Mobil Rental: Jenis Mobil dan Sistem Penyewaan yang Perlu Kamu Tahu

usaha rental mobil

Artikel ini akan membahas tentang mobil rental. Mobil rental yang banyak peminatnya untuk disewa biasanya mobil jenis MPV, seperti Toyota Avanza, Kijang Innova, Nissan All New Grand Livina, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, dan sebagainya. Durasi untuk mobil rental juga cukup variatif mulai dari harian, mingguan, bulanan, bahkan ada yang tahunan. Untuk sistem mobil rental ada yang menyediakan dengan supir atau tanpa supir (lepas kunci). Untuk lebih lengkapnya, simak informasinya di bawah ini. 

Asuransi Mobil

Istilah dalam Mobil Rental

  1. Lepas Kunci

Istilah ini rupanya berarti penyewa mobil tak perlu memakai jasa sopir yang disediakan pihak rental mobil. Orang yang menyewa mobil bisa menyetir sendiri atau disetir oleh sopir yang mereka bawa sendiri.

  1. Drop Off

Istilah ini artinya bahwa mobil yang disewa bisa diantar ke kota yang dituju si penyewa. Misalkan tempat persewaan ada di Jakarta, tapi si penyewa ada di Bandung, maka mobil bisa diantar ke Bandung. Beberapa persewaan mobil memiliki layanan ini, sehingga memudahkan penyewa.

  1. Pick and Drop

Istilah ini berarti pihak persewaan bisa menjemput dan mengantar si penyewa mobil ke tujuan secara sekali jalan. Misalkan, menjemput di bandara lalu diantar ke hotel. Nah, sistem ini menerapkan cara pembayaran sekali jalan. Jadi jika si penyewa akan menambah tujuan, atau lebih dari satu tempat tujuan, maka akan dikenakan biaya lebih dari satu tujuan.

Sistem Penyewaan Mobil Rental

Hampir seluruh penyedia rental mobil akan memberikan pilihan kepada konsumennya saat merental mobil. Apakah kamu akan merental mobilnya saja (lepas kunci) atau beserta sopirnya. 

Keuntungan merental mobil lepas kunci adalah kamu akan lebih leluasa dalam menggunakan kendaraan. Kamu bebas menentukan destinasi perjalanan dan mau berangkat jam berapa. Kualitas perjalanan kamu dan keluarga atau sahabat juga semakin optimal. Apalagi jika membahas hal pribadi seperti pekerjaan, masalah keluarga, hingga masalah keuangan.

Namun, ada banyak risiko yang akan kamu hadapi bila merental mobil tanpa sopir. Apalagi jika kamu belum memahami wilayah yang kamu tuju. Ditambah bila struktur jalanannya berkelok-kelok. Gak jarang kamu yang belum terlalu mengenal wilayah sekitar bisa menimbulkan beberapa kecelakaan ringan seperti body mobil yang lecet akibat tergores sepeda motor atau jenis kerusakan lainnya. Selain itu, rental mobil lepas kunci membutuhkan lebih banyak dokumen yang disimpan oleh penyedia jasa. Berbeda halnya dengan kamu yang merental mobil beserta sopirnya. 

Estimasi Harga Rental Mobil Harian di Jakarta

Jenis Mobil Biaya Rental Mobil + Sopir Biaya Rental Mobil Tanpa Sopir
Toyota Calya Rp300.000 Rp349.000
Daihatsu Sigra Rp235.000
Isuzu Elf Rp588.000
Daihatsu Ayla Rp240.000
Mitsubishi Xpander Rp385.000 Rp550.000
Nissan Grand Livina Rp350.000 Rp550.000
Suzuki All New Ertiga Rp370.000 Rp640.000
Toyota All New Avanza 2021 Rp375.000 Rp550.000
Toyota Hiace Commuter Rp2.200.000
Toyota Fortuner VRZ Rp2.200.000
Daihatsu All New Terios Rp400.000
Wuling Motors Confero DB Rp600.000
Toyota Hiace Rp1.740.000
Honda Mobilio Rp375.000 Rp480.000
Hyundai Tucson Rp850.000

 

Aturan Umum Rental Mobil

Berikut ini merupakan aturan sewa mobil yang umumnya yang berlaku untuk tempat penyewaan mobil :

  • Bagi penyewa lepas kunci wajib memiliki SIM sesuai dengan mobil yang disewa.
  • Memiliki KTP yang akan disimpan oleh pemilik sewa selama masa penyewaan.
  • Adanya ketentuan denda sewa jika melebihi batas waktu sewa.
  • Adanya fasilitas pengantaran mobil dan pickup mobil pada daerah-daerah tertentu.
  • Adanya aturan wilayah pemakaian kendaraan sesuai perjanjian.
  • Pihak sewa mobil berhak menolak pelanggan sesuai kriteria pelanggan.
  • Adanya aturan tentang denda asuransi mobil jika terjadi kerusakan ringan atau kerusakan berat.
  • Tidak diperkenankan untuk digunakan balapan tidak resmi.
  • Durasi penyewaan dianggap digunakan secara full dan tidak bisa dipotong untuk digunakan di lain waktu.
  • Jika dengan sopir, harga sewa tidak termasuk dengan harga bahan bakar. Namun, biasanya ada juga paket sewa dengan sopir dan bahan bakar.
  • Pembatalan sewa biasanya akan dikenakan denda sesuai dengan aturan masing-masing perusahaan sewa.

Saat kita melakukan rental mobil, pastikan bahwa pemilik usaha rental sudah mengasuransikan mobilnya dengan asuransi mobil. Bisa saja ada risiko-risiko tak terduga saat kita menyewa mobil seperti kecelakaan, mobil tergores, hingga pencurian. Contoh asuransi  yang bisa dijadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp35.000 perbulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun. 

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant. 

Kamu juga dapat memilih asuransi lain yang sesuai dengan kebutuhan untuk perlindungan mobilmu seperti asuransi IntraAsia dan Staco Mandiri. Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Rental Mobil

Apa yang dimaksud dengan rental mobil?

Rental mobil, sewa mobil, atau agen sewa mobil adalah perusahaan yang menyewakan mobil untuk jangka waktu yang singkat, umumnya mulai dari beberapa jam sampai beberapa minggu.

Apa saja persyaratan sewa mobil?

Nomor pokok wajib pajak (NPWP) Kartu tanda penduduk (KTP)