Mobil Baru di GIIAS 2022: Berikut Koleksi yang Dipamerkan

pameran gias

Artikel ini membahas tentang mobil baru yang hadir di GIIAS 2022. Pameran mobil GIIAS merupakan event pameran otomotif terbesar di Indonesia yang sudah hadir sejak 1986. Mengusung tema ‘The Future is Bright’ GIIAS 2022 akan berfokus untuk menampilkan beragam teknologi terkini dari kendaraan listrik. GIIAS 2022 ini akan digelar mulai dari 11 Agustus hingga 20 November 2022 di empat kota berbeda, yakni Tangerang, Surabaya, Medan, dan Makassar. 

Asuransi Mobil

Terdapat 25 brand kendaraan penumpang dan komersial yang akan meramaikan GIIAS 2022. Beberapa di antaranya; Audi, BMW, Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling. Kemudian ada kendaraan komersial, seperti Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks. Berikut ini beberapa mobil baru yang harus diantisipasi di GIIAS 2022. 

Hino

Hino Motors tampaknya juga tak mau ketinggalan dalam unjuk teknologi kendaraan listriknya. Sejauh ini, Hino Motors memiliki truk Hino Dutro Z EV. Truk ini punya dimensi compact, dilengkapi motor listrik berbasis baterai dan berpenggerak roda depan. Dutro Z EV merupakan truk hasil pengembangan Hino Motors di Jepang dengan model lantai rendah, dan tanpa emisi. Model Nya juga dibuat walkthrough seperti Van, jadi sangat memudahkan pengemudi untuk mengambil barang di box belakang. Truk ini merupakan terobosan dari Hino untuk last mile logistic. Jadi, truk dapat digunakan di lokasi-lokasi dengan jalan yang sempit. Dutro Z EV memangkas tinggi bak hampir setengahnya. Hal ini yang membuat barang lebih mudah dimasukkan ke box ketika pengantaran.

Toyota

Toyota PT Toyota Astra Motor memastikan bakal membawa tiga brand pada pameran di Tangerang, yaitu Toyota, Gazoo Racing, dan Lexus. Merek Jepang ini bakal menempati salah satu booth terbesar seluas 3.000 meter persegi. Toyota Indonesia akan menghadirkan 25 line-up. Di dalamnya termasuk kendaraan berteknologi canggih dan terkini dari berbagai segmen. Sebanyak 7 unit di antaranya merupakan mobil terelektrifikasi mulai dari tipe hibrida, hibrida plug-in, hingga listrik baterai.

Pada pameran kali ini, kabarnya Toyota bakal meluncurkan mobil listrik bZ4x yang akan menjadi kendaraan resmi KTT G20 di Bali. Toyota bZ4X dibekali motor listrik bertenaga 204 Tk dan torsi puncak 265 Nm memanfaatkan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh. Mobil listrik hasil kolaborasi dengan Subaru ini diklaim mampu melaju hingga 450 km sekali baterai terisi penuh. Ada dua varian yang dipasarkan, yaitu berpenggerak roda depan dan semua roda. Varian FWD bZ4X dibekali motor tunggal 150 kW, sedangkan varian AWD 80 kW.

Selain itu, produk yang dinanti-nanti berikutnya adalah Innova hybrid. Mobil hybrid ini diprediksi akan menggunakan transmisi CVT dengan penggerak roda depan (FWD). Ini akan menjadi upgrade dari model Kijang Innova standard yang menggunakan penggerak roda belakang dan transmisi manual. Kemudian produk baru Toyota selanjutnya adalah mobil sport GR 86. 

Wuling

Wuling juga telah memulai perakitan model kendaraan terelektrifikasi, Air ev. Merek China ini menggunakan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV). Kemampuan akselerasinya hingga 100 km/jam. Ada dua varian Air ev, yakni Standard Range dan Long Range. Standard Range memiliki jarak tempuh sekitar 200 km, sedangkan Long Range memiliki jarak tempuh sekitar 300 km. 

Dengan mengaplikasikan Global Manufacturing System (GMS), Wuling memastikan bahwa mereka mampu mengefisiensi proses produksi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi. Pengisian dayanya juga terbilang mudah karena dapat dilakukan di rumah saja. Mobil bertenaga baterai ini dipasarkan dengan banderol harga mulai Rp.250 juta. Unit produksi pertamanya resmi meluncur dari pabriknya di Cikarang. Diperkirakan mobil listrik ini akan menjadi mobil listrik termurah yang diproduksi di Indonesia. 

Daihatsu 

Daihatsu akan meluncurkan Rocky Hybrid yang dibekali teknologi e-Smart Hybrid. Mobil ini menggunakan mesin 1.200 cc berkode WA-VEX yang baru dikembangkan.
Keunggulannya ialah irit bahan bakar minyak (BBM). Dengan standar WLTC, konsumsi bahan bakar rata-rata Daihatsu Rocky Hybrid mencapai 28 km/liter. Daihatsu Rocky memiliki stop kontak (AC100V/1500W) yang terpasang di ruang bagasi. Pemilik mobil ini bisa menggunakan peralatan listrik dengan AC100V dan total konsumsi daya maksimum 1500W. Dilengkapi juga dengan sistem catu daya darurat yang membuat mobil ini dapat menjadi genset dalam keadaan darurat. 

Asuransi Mobil Pilihan

Lindungi mobil barumu dengan asuransi mobil. Kamu tidak perlu pusing dengan biayanya karena akan ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh asuransi  yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp35.000 perbulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun. 

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Pameran Mobil baru GIIAS 

Berapa harga tiket GIIAS?

Terkait harga tiket GIIAS 2022 masih sama seperti sebelumnya. Weekdays atau Senin sampai Jumat dibanderol Rp 50 ribu, sedangkan weekend atau Sabtu dan Minggu Rp 100 ribu. Khusus untuk tiket VIP Day, atau 11 Agustus 2022, bisa dibeli dengan harga Rp 200 ribu.

Apa singkatan dari GIIAS?

GIIAS merupakan singkatan dari GAIKINDO Indonesia International Auto Show, yaitu pameran mobil terbesar di Indonesia, sekaligus Asia Tenggara.