. Kenari ini merupakan hasil persilangan burung kenari lancashire dan burung kenari belgia.

Bentuknya terkadang digambarkan seperti wortel yang terbalik. Kenari ini selalu berdiri tegak, dengan kaki panjang. Dengan keadaan seperti itulah para juri menilai keindahan kenari ini. Panjangnya kira-kira 16 cm.

Burung kenari cinnamon

Kenari cinnamon dewasa ini mempunyai kesamaan dengan kenari norwich dan tergolong burung yang menarik. Mereka inilah yang menjaga kelestarian burung ini. Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”.

Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak dan burung ini yang memiliki warna hijau yang menanik Sekali. Hewan ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15-16 cm.

Itulah sedikit dari beberapa jenis kenari yang ada didunia. Mungkin masih banyak lagi beberapa jenis kenari yang telah kita jumpai. Mari dari itu untuk terus menjaga populasinya kita harus tetap menjaga dengan baik dan membudidayakannya dengan benar.

Leave a Reply

August 24, 2015

Posted In: Intermezzo

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami