Negara Yang Mewajibkan Traveler Punya Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri

Aug - 14
2019
Mewajibkan Traveler Punya Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri

Negara Yang Mewajibkan Traveler Punya Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri

Ada beberapa negara yang mewajibkan para wisatawan untuk memiliki asuransi perjalanan ke luar negeri. Ini dilakukan tidak lain agar para wisatawan tidak mendapatkan masalah saat berlibur.

Beberapa wisatawan yang tidak tahu mengenai hal tersebut menganggap itu membebani. Mereka harus bayar sejumlah uang untuk premi asuransi perjalanan. Ini membuat pengeluaran mereka bertambah.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Namun, jika mereka tahu mengapa harus memiliki asuransi berlibur ke luar negeri, mereka tahu betapa banyaknya manfaat yang mereka dapatkan. Bukannya bertambah pengeluaran mereka tapi justru sebaliknya. Mereka lebih bisa berhemat.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan wisata di Eropa, Anda diwajibkan memiliki Visa Schengen. Ini ada kaitannya dengan asuransi.

Memang tidak semua negara di Eropa mewajibkan para pelancong memiliki Visa Schengen. Hanya beberapa saja. Namun, ternyata banyak manfaatnya lho.

Apa Itu Visa Schengen?

Jika Anda seorang traveler yang suka pergi ke Eropa, pasti sudah tahu apa itu Visa Schengen. Ini adalah visa yang Anda perlukan agar Anda bisa lebih mudah berkeliling seluruh Negara Uni Eropa.

Dengan memiliki Visa ini, Anda tidak perlu lagi mengurus perijinan di perbatasan antara negara Eropa. Contohnya saja, jika Anda beberapa hari libur di Belanda dan ingin Jerman, Anda tidak perlu mengurus perijinan masuk ke Jerman. Tidak perlu pula membayar administrasi. Jadi, lebih hemat, bukan?

Visa ini bisa digunakan di hampir seluruh Negara Eropa, mulai dari Jerman, Belanda, Hungaria, Slovakia, Spanyol, hingga Portugal. Jadi, jika Anda ingin berlibur mengelilingi Eropa, Anda harus punya Visa Schengen ini. 

Lalu, bagaimana cara mendapatkan Visa ini? Ada beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi. Salah satunya surat polis asuransi perjalanan ke luar negeri.

Syarat Pengajuan Visa Schengen

Yakin mau traveling ke Eropa? Jika sudah yakin, Anda perlu mengajukan Visa Schengen. Prosedurnya sangat mudah kok. Berikut ini langkah-langkah yang Anda perlu lakukan.

Mengisi Formulir Pengajuan Visa Schengen 

Di mana Anda bisa mendapatkan visa ini? Anda bisa mengunjungi situs kedutaan besar negara Eropa yang bakal Anda kunjungi pertama kali. Atau Anda bisa langsung datang ke keduataan besar tersebut.

Mintalah formulir pengajuan Visa. Isi data diri Anda selengkap mungkin.

Siapkan Paspor

Yang perlu disiapkan lagi adalah paspor. Pastikan paspor Anda masih berlaku setidaknya 6 bulan ya. Dan minimal ada 2 halaman visa yang masih kosong.

Bukti Tinggal

Anda juga harus menunjukkan bukti tinggal. Dalam hal ini, Anda bisa gunakan fotocopy Visa atau Paspor.

Bukti Perjalanan

Ini juga sangat penting. Anda perlu membuat rencana perjalanan Anda selama di Eropa. Ini digunakan sebagai penjelasan berapa lama Anda akan melakukan perjalanan wisata ke Eropa

Bagaimana Anda bisa membuktikan hal tersebut? Salah satunya dengan menunjukkan bukti booking hotel. Atau jika Anda ke Eropa dalam rangka kerja, Anda bisa tunjukkan surat kerja dari perusahaan.

Dokumen Kembali ke Tanah Air

Ini juga tak kalah penting. Anda juga perlu mengajukan dokumen yang menyatakan kapan Anda akan pulang ke tanah air. Ini biasanya dimiliki oleh pekerja yang punya tugas ke Eropa, studi tur, student exchange, dan acara resmi lainnya.

Dokumen Asuransi Perjalanan 

Anda juga harus tunjukkan polis asuransi perjalanan ke luar negeri. Jika Anda tidak memiliki dokumen ini, pengajuan Visa Schengen tidak akan diterima.

Kira-kira mana dokumen yang perlu Anda miliki?

Mengapa Asuransi Perjalanan Itu Penting?

Banyak orang yang menyepelekan hal ini. Apalagi jika tidak ada kewajiban untuk memiliki asuransi perjalanan. Kebanyakan pelancong akan berwisata begitu saja tanpa memiliki asuransi.

Lain jika ke Eropa. Mau tidak mau, Anda harus punya asuransi perjalanan ke luar negeri. Karena ini menjadi salah satu syarat pengajukan Visa Schengen.

Seharusnya, ini bukan dianggap sebagai kewajiban tapi kebutuhan. Pasalnya, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memiliki asuransi.

Apa saja yang ditanggung ketika Anda memiliki asuransi perjalanan?

  • Barang Bawaan 

Tidak ada yang tahu jika Anda mengalami hal buruk saat liburan. Contohnya saja koper Anda dicuri orang. 

Anda bisa saja lapor kepada petugas keamanan atau polisi setempat. Namun, tidak semudah itu. Ingat. Anda berada di negeri orang. Jika Anda punya asuransi perjalanan, pihak asuransi yang akan menanggung kerugian tersebut.

  • Kesehatan 

Eropa memiliki iklim yang berbeda dengan Indonesia. Karena perbedaan iklim tersebut, bisa saja Anda mudah sakit saat traveling. 

Dan Anda harus tahu. Biaya rumah sakit di Eropa sangat mahal. Tabungan Anda bisa habis jika Anda tidak memiliki asuransi perjalanan ke luar negeri. 

  • Ganti Rugi Keterlambatan 

Saat cuaca tidak bersahabat, bisa saja pesawat mengalami delay. Dan ini bisa mencapai 12 jam. Otomatis, Anda harus mencari tempat menginap.

Itu artinya Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar hotel. Anda tidak perlu khawatir jika punya asuransi perjalanan. Ganti rugi tersebut bisa dihandle oleh pihak asuransi. Anda hanya perlu mengajukan klaim. Itu saja.

Jadi, kapan Anda berencana berlibur ke Eropa? Jangan hanya mengunjungi satu negara Eropa saja. Luangkan waktu setidaknya satu minggu untuk berkeliling Eropa. Manjakan diri Anda di Negara-Negara Eropa.

Untuk memastikan perjalanan wisata Anda menyenangkan, miliki asuransi perjalanan ke Luar Negeri. Anda tinggal kunjungi situs laman produk cekpremi. Masukkan data yang diperlukan lalu Anda akan mendapatkan asuransi perjalanan dengan premi yang terjangkau.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *