Minuman Penambah Darah Alami dari Buah dan Sayur

penambah darah

Artikel ini membahas tentang minuman penambah darah untuk anemia. Anemia adalah kondisi kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Penyebabnya bermacam-macam. Namun, penyebab paling umum yakni kekurangan zat besi. Selain obat-obatan, minuman penambah darah juga bisa dari olahan buah dan sayur. 

Minuman Penambah Darah dari Buah

  • Jus Mangga

Buah mangga kaya akan vitamin A. Vitamin A dapat membantu zat besi dalam membentuk sel darah merah. Harganya lebih terjangkau. Untuk menikmatinya, kamu bisa membekukan manga terlebih dahulu. Lalu, tambahkan yoghurt.

  • Jus Semangka

Buah semangka kaya akan vitamin A. Vitamin A baik untuk memaksimalkan zat besi dalam membuat sel darah merah. Kamu bisa menikmatinya secara langsung. Namun, kamu juga bisa coba tambahkan jeruk atau stroberi supaya lebih nikmat. 

  • Jus Bit

Bit termasuk sayur yang kaya akan zat besi. Dalam 100 gram bit, terdapat 1 mg zat besi. Bit juga mengandung vitamin C, vitamin B1 dan B2, serta serat. Supaya lebih enak, kamu bisa mencampur jus bit dengan wortel dan jeruk.  

  • Air Jeruk

Air dari buah jeruk bisa menjadi minuman penambah darah. Jeruk mengandung asam folat yang tinggi untuk membantu menambah darah. Kandungan vitamin C dalam jeruk bisa membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

  • Jus Kurma

Dalam 100 gram kurma, terdapat kandungan zat besi sebesar 1 mg yang baik untuk pembentukan sel darah merah. Kamu bisa mengkonsumsi buah kurma secara langsung atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi minuman jus atau smoothie.

Minuman Penambah Darah dari Sayur

  • Jus Bayam

Salah satu sayur yang baik untuk menambah darah adalah bayam. Di dalam 1 mangkuk bayam (180 gram), terkandung sekitar 6,5 mg zat besi. Tak hanya kaya akan zat besi, bayam juga mengandung kalsium, serat, protein, serta vitamin A dan vitamin E. Supaya rasanya lebih enak, kamu bisa menambahkan buah-buahan seperti stroberi dan kiwi ke dalam jus bayam. 

  • Jus Kale

Bukan hanya bayam, kale juga sayur yang mengandung zat besi. 1 porsi (100 gram) kale, terdapat 1,59 mg zat besi. Kamu bisa menambah zat besi dengan menambahkan kale ke dalam jus atau smoothie. 

  • Brokoli

Brokoli juga termasuk ke dalam daftar sayuran penambah darah. Di dalam 1 porsi brokoli matang atau setara dengan 150 gram, terdapat 1 mg zat besi. Selain zat besi, brokoli juga mengandung vitamin C tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan zat besi. 

  • Kacang Kedelai

Terdapat lebih dari 5 mg zat besi yang terkandung dalam 1 porsi kacang kedelai. Kacang kedelai juga kaya akan serat, protein, asam amino, asam folat, dan vitamin E. Asam folat atau vitamin B9 juga diperlukan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah.

Itulah beberapa penambah darah dari buah dan sayur. Proteksi kesehatan juga akan semakin lengkap apabila kamu menggunakan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Pasific Cross Malacca Trust dan Lippo Healthplus. 

Buat kamu yang ingin menyesuaikan budget, kamu bisa memilih asuransi kesehatan Pasific Cross Malacca Trust.  Dengan budget yang ekonomis untuk produk M Safe seperti rawat inap dan rawat jalan, kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Namun, terdapat batas tertentu untuk limit pertanggungannya ya. Apabila pengobatan medismu tidak tersedia di Indonesia, kamu bisa mendapatkan perlindungan medis rawat inap dan rawat jalan di seluruh dunia. 

Lippo Healthplus menyediakan proteksi maksimal dengan nilai pertanggungan sesuai dengan yang dibayarkan pertahun. Produk ini juga sudah memiliki fitur cashless yang berlaku di lebih dari 900 rumah sakit rekanan. Lippo Healthplus juga punya aplikasi eBenefit yang memudahkan kamu ketika mengajukan klaim. Jangan khawatir jika kamu atau keluarga tiba-tiba sakit karena Lippo Healthplus menyediakan 24 jam contact center dan monitoring. Mereka juga menyediakan Personal Medical Assistance dan memberikan santunan tunai harian rawat inap di rumah sakit. 

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa lihat di Cekpremi dan dapatkan promo menarik. Kami punya berbagai daftar asuransi kesehatan terlengkap dengan harga terbaik. Yuk, lindungi dirimu dan orang-orang tersayang mulai dari sekarang!

Pertanyaan Seputar Minuman Penambah Darah

Tekanan darah rendah harus minum apa?

Makanan yang mengandung banyak air, seperti semangka dan jeruk, atau air putih dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Makanan atau minuman berkafein, seperti kopi, cokelat, dan teh, dapat meningkatkan tekanan darah.

Darah rendah makan jus buah apa?

Jus buah semangka. Jus buah bit. Jus buah pisang. Jus buah alpukat.