Menikmati Pesona Wisata Ngiroboyo di Pacitan

Ngiroboyo

Setiap kota di Provinsi Jawa Timur punya banyak pilihan tempat wisata alam dengan pemandangan yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pacitan yang terletak di bagian selatan barat daya Provinsi Jawa Timur. Di kota tersebut, ada wisata alam Pantai Ngiroboyo yang dikenal sebagai pantai dengan panorama alam yang memukau.

Pacitan terdiri dari 85% wilayah perbukitan dengan kurang lebih 300 gunung kecil yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten tersebut. Selain itu, kabupaten ini juga terletak di pinggir laut selatan sehingga ada banyak wisata pantai di Pacitan. Kabupaten Pacitan juga termasuk Pegunungan Seribu yang membujur di selatan Pulau Jawa.

Daya Tarik Wisata Pantai Ngiroboyo

Bagi beberapa orang, nama Pantai Ngiroboyo mungkin masih terdengar asing. Padahal tempat wisata tersebut mulai banyak dikenal oleh masyarakat Pacitan dan sekitarnya. Pantai ini juga sudah menjadi tujuan wisata wajib saat ke Pacitan. Jika Anda belum banyak tahu tentang tempat wisata ini, simak informasi berikut ini.

  • Pantai Berpasir Hitam yang Eksotis

Keindahan wisata pantai bisa dilihat dari warna pasirnya. Pantai dengan pasir putih terlihat indah, namun pantai dengan pasir hitam juga tak kalah bagus. Pesona itu juga yang akan Anda temukan saat datang ke Pantai Ngiroboyo. Hamparan pasir hitam di sepanjang pantai membuatnya terlihat semakin eksotis.

Pasir hitam di pantai ini akan terlihat lebih indah saat terkena sinar matahari. Pantulan yang dihasilkan memperlihatkan kilau hitam yang memesona. Tak heran jika pantai ini sering diibaratkan seperti mutiara hitam, yang tersembunyi dan tidak terlihat namun tetap memancarkan kecantikan yang memukau.

Kawasan wisata Ngiroboyo berlokasi di Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Pengunjung bisa datang kapan saja ke tempat wisata ini karena dibuka selama 24 jam. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini dan menikmati keindahannya, pengunjung dikenakan tarif Rp5.000 per orang.

  • Rute Jalan yang Ekstrem

Berbicara tentang pantai di Pacitan, nama Pantai Klayar pasti sering disebut. Ternyata kawasan Pantai Ngiroboyo terletak tidak jauh dari Pantai Klayar yang terkenal itu. Dari pertigaan masuk Pantai Klayar, Anda bisa mengambil jalan lurus sampai bertemu petunjuk arah ke Ngiroboyo di pertigaan berikutnya.

Terdapat jalur alternatif untuk sampai ke pantai ini agar waktu tempuh bisa lebih singkat. Anda bisa memilih rute dari jalur Pantai Watu Karang. Anda perlu lebih hati-hati karena rute ini berupa jalanan yang banyak tikungan dan tanjakan tajam. Pastikan Anda menggunakan kendaraan yang kondisinya bagus untuk sampai ke pantai ini.

Sementara jika Anda memilih jalur wisata Goa Gong, Anda bisa melewati pertigaan Kecamatan Punung atau sebelah barat SPBU Punung. Lanjutkan dengan memilih jalur ke arah wisata Goa Gong yang juga menuju ke Pantai Klayar. Ikuti terus jalur tersebut hingga menemukan petunjuk jalan ke Pantai Ngiroboyo.

  • Pantai dengan Banyak Keunikan

Di kawasan wisata Ngiroboyo, pengunjung tidak hanya akan dimanjakan oleh pemandangan pantai dan laut. Anda juga bisa menjumpai sebuah sungai yang unik karena sungai tersebut merupakan pertemuan antara air tawar dan air laut. Sungai tersebut bernama Sungai Maron yang bermuara di pantai. Pengunjung bisa menyusuri sungai tersebut dengan perahu.

Spot lain yang jadi favorit pengunjung di pantai ini adalah sebuah gardu pandang yang tepatnya berada di perbukitan batuan kapur. Dari gardu pandang ini, Anda dapat menikmati panorama pantai dari ketinggian. Anda bisa menyaksikan langsung lautan luas dengan hiasan perbukitan kapur dan ombak yang besar.

  • Banyak Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Tidak hanya puas menikmati pemandangan yang indah, pengunjung juga bisa melakukan banyak aktivitas seru. Salah satunya adalah memancing. Bagi Anda yang hobi memancing, pantai ini bisa jadi tempat terbaik untuk menyalurkan kegemaran tersebut. Anda bisa membawa peralatan memancing sendiri dari rumah.

Karena terpesona akan keindahan Pantai Ngiroboyo, banyak pengunjung yang akhirnya memutuskan untuk berkemah. Mereka mendirikan tenda-tenda di tepi pantai untuk bermalam. Aktivitas berkemah di tepi pantai ini sangat cocok bagi pengunjung yang suka tantangan dan bertualang.

  • Dilengkapi Fasilitas yang Memadai

Berlibur ke Pantai Ngiroboyo dijamin akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pendukung bisa menikmati waktu sepuasnya dengan sangat nyaman, karena pantai ini sudah dilengkapi fasilitas yang memadai. Termasuk di antaranya adalah kamar mandi air tawar yang bisa dipakai untuk membersihkan badan sesuai bermain dan berenang di pantai.

Ada pula mushola untuk kebutuhan ibadah pengunjung. Pengunjung yang membawa kendaraan juga bisa berlibur tanpa rasa cemas karena tersedia area parkir yang luas dan aman. Di sekitar pantai, banyak berdiri warung-warung makan yang menyediakan berbagai menu hidangan dengan cita rasa nikmat.

Meski sinar matahari sedang sangat terik, Anda tetap bisa merasa nyaman di pinggir pantai. Ada gazebo yang bisa Anda manfaatkan untuk berteduh dan beristirahat sejenak. Sambil menikmati semilir angin yang bertiup, dijamin akan membuat waktu berlalu lebih cepat. Maka tidak cukup berlibur di pantai ini hanya beberapa jam saja.

  • Pemandangan Sunset yang Memukau

Banyak orang sepakat bahwa waktu terbaik untuk datang ke Pantai Ngiroboyo adalah saat sore hari. Di waktu tersebut, Anda bisa menyaksikan langsung matahari terbenam yang seolah tenggelam di laut. Pemandangan menjelang waktu petang ini menjadi salah satu momen favorit banyak pengunjung.

Jangan lupa untuk membawa kamera saat berkunjung ke pantai ini. Banyak spot yang bisa Anda abadikan dengan kamera, mulai dari latar belakang pantai dan langit, gardu pandang, sungai hingga pepohonan di sekitarnya. Pemandangan sunset juga jangan sampai terlewat untuk difoto.

Sejumlah daya tarik Pantai Ngiroboyo di Pacitan menjadi alasan banyak orang datang ke tempat ini. Terbukti pula bahwa keindahan alam di pantai ini memang menakjubkan sehingga banyak wisatawan yang datang untuk kesekian kalinya. Jika Anda ada rencana untuk berkunjung ke Pacitan, jangan lupa untuk mampir ke pantai ini.

Ketika menempuh perjalanan baik untuk liburan atau kepentingan lainnya, Anda tentu harus mengutamakan kenyamanan dan keamanan. Selain memastikan keamanan kendaraan serta kondisi badan, keamanan perjalanan juga semakin terjamin dengan adanya asuransi perjalanan. Segera kunjungi cekpremi.com untuk memperoleh informasi lengkap tentang produk asuransi yang Anda butuhkan.

Referensi:

IDN Times

Pacitanku

Pesisir