Mobil Bekas Taksi, Perhatikan Sebelum Terlanjur Membeli

mobil bekas taksi

Dua tahun terakhir mobil bekas taksi di Indonesia menjadi incaran para konsumen mobil. Pasalnya mobil bekas taksi ini disebut memiliki harga yang miring. Dan jika selektif memilih, tentunya para konsumen akan menemukan mobil taksi yang masih layak pakai. Secara kondisi, unit bekas taksi memang dijamin kelayakannya, dan dilakukan rekondisi oleh perusahaan agar performa mobil tambah lebih baik lagi ketika sampai di tangan konsumen, namun tetap saja alangkah baiknya jika kamu membaca artikel ini agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kisaran Harga Mobil Bekas Taksi 

Harga mobil bekas taksi memang relatif murah dan menggiurkan, namun harga-harga ini juga dilihat dari kondisi mesin, exterior, dan interiornya. Oleh karena itu, bagi para calon pembeli sebaiknya dapat melihat secara detail komponen-komponen keadaan mobil. Berikut tiga list teratas harga mobil taksi bekas yang menjadi incaran konsumen;

  • Toyota Limo

Toyota Limo gen 2 menjadi primadona model yang paling laris di bursa pemasaran mobil bekas taksi. Mobil ini biasa dihargai 65 juta, sudah dalam keadaan rekondisi ulang.

  • Nissan Almera

Nissan almera memang jarang ditemukan di jalan, banyak supir taksi enggan mengambil mobil ini dikarenakan terlalu kecil sementara kabinnya luas, sehingga mobil ini sering dipasarkan di bursa mobil bekas taksi. Mobil tersebut dihargai senilai 50 juta.

  • Toyota Etios 

Toyota Etios 2013 juga menjadi mobil bekas yang banyak di review dikarenakan harganya terbilang murah yaitu 35 juta. Desain yang compact, tarikan yang responsive tentu menjadikan mobil ini diminati banyak khalayak. 

Kelebihan Membeli Mobil Bekas Taksi 

Kelebihan dari membeli mobil bekas taksi mungkin cocok bagi kamu yang memiliki modal sedikit dan ingin memiliki banyak variasi koleksi mobil bekas taksi. Berikut beberapa kelebihan membeli mobil bekas taksi;

  • Harga miring

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, dengan harga yang ramah kantong, kamu sudah bisa membeli mobil bekas taksi. Umumnya harga jual mobil ini mencapai sepertiga dari harga barunya, bahkan setengah dari harga bekas selain mobil bekas taksi.

  • Garansi mobil

Mengurangi kekhawatiran calon pembeli dengan adanya dampak membeli mobil bekas taksi, maka aka ada garansi mobil. Garansi mobil dapat digunakan sesuai kesepakatan yang telah dijelaskan pihak perusahaan mobil bekas. Adanya garansi mobil menjadikan calon pembeli lebih tenang dan merasa terjamin bahwa mobil yang ditawarkan telah lulus seleksi da membuktikan tidak adanya permasalahan serius pada mobil tersebut. 

  • Mesin terawat

Perusahaan taksi selalu memberikan perawatan rutin bagi setiap mobil operasional mereka. Apabila mobil taksi sudah terjadwal untuk melakukan servis, maka mereka akan segera melakukannya. Penggantian mesin umumnya dilakukan setelah lima tahun penggunaan, bahkan perusahaan taksi mampu mengganti unit armada setelah dua tahun penggunaanya. Jadi dapat dijamin jika mobil bekas taksi tersebut saat dijual dalam keadaan cukup prima.

Kekurangan Membeli Mobil Bekas Taksi 

Membeli mobil harus benar-benar memperhatikan berbagai aspek. Bagaimanapun juga membeli barang yang pernah dipakai tidak seharusnya dengan mudah tergoda oleh tampilannya saja. Kamu sebaiknya memperhatikan beberapa pertimbangan berikut;

  • Mobil capek

Istilah tersebut disematkan pada mobil bekas taksi karena kendaraan tersebut digunakan sebagai kendaraan umum. Dalam hal ini mobil bekas taksi disebut mobil capek karena menempuh jarak kilometer yang banyak.

Intinya, mobil yang digunakan secara terus menerus bisa jadi dari segi performa mesin menurun. Pun demikian dengan performa interior dan eksteriornya.

  • Bersaing dengan mobil bukan taksi 

Saat ini banyak mobil bekas yang dijual dengan harga yang masih cukup terjangkau tidak jauh berbeda dengan mobil bekas taksi. Oleh karena itu calon pembeli bisa lebih puas memilih jenis atau tipe mobil bekas pemakaian pribadi karena tak terbatas daripada mobil bekas taksi yang pilihannya terbatas. 

Varian mobil eks taksi biasanya berkisar pada merk tertentu, seperti; Honda Mobilio, Nissan Almera, Toyota Vios Limo, Toyota Transformer, Toyota Etios Liva Soluna, Chevrolet Lova dan Chevrolet Trax.

  • Memiliki fitur standar

Berbeda dengan eks mobil bekas pemakaian pribadi yang memiliki fitur canggih, mobil bekas takso tidak sepenuhnya memiliki beragam fitur canggih, seperti tidak adanya power window, pengaturan audio di setir, head unit,  dan airbag juga tidak dimiliki oleh mobil eks taksi. 

Tips Membeli Mobil Bekas Taksi 

Meskipun harga taksi digadang-gadangkan murah oleh sebagian orang, tetap saja kamu perlu mengetahui langkah sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Berikut beberapa tips saat membeli mobil bekas taksi;

  • Pilih perusahaan taksi terpercaya

Perusahaan yang menjual mobil bekas taksi dengan reputasi baik tentunya mereka akan melakukan perawatan rutin untuk unit mobill yang dijualnya. Perusahaan Blue Bird dan Express Taxi adalah salah satu contoh perusahaan yang terpercaya.

  • Periksa body mobil

Perhatikan sisi depan atau belakang ke arah ujung bodi mobil eks taksi. Pastikan mengetuk bodi mobil agar kamu tahu pernah di dempul atau tidak. Jika iya maka kamu harus siap memperbaikinya agar terhindar dari pengelupasan di waktu mendatang. Selanjutnya, periksa apakah mobil pernah atau tidak mengalami tabrakan dengan memastikan bagian sisi dalam plat bodi pada ruang mesin mobil.

  • Pastikan mesin

Hati-hati dengan rembesan oli, periksa tuas oli pada bagian bawah mesin mobil eks taksi. Nyalakan mesin mobil untuk mengetahui suara dan performa tenaganya. Kamu perlu melakukan test driver agar bisa merasakan bantingan suspensi, bushing, ball joint, tie rod, shockbreaker, dan setir masih stabil dan normal. Terakhir periksa juga radiator mobil dikhawatirkan terjadi masalah seperti sirkulasi coolant tersumbat yang berarti harus diganti.

  • Periksa riwayat kelengkapan surat-surat

Penting untuk mengecek keaslian BPKB, STNK, serta masa berlakunya. Jangan terburu-buru mengecek, pastikan nomor angka dan nomor mesin BPKB/STNK sama dan sesuai dengan nomor yang tertera pada kendaraan.

Semua keputusan tentu kembali pada individu masing-masing. Hal penting yang harus dipastikan adalah saat kamu membeli mobil bekas taksi pastikan kamu memperbaiki mesin-mesin yang kurang maksimal penggunaanya. 

Untuk mengantisipasi biaya resiko, kamu bisa memberikan proteksi untuk kendaraan kesayangan agar kamu tidak perlu menguras kantong untung biaya perawatan dan perbaikan mobil di bengkel. Perlindungan maksimal bisa dicover dengan asuransi mobil. Maka dari itu pilihlah pelayanan asuransi terbaik di Cekpremi yang bekerjasama dengan banyak jasa asuransi terpercaya.

Beberapa layanan asuransi mobil yang bisa kamu dapatkan seperti, Mega Insurance, Simas Insurtech, Intra Asia, dan Staco Mandiri. Semua jenis asuransi mobil tersebut memiliki tipe produk seperti Total Loss Only (TLO), Comprehensive, dan All risk.

TLO memberikan jaminan penggantian kerugian atas risiko seperti kehilangan dan kerusakan besar. Comprehensive memberikan jaminan proteksi minor hingga menyeluruh. Dan kamu pun bisa menambahkan perluasan untuk kondisi tertentu di All Risk.

Dapatkan segera cashback menarik untuk pembelian produk asuransi mobil di Cekpremi.

Pertanyaan seputar mobil bekas taksi

Apakah plat kuning bisa dipakai pribadi?

Sejak 1 Maret 2015 seluruh kendaraan umum plat kuning hanya bisa dimiliki oleh badan hukum sehingga perorangan tidak bisa lagi mengoperasikan kendaraan umum baik angkutan barang maupun penumpang.

Bagaimana tips merawat mobil bekas taksi?

Rutin lakukan servis untuk melakukan mesin dan komponen mobil bekerja optimal Lakukan restorasi atau modifikasi sehingga bisa mendapatkan desain mobil sesuai selera Re-trimming mobil dapat menjadi solusi untuk membuat tampilan mobil menjadi fresh