Menguak Ragam Mitos Keliru tentang Asuransi Mobil

Mar - 31
2019
Menguak Ragam Mitos Keliru tentang Asuransi Mobil

Menguak Ragam Mitos Keliru tentang Asuransi Mobil

Beberapa tahun belakangan ini, perusahaan asuransi menyiapkan beragam produk asuransi mobil yang bisa dipilih sesuai kebutuhan masyarakat. Kendati demikian, wawasan masyarakat tentang asuransi mobil ternyata masih terbilang minim. Sehingga masih banyak mitos tentang asuransi mobil yang dipercayai oleh masyarakat.

Sebagai masyarakat modern yang senantiasa up to date terhadap perkembangan zaman, sebaiknya Anda mengenal ragam mitos keliru tentang asuransi mobil berikut ini:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Besaran Premi Tergantung dari Merek dan Tahun Produksi Mobil

Banyak orang mengira kalau premi asuransi mobil hanya ditentukan oleh merek dan tahun produksi mobil. Sehingga mobil yang merek dan tahun produksinya sama akan dikenakan premi yang besarnya sama. Anggapan yang satu ini sebenarnya keliru. Karena premi asuransi juga ditentukan oleh lokasi, pengalaman mengemudi sang pemilik mobil, dan berbagai hal lainnya. Faktor-faktor lain di luar merek dan tahun produksi mobil membuat nominal premi asuransi jadi berbeda-beda.

Mobil Baru Selalu Dibanderol dengan Premi Mahal

Faktanya, mobil baru tak selalu dibanderol dengan premi mahal. Karena mobil baru justru dianggap memiliki fitur-fitur keselamatan yang lebih canggih. Kondisi mesin yang prima justru membuat risiko kecelakaan cenderung lebih minim. Sebaliknya, mobil keluaran lama juga bisa dikenakan premi yang lebih mahal. Karena proses perawatannya dianggap lebih sulit dan lebih rentan mengalami kecelakaan.

Warna Mobil Mempengaruhi Besaran Premi

Jangan percaya dengan mitos tanpa dasar yang satu ini. Justru warna mobil tidak berpengaruh terhadap besaran premi asuransi. Selama ini orang-orang menganggap bahwa mobil berwarna merah akan dibanderol dengan premi lebih mahal karena rentan ditilang. Padahal, penentuan premi asuransi berhubungan dengan merek dan tahun produksi mobil, lokasi, catatan pengemudi, dan hal lainnya di luar warna mobil.

Perusahaan Asuransi Menyiapkan Fasilitas Derek Gratis

Pada umumnya, nasabah asuransi mobil beranggapan bahwa mereka tak perlu mengeluarkan biaya apa pun dalam proses klaim. Sebenarnya, ada hal-hal tertentu yang membuat pemilik mobil tetap harus menyiapkan biaya. Misalnya, ketika memanggil mobil derek pasca terjadinya kecelakaan. Tidak semua perusahaan asuransi menyiapkan fasilitas mobil derek secara gratis. Anda yang harus proaktif menanyakan tentang ketersediaan fasilitas mobil derek gratis untuk risiko kecelakaan.

Asuransi akan Menanggung Semua Kasus Kecelakaan Mobil

Polis asuransi mobil mencantumkan beragam ketentuan tentang proteksi risiko tak terduga yang terjadi pada mobil Anda. Salah satu yang wajib Anda ketahui adalah tanggung jawab asuransi terhadap satu orang tertanggung. Perusahaan asuransi akan menanggung risiko bila pihak tertanggung yang mengemudikan mobil saat kecelakaan.

Jadi, asuransi tidak memiliki tanggung jawab proteksi bila bukan Anda yang mengemudikan mobil tersebut. Jangan heran bila perusahaan asuransi tidak bersedia menanggung kecelakaan bila mobil Anda dalam status dipinjam orang lain.

Mobil Sport Dibanderol dengan Premi yang Mahal

Tidak semua jenis mobil sport dibanderol dengan premi mahal. Karena perusahaan asuransi juga akan mempelajari kebiasaan mengemudi Anda. Bila mobil sport jarang digunakan untuk jarak tempuh jauh dan medan jalanan yang ekstrem, kemungkinan besar preminya akan lebih murah. Hal tersebut jelas berbeda bila mobil sport difungsikan untuk olahraga ekstrem dengan intensitas pemakaian yang tinggi.

Perusahaan Asuransi Bisa Membatalkan Polis secara Sepihak

Tidak ada perusahaan asuransi yang berhak membatalkan polis secara sepihak. Sekalipun Anda menjadi nasabah asuransi mobil paling murah. Perjanjian yang sudah disepakati dalam polis menciptakan keterikatan antara Anda dan perusahaan asuransi. Proses pembatalan hanya bisa dilakukan kalau Anda melanggar ketentuan yang sudah disepakati sebelumnya. Dengan demikian, perusahaan asuransi juga wajib memenuhi kewajibannya bila Anda sudah menjalani semua ketentuan tanpa terkecuali.

Kalau Anda sudah memahami beragam mitos keliru tentang asuransi mobil, Anda pasti tak ragu lagi memilihnya untuk melindungi mobil kesayangan. Asuransi mobil paling murah pun bisa menjadi pilihan tepat bila proteksinya memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sekarang, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan perlindungan asuransi mobil terbaik. Anda hanya perlu lebih teliti ketika memilih supaya bisa memperoleh asuransi mobil berkualitas. Jangan malas mencari perbandingan asuransi mobil populer melalui situs perbandingan di internet.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *