Jelajah Keindahan Alam Desa Nateh yang Menawan

nateh

Nateh merupakan sebuah desa yang terletak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kecamatan Batang Alai, Kalimantan Selatan. Desa ini alamnya masih asri dan amat memesona. Tak heran apabila Desa Nateh menjadi salah satu destinasi wisata lokal yang mulai dikenal khalayak.

Keindahan dan Pesona Desa Nateh, Destinasi Wisata Alam yang Menawan

Sumber: https://elements.envato.com/waitomo-caves-T7BQFL2

Desa Nateh berada di kaki Pegunungan Meratus dan disebut mempunyai panorama alam yang amat indah. Jaraknya berkisar 30 km dari Barabai. Anda butuh waktu kurang lebih 45 menit menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai di Desa Nateh.

Kendati masih pedesaan, akses ke sini sudah cukup baik. Jalannya beraspal dan sebenarnya mudah dilalui. Hanya saja di beberapa bagian jalan terdapat kerusakan akibat kerapnya dilalui mobil besar seperti truk.

Bukan hanya pemandangan alamnya yang mampu memanjakan mata, sungai di desa ini amat jernih. Tak ada sampah yang terlihat seperti pada sungai-sungai di perkotaan. Desa wisata ini menawarkan beragam spot menarik untuk dieksplorasi.

Saat memutuskan berkunjung ke desa ekowisata ini, Anda dapat menjajal banyak spot yang sayang dilewatkan. Jadi, berwisata kemari bisa dikatakan paket lengkap. Tatkala mengunjungi Desa Nateh, Anda pun sekaligus memperoleh kesempatan menarik untuk menjelajah semua yang ada di dalamnya. Sebut saja bermacam gua, sungai, serta desa-desa lainnya.

Setiba di gerbang obyek wisata Desa Nateh, Anda bakal disambut oleh kecantikan panorama bentang karst. Tak hanya itu gunung kapur yang tinggi tersebut ditumbuhi tanaman liar yang menjadikannya jauh dari gersang.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan Saat Berkunjung ke Nateh

Di bawah gunung karst ada hulu Sungai Batang Alai dengan air yang amat jernih. Saking bersihnya, Anda sampai dapat menggunakan air tersebut untuk mencuci. Bahkan warga sekitar mengatakan bahwa air sungai yang berasal dari gunung-gunung kapur itu aman untuk dikonsumsi. Menjadi salah satu obyek wisata Barabai unggulan, apa sajakah yang dapat dilakukan sewaktu mengunjungi desa cantik ini?

  • Melakukan Olahraga Arung Jeram

Arung jeram merupakan salah satu olahraga yang memicu adrenalin. Mengarungi jeram-jeram sungai yang menantang menggunakan perahu karet, tentunya bakal menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Anda dapat menjajal olahraga ini sewaktu berkunjung ke desa ekowisata Nateh. Pengelola wisata arung jeram ini ialah para pemuda setempat.

Namun, perlu diperhatikan bahwa ketika hendak melakukan olahraga ekstrem ini ada berbagai persiapan yang harus dilakukan demi keselamatan dan keamanan.

Pertama, Anda harus menggunakan baju yang tak gampang menyerap air. Hal ini disebabkan baju yang mudah menyerap air akan mengakibatkan terjadinya penurunan suhu tubuh yang berdampak pada stamina mudah kendur saat berarung jeram.

Kedua, lakukan pemanasan sebelum memulai. Pemanasan bertujuan agar tubuh tidak kaku atau kram. Caranya sangat mudah yaitu dengan merentangkan tangan, kaki, juga menggerakkan kepala.

Ketiga, pastikan posisi duduk sudah tepat. Biasanya hal ini telah diperhitungkan pula oleh pemandu. Posisi tentu menyesuaikan dengan bobot tubuh. Posisi yang tepat adalah duduk di tepian perahu karet guna mencapai keseimbangan.

