Mudik Saat Puasa? Ayuk Aja!

May - 14
2019
Mudik Saat Puasa Siap Aja

Mudik Saat Puasa? Ayuk Aja!

Tahun ini, kemungkinan besar lebih banyak orang yang mudik jauh sebelum hari lebaran. Beberapa dari mereka sudah libur jauh-jauh hari. Hal ini membuat mereka memutuskan untuk lebih cepat mudik. Apakah Anda  termasuk yang berencana untuk mudik tahun ini dengan menggunakan kendaraan pribadi?  Sebaiknya ambil dulu asuransi mobil All Risk terbaik. Anda tidak tahu hal buruk apa yang bisa Anda alami di perjalanan mudik nanti. Dengan mengasuransikan mobil Anda, Anda akan lebih tenang saat mudik.

Nah, Anda yang juga merencanakan hal yang sama. Sebaiknya Anda harus melakukan persiapan yang baik jika Anda tetap ingin berpuasa di perjalanan mudik nanti. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar Anda tetap kuat berpuasa saat perjalanan mudik.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Tips Agar Kuat Puasa Saat Perjalanan Mudik

Di dalam Islam, seorang musafir atau orang yang dalam perjalanan itu tidak diwajibkan berpuasa. Alasannya, ada kekhawatiran jika berpuasa saat melakukan perjalanan jauh bisa membuat kesehatan orang tersebut terganggu.

Akan tetapi, sepertinya saat ini tidak ada alasan untuk tidak berpuasa. Apalagi jika Anda berencana mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, tentu puasa Anda lebih ringan. Anda bisa menentukan sendiri kapan harus berhenti untuk berbuka dan sahur.

Meskipun demikian, Anda juga harus mengantisipasi tubuh yang terlalu lelah. Jika Anda menyetir kendaraan sendiri, Anda akan sangat lelah. Maka dari itu, Anda perlu tahu tips bagaimana agar tetap kuat berpuasa saat mudik lebaran nanti.

Siapkan Kondisi Badan
Hal paling utama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan kondisi badan. Pastikan kondisi badan Anda fit sebelum melakukan perjalanan mudik.Itulah mengapa para ahli kesehatan menyarankan agar Anda siapkan kebugaran tubuh Anda setidaknya 5 hari sebelum mudik. Selesaikan semua pekerjaan agar pikiran Anda tenang. Usahakan beberapa hari sebelum mudik, Anda sering melakukan olahraga ringan seperti jalan santai. Dengan pikiran yang tenang dan tubuh yang sehat, Anda akan fit saat mudik nanti.

Pilih Waktu Perjalanan yang Tepat
Berapa jam perjalanan mudik Anda? Tentu Anda tidak bisa memastikan berapa lama waktu yang akan Anda tempuh mengingat sering kali ada kemacetan saat musim mudik.Akan tetapi, setidaknya Anda punya prediksi kapan kira-kira lama waktu perjalanan mudik Anda. Jadi, Anda bisa tentukan kapan waktu yang tepat untuk memulai perjalanan. Biasanya, untuk perjalanan hingga di atas 10 jam, sebaiknya Anda mulai perjalanan di malam hari setelah berbuka. Namun, jika perjalanan di bawah 10 jam, Anda bisa mulai perjalanan saat subuh.

Menu Berbuka dan Sahur yang Tepat
5 hari sebelum mudik, bukan hanya olahraga saja yang perlu Anda lakukan. Usahakan Anda penuhi asupan nutrisi dengan menyantap menu berbuka dan sahur yang tepat.Begitu juga ketika Anda mudik. Karena Anda ingin tetap berpuasa, konsumsi menu sahur dan berbuka yang kandungan protein serta karbohidrat kompleksnya tinggi. Kandungan seperti itu akan membuat Anda tidak mudah lapar di siang hari.Jangan lupa juga untuk lebih banyak minum di malam hari. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkarbonasi dan juga kopi. Hal ini disebabkan minuman semacam ini bisa membuat Anda mudah haus di siang hari.

Rencanakan Perjalanan Mudik
Sebelum mulai berangkat mudik, rencanakan perjalanan Anda. Akan lebih baik jika Anda menentukan di mana Anda akan istirahat, kapan Anda akan istirahat, dan lain sebagainya.Sekarang ini, dengan teknologi GPS, Anda bisa lebih mudah merencanakan perjalanan mudik Anda. Anda bisa menemukan rest area mana saja yang Anda bisa pilih untuk istirahat sejenak. 

Mengantisipasi Hal Buruk
Dalam perjalanan mudik, tentu ada risiko buruk yang bisa terjadi. Contohnya saja kecelakaan di jalan. Untuk itu, lakukan antisipasi. Bawa kotak P3K di mobil. Ambil asuransi mobil All Risk terbaik agar ketika kecelakaan terjadi, Anda tidak perlu repot untuk mengurus. Anda tinggal hubungi perusahaan asuransi dan bengkel rekanan. Mobil Anda akan diderek dan langsung diperbaiki di bengkel yang ditunjuk.Jadi, sudah siap untuk mudik tahun ini?

Persiapan Mudik Bersama Si Kecil

Banyak keluarga yang akhirnya mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi lantaran mereka sudah ada bayi atau anak balita. Dalam hal ini, mereka harus melakukan persiapan ekstra.

Jika Anda memiliki bayi, usahakan sang ibu dalam kondisi fit. Apalagi jika bayi masih minum ASI. Sang ibu harus benar-benar sehat dan bugar agar tetap bisa memberikan ASI kepada sang buah hati.

Untuk anak balita, Anda perlu bawa barang-barang yang lebih banyak, mulai dari makanan ringan, mainan, selimut, bantal, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga bawa termos. Ini penting agar Anda bisa membuatkan susu hangat untuk sang buah hati ketika dalam perjalanan.

Mudik memang melelahkan. Pasalnya, akan banyak sekali orang yang mudik. Otomatis, jalan raya akan sangat ramai. Kemacetan di beberapa titik bukan hal yang aneh lagi.

Untuk itu, Anda perlu berhati-hati. Selain harus kuat berpuasa, Anda juga harus ekstra hati-hati ketika mengendarai mobil sendiri. ada potensi kecelakaan atau bersenggolan dengan kendaraan lain.

Namun, terkadang Anda sudah sangat berhati-hati tapi pengendara lain kurang hati-hati. Akibatnya, kecelakaan di jalan pun tidak bisa Anda hindari. Oleh sebab itu, lakukan proteksi dengan cara mengambil asuransi mobil All Risk terbaik. Ini juga seharusnya menjadi bagian penting agar mudik tahun ini lebih nyaman dan tenang. 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *