Enggak Perlu Bingung, Ini Sebab Mobil Distarter Tidak Mau Hidup

Jul - 10
2021
mobil tidak bisa distarter

Enggak Perlu Bingung, Ini Sebab Mobil Distarter Tidak Mau Hidup

Ada banyak faktor atau sebab mobil distarter tidak mau hidup. Selain aki, masalah ini bisa terjadi karena gangguan busi, aliran bahan bakar, alternator, hingga koil mesin yang terlampau panas.

Tidak perlu panik, semua masalah tersebut sebenarnya bisa diantisipasi jika Anda rajin servis. Melakukan perawatan mesin atau servis mobil di bengkel resmi memang sangat dibutuhkan.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Namun apabila starter mobil sudah terlanjur tidak bekerja, langkah pertama yang perlu kita lakukan ialah mengetahui penyebabnya. Supaya nggak bingung, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

4 Sebab Mobil Distarter Tidak Mau Hidup

Setiap jenis kerusakan pasti memerlukan treatment penangan yang berbeda, seperti kendala matinya starter mobil. Masalah ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

 

Kondisi Busi yang Kotor

Busi merupakan komponen penting dalam proses starter, sebab busi yang kotor bisa menjadi sebab mobil distarter tidak mau hidup. Kotoran sendiri dapat menghambat percikan api saat proses starter.

Selain itu, jika dibiarkan terlalu lama gusi akan berkarat dan tidak bisa dipakai kembali. Apabila hal ini terjadi, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah mengganti gusi tersebut dengan yang baru.

 

Distribusi Bahan Bakar Tidak Lancar

Seperti yang kita tahu, mobil digerakkan oleh bahan bakar seperti bensin. Apabila bahan bakar tidak terdistribusi dengan baik ke tangki, maka maka kinerja mesin mobil akan macet bahkan mati.

Lantas, apa penyebab distribusi bahan bakar terhambat? Salah satunya karena saluran bensin yang kotor. Karena itu rajin-rajinlah membersihkan tangkai, filter, dan needle valve mobil tersebut ya.

Baca juga: Penyebab Mobil Injeksi Susah Hidup Saat Dingin, Simak Solusinya!

Alternator Mobil Tidak Bekerja

Alternator atau biasa disebut dinamo ampere adalah komponen mesin yang bertugas untuk mengalirkan listrik ke aki. Jika bagian ini rusak, bisa jadi sebab mobil distarter tidak mau hidup.

Meski begitu, masalah semacam ini biasanya terjadi pada mobil tua. Pada dasarnya alternator tidak murah rusak, hal ini bisa saja disebabkan oleh pemakaian mobil yang sudah lebih dari delapan tahun.

Jika demikian, bagaimana cara memperbaiki alternator atau dinamo ampere yang rusak? Selain melakukan penggantian unit, langkah perbaikan hanya bisa dilaksanakan oleh montir profesional.

 

Koil Mesin Bermasalah

Koil berfungsi menggandakan tegangan listrik yang masuk ke bagian aki. Dengan arus listrik yang besar, aliran tersebut memantik pijaran bunga api saat menyalakan mesin kendaraan.

Suhu bagian koil seringkali sangat panas, jika overheat koil mesin bisa rusak dan menjadi sebab mobil distarter tidak mau hidup. Sebelumnya, penting untuk melakukan pengecekan terhadap koil.

Apabila masalah dapat diatasi dengan perbaikan kecil, maka Anda tidak perlu mengganti komponen. Namun apabila koil sudah terlanjur rusak berat, mau tidak mau kita harus menggantinya.

Demikian penyebab mobil distarter tidak mau menyala yang penting diketahui. Untuk menjaga keamanan dalam berkendara, segera daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi mobil terpercaya.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *