Obat herbal Atau Obat Medis, Pilih Mana?

Image Source http://anekakeripikmalang.com/
Image Source http://anekakeripikmalang.com/

Dalam memutuskan pengobatan dan obat apa yang akan kita digunakan, obat herbal atau obat medis, yang harus dipikirkan adalah kebutuhan dan situasi serta kondisi yang sedang dihadapi. Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah reaksi dan cara kerja yang berbeda antara kedua obat tersebut..

Obat herbal adalah obat yang berasal dari tanaman yang diolah tradisional, secara turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Pengertian obat tradisional berdasarkan Peraturan Menteri kesehatan Nomor 246/Menkes/Per/V/1990 Pasal 1 menyebutkan bahwa : pengertian obat herbal atau Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan galenik atau campuran dan bahan-bahan tersebut, yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman. Sedangkan obat medis adalah Obat medis adalah obat modern yang dibuat dari bahan sintetik ataupun bahan alam yang diolah secara modern dan digunakan serta diresepkan dokter dan kalangan medis untuk mengobati penyakit tertentu

Diantara kedua obat tersebut kita ketahui pasti ada kelebihan dan kekurangan baik obat herbal maupun obat dokter. Obat herbal mempunyai kelebihan yaitu Tidak ada efek samping jika digunakan pada dosis normal, Efektif bahkan untuk penyakit yang sulit diobati secara medis, Harga murah dan dapat ditanam sendiri. Aplikasinya lebih sederhana. Namun disisi lain obat herbal juga memiliki kekurangan yaitu Kebanyakan obat herbal masih dengan komposisi originalnya yang sangat kompleks (satu jenis tanaman masih mengandung berbagai jenis zat, belum diekstrak per unsur).

Minimnya uji klinis dan Efek terapi akan terasa lebih lama juga merupakan kekurangan dari obat herbal. Sedangkan pada obat medis memiliki kelebihan yaitu cara kerja dari obat medis ini cepat sehingga kebanyakan masyarakat lebih memilih obat medis. Kemudian kekurangan obat medis ini terdapat pada efek samping yang diberikan kepada tubuh. Sering kurang efektif untuk penyekit tertentu. Dan harganya yang relative mahal.

 

 

ads banner design new-03

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

August 13, 2015

Posted In: Health, Tips & Tricks

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami