Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Modifikasi Mesin Mobil

Modifikasi Mesin Mobil

Modifikasi mesin mobil adalah praktik yang sangat umum di kalangan pecinta otomotif. Modifikasi mobil merupakan salah satu cara untuk meningkatkan performa kendaraan Anda. Ternyata modifikasi mobil bukan hanya untuk bagian eksterior saja, Anda juga bisa melakukan modifikasi mesin mobil. Akan tetapi sebelum Anda memulai melakukan modifikasi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat modifikasi mesin mobil.

Apa itu modifikasi mesin mobil?

Hal yang penting untuk Anda pahami mengenai modifikasi mesin pada mobil adalah pengertiannya terlebih dahulu. Banyak orang yang salah mengartikan mengenai modifikasi mesin mobil. Kegiatan ini bukan hanya sekedar mengganti musim lama dengan mesin yang baru. Akan tetapi lebih kepada memperbesar kapasitas silinder agar mesin mobil memiliki performa seperti yang diinginkan. Proses memperbesar silinder ini disebut dengan bore up atau boring.

asuransi mobil

Tujuan modifikasi ini bisa untuk meningkatkan performa, namun bisa juga untuk tujuan lain seperti untuk efisiensi bahan bakar, hingga respon gas. Modifikasi ini dapat melibatkan perubahan pada berbagai komponen mesin seperti intake, exhaust, silinder, piston, dan ECU. Namun, sebelum Anda memulai proses ini, Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana mesin mobil berfungsi, atau Anda dapat bekerja sama dengan mekanik berpengalaman.

Memperbesar Silinder dan Piston (Bore Up)

Salah satu modifikasi mesin yang umum dilakukan adalah memperbesar silinder dan piston, yang sering disebut bore up. Cara ini melibatkan peningkatan diameter silinder dan piston mesin. Dengan melakukannya, volum udara yang bisa dihisap dan dikompres oleh mesin akan meningkat, sehingga potensi tenaga mesin juga akan bertambah. Namun, bore up adalah modifikasi yang memerlukan perencanaan dan pengetahuan yang baik, karena jika tidak dilakukan dengan benar, dapat menyebabkan masalah seperti overheating atau kompresi mesin yang buruk.

Kelebihan Bore Up

Beberapa kelebihan dari bore up mesin mobil adalah mampu meningkatkan performa mesin karena diameter silinder dan pistonnya semakin besar. Hal ini akan membuat volum ruang bakar membesar dan memberikan hasil tenaga dan juga torsi yang besar. Keuntungan selanjutnya adalah mampu meningkatkan akselerasi mobil. Mobil Anda dapat melaju dengan cepat dan lebih responsif.

Kekurangan Bore Up

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, namun bore up juga tetap memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan yang akan terjadi dari modifikasi ini adalah suhu mesin menjadi cepat naik, boros bahan bakar dan oli, serta dapat mempercepat komponen mobil mengalami keausan.

Memasang Turbocharger

Selain melakukan bore up, modifikasi mesin mobil juga bisa dilakukan dengan memasang turbocharger. Turbocharger adalah komponen yang digunakan untuk meningkatkan kinerja mesin dengan memaksa kembali udara yang masuk ke mesin. Dengan demikian, lebih banyak udara dan bahan bakar dapat dibakar dalam setiap siklus mesin. Dengan begitu, hal ini dapat meningkatkan daya dan torsi mesin secara signifikan.

Namun, pemasangan turbocharger bukanlah modifikasi yang sederhana. Anda perlu memastikan bahwa mesin dan komponen lainnya dapat menangani tekanan dan panas yang dihasilkan oleh turbocharger. Selain itu, perlindungan yang tepat harus diberikan untuk mencegah overboosting. Salah satu bentuk perlindungan yang bisa dilakukan adalah dengan memilih oli mesin yang memang dikhususkan untuk mesin turbo.

Kelebihan Turbocharger

Setiap modifikasi tentu saja memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Jika Anda memasang turbocharger, kelebihan yang akan didapatkan diantaranya seperti tenaga mesin yang lebih besar, lebih irit bahan bakar bahkan mencapai 20% daripada mobil dengan mesin bensin, dan juga lebih ramah lingkungan karena memiliki emisi yang lebih rendah.

Kekurangan Turbocharger

Kekurangan dari modifikasi mesin mobil ini adalah Anda harus menggunakan oli mesin khusus dan tidak boleh menggunakan oli sembarangan. Kekurangan yang lainnya adalah mobil Anda tidak dapat dipacu secara terus-menerus serta memiliki harga suku cadang yang mahal.

Remap ECU (Electronic Control Unit)

Hal berikutnya yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan modifikasi mesin mobil adalah tentang remap ECU. ECU adalah otak kendaraan yang mengontrol berbagai aspek kinerja mesin. Melalui remap ECU, Anda dapat mengubah pengaturan standar mesin untuk meningkatkan kinerja. Hal ini termasuk peningkatan tenaga, respon gas, dan efisiensi bahan bakar.

Namun, remap ECU adalah jenis modifikasi yang memerlukan perangkat khusus dan pemahaman mendalam tentang pengkodean kendaraan. Kesalahan dalam remap ECU dapat merusak mesin dan mengakibatkan kerusakan yang fatal sehingga membutuhkan biaya yang besar untuk melakukan perbaikan.

Kelebihan Remap ECU

Jika Anda melakukan modifikasi mesin menggunakan cara ini, kelebihan yang bisa didapatkan adalah tenaga mobil yang dapat ditingkatkan hingga 10% dari mesin standar. Selanjutnya mobil juga akan memiliki akselerasi yang responsif serta memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Kekurangan Remap ECU

Beberapa kekurangan atau resiko yang bisa terjadi dari modifikasi ini adalah resiko mobil mati dan tidak mau dinyalakan karena salah melakukan remap ECU. Selain itu mobil juga akan sering bermasalah dan mesin cenderung tidak awet. Bahkan pada beberapa kasus, seringkali ketika seseorang memodifikasi mesin dengan cara ini knalpot akan mengeluarkan asap secara berlebihan dan ini tentu sangat tidak baik bagi lingkungan.

Pentingnya Asuransi Mobil

Sebelum Anda memulai proses modifikasi mesin mobil, sangat penting untuk memiliki asuransi mobil. Modifikasi mesin dapat meningkatkan risiko kerusakan atau kecelakaan, sehingga dengan memiliki asuransi yang tepat Anda akan memiliki perlindungan finansial jika terjadi masalah. Selain itu, Anda juga harus memahami bahwa beberapa modifikasi dapat memengaruhi premi asuransi Anda. Oleh karena itu, penting untuk berbicara dengan perusahaan asuransi Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki cakupan yang sesuai.

asuransi mobil

Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan asuransi mobil terbaik untuk kendaraan Anda, penting sekali untuk melakukan perbandingan premi melalui website seperti CekPremi. Cara ini sangat mudah untuk membandingkan penawaran dari berbagai perusahaan asuransi. Dengan memasukkan detail kendaraan Anda, Anda dapat melihat berbagai opsi asuransi dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Ketika melakukan modifikasi mesin mobil, premi Anda mungkin akan berubah. Jadi pastikan untuk memasukkan detail modifikasi tersebut saat melakukan perbandingan. Semoga bermanfaat.

REFERENSI :

Dokter Mobil

Otomotif

Dokter Mobil