Keempat, ikuti saja panduan dari guide. Umumnya sebelum mulai, akan ada panduan oleh guide mengenai bagaimana cara mendayung lengkap dengan berbagai informasi penting terkait teknik arung jeram. Kemudian apabila Anda tidak bisa berenang sebaiknya juga disampaikan pada pemandu sehingga ia bisa menempatkan di posisi yang sesuai dalam perahu.

Kelima, jangan panik. Dalam melakukan olahraga air ini, tak jarang perahu akan terbalik. Saat mengalami hal tersebut sebaiknya tidak panik, ya. Sebab ini lumrah terjadi. Anda hanya perlu berusaha untuk berenang ke lokasi yang aman. Kaki diposisikan mengarah ke hilir guna menghindari benturan dengan batu.

  • Mengunjungi Beragam Gua

Di desa wisata Nateh Barabai ini pun Anda bisa menikmati keindahan gua-gua. Di antaranya adalah Gua Sawar, Gua Kukup, dan Gua Berangin. Ini merupakan lokasi yang sangat tepat bagi Anda yang senang melakukan kegiatan caving atau penelusuran gua. Di ketiga gua Anda bisa menjumpai adanya stalaktit juga stalagmit yang memukau. Stalaktit adalah sejenis batu tetes yang posisinya menggantung pada langit-langit gua kapur. Sementara stalagmit yaitu batuan lancip yang ujungnya mengarah ke atas.

  • Bermain di Sungai

Aktivitas menyenangkan berikutnya yang bisa dilakukan sewaktu berkunjung ke desa ini adalah bermain di Sungai Batang Alai yang jernih. Bila tidak ingin berarung jeram, Anda bisa bermain air, bersantai, atau berenang di tepian yang arusnya tidak terlalu deras.

  • Berfoto di Jembatan Pelangi

Sebelum pulang, Anda pun tak boleh melewatkan untuk berfoto atau selfie di jembatan pelangi Nateh. Jembatan gantung yang dicat warna-warni ini menjadi salah satu spot foto paling favorit bagi para wisatawan.

Dari sini Anda bisa melihat keindahan pemandangan alam di sekeliling. Jembatan yang menjadi penghubung menuju kebun karet warga ini terletak di atas sungai jernih, dengan panorama pegunungan yang tampak dari kejauhan, serta pepohonan hijau nan rimbun.

Menjadi salah satu obyek wisata Barabai unggulan, pesona Desa Nateh memang tiada duanya. Daya tariknya adalah alam yang masih sangat asri, sungai jernih, dan panorama sekitar yang mampu memanjakan mata.

Tentu ketika melakukan perjalanan wisata, Anda tetap harus memperhatikan keamanan serta keselamatan. Terlebih apabila hendak mencoba aktivitas ekstrim seperti berarung jeram. Lindungi diri dan keluarga dengan asuransi perjalanan terlengkap dari cekpremi.com. Perlu diketahui bahwa asuransi perjalanan akan memberi perlindungan bagi Anda selama perjalanan.

Dengan menggunakan asuransi perjalanan seperti dari cekpremi.com, Anda bakal mendapatkan perlindungan ketika mengalami pembatalan penerbangan, penundaan, kehilangan bagasi, hingga adanya jaminan untuk biaya perawatan di rumah sakit bila Anda mengalami kecelakaan maupun cidera ketika sedang melakukan perjalanan wisata.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk melindungi diri Anda dan keluarga menggunakan asuransi perjalanan terbaik persembahan cekpremi.com. Berbagai tipe atau varian asuransi perjalanan tersedia di sini.

Sebut saja Worldwide yang menjamin perjalanan ke negara di seluruh dunia, tipe Domestik yang memberikan jaminan perlindungan selama melakukan perjalanan di wilayah Indonesia, serta Asia yang memberikan jaminan tatkala Anda melakukan perjalanan ke negara-negara di Benua Asia. So, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya.

Referensi:

Wisato

Antara News

Kabar BUMN