Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet Ternyata Tidak Sulit

Apr - 28
2019
Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet Ternyata Tidak Sulit.png

Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet Ternyata Tidak Sulit

Ban merupakan salah satu komponen paling penting pada mobil Anda. Karena kualitas ban sangat mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan. Ban yang berkualitas akan mendukung akselarasi mobil ketika Anda berkendara. Sebaliknya, kerusakan ban mobil rentan menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang fatal.

Risiko kecelakaan memang bisa diproteksi oleh asuransi mobil all risk murah yang menjadi andalan Anda. Premi asuransi all risk mobil bekas maupun baru kini semakin terjangkau. Namun hal tersebut tidak membatasi manfaat proteksi yang akan Anda dapatkan. Walaupun sudah menyiapkan asuransi mobil, tetap saja Anda harus teliti menjaga keselamatan saat berkendara. Salah satu caranya yaitu merawat ban mobil agar lebih awet dan tetap layak pakai.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Lakukan beberapa cara praktis ini untuk merawat ban mobil kesayangan Anda:

Memeriksa Tekanan Ban secara Teratur

Hal pertama yang wajib Anda lakukan secara teratur adalah memeriksa tekanan angin pada ban. Tekanan angin yang terlalu rendah akan membebani kinerja ban. Terutama kalau Anda sering membawa banyak barang bawaan atau penumpang. Sementara itu, tekanan ban yang terlalu tinggi membuat permukaan ban jadi halus sehingga ban jadi sulit berakselerasi. Pastikan agar tekanan angin pada ban mobil selalu berada pada batas normal. Lakukan pengisian angin secara berkala bila tekanannya mulai berkurang.

Mengganti Ban dengan Jenis yang Tepat

Penggantian ban harus disesuaikan dengan jenis mobil Anda. Ban untuk mobil sedan jelas berbeda dengan ban mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Ukuran dan karakteristik ban yang berbeda pasti akan mempengaruhi performa mobil. Itulah sebabnya Anda harus selalu menggunakan ban yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Sehingga aktivitas berkendara terasa lebih nyaman meskipun Anda harus menempuh jarak jauh.

Teliti Mengecek Permukaan Ban

Alur pada permukaan ban berfungsi untuk memperbesar gaya gesek dengan jalanan saat Anda berkendara. Bila alur tersebut sudah tidak jelas dan tekstur ban mobil makin menipis, berarti Anda harus lekas menggantinya dengan ban baru. Ban mobil yang sudah tipis dan licin sangat rentan mengganggu keselamatan berkendara. Karena daya cengkeram ban tersebut sudah menurun dan sulit beradaptasi dengan tekstur jalan yang licin. Pilihlah ban mobil baru yang alurnya besar dan bahannya tebal. Meskipun harganya cukup mahal, kualitasnya pasti sebanding untuk mendukung keselamatan berkendara Anda.

Melakukan Rotasi Ban secara Berkala

Anda tak harus langsung mengganti empat ban mobil secara sekaligus. Ban mobil bagian depan lebih cepat gundul akibat pengereman. Jadi, Anda hanya perlu melakukan rotasi ban belakang untuk menggantikan ban depan. Sedangkan bagian belakang mobil menggunakan ban baru. Cara ini akan membuat Anda lebih hemat sekaligus menjaga performa mobil secara maksimal. Mobil Anda tak akan bermasalah bila dilengkapi dengan ban yang daya geseknya masih besar.

Membatasi Kapasitas Mobil

Tak banyak orang yang menyangka kalau membawa penumpang atau barang-barang berlebihan ternyata berdampak buruk pada ban mobil. Karena kapasitas berlebihan tersebut membuat ban mobil bekerja ekstra keras sewaktu menempuh perjalanan. Bahkan, kapasitas mobil berlebihan juga membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih boros. Alangkah lebih baik kalau Anda membatasi kapasitas mobil. Apalagi bila Anda akan menempuh perjalanan jauh dalam waktu lama. Cara sederhana tersebut akan memperpanjang umur ban mobil Anda.

Menghindari Jalanan Rusak

Kadang-kadang Anda tentu tidak bisa memprediksi keadaan jalanan yang akan Anda lalui. Mungkin saja Anda harus melewati jalanan rusak yang berisiko merusak ban mobil. Namun, sebaiknya Anda menghindari jalanan rusak bila akan merewati rute yang sudah Anda ketahui. Karena jalanan yang rusak memang membuat ban mobil lebih cepat gundul dan mudah pecah. Rata-rata usia ban mobil yang kerap melewati jalanan rusak pasti lebih pendek daripada ban mobil yang sering melewati jalanan mulus.

Sekarang, Anda sudah tahu kan bahwa merawat ban mobil ternyata tidak sulit. Anda hanya perlu melakukannya secara telaten agar kondisi ban mobil Anda senantiasa terjaga. Anda juga bisa menyiapkan budget khusus untuk mengganti ban mobil secara teratur. Sehingga urusan mengganti ban mobil tidak membebani kondisi finansial Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *