Awas Wabah DBD, Berikut Ini Obat Herbal Untuk Mengobati Demam Berdarah

mengobati demam berdarah
image source the guardian

DBD atau demam dengue adalah suatu jenis penyakit yang terbilang cukup berbahaya dan mematikan jika tidak segera di lakukan penyembuhan secepatnya. Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dengan menyebarkan virus dengue ke tubuh manusia.

Ada 3 hal yang membuat penyakit ini menjadi berbahaya dan mengancam jiwa yaitu diantaranya adalah demam bedarah yang bisa membuat pendarahan pada tubuh, menyebabkan saluran yang mengalirkan darah menjadi bocor (Pembuluh dara menjadi bocor), dan trombosit darah menurun hal ini disebabkan darah membeku. Bukan hanya itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan adanya sindrom renjat dengue, dimana sindrom ini akan menyebabkan tekanan darah menjadi rendah dan tentunya akan sangat berbahaya.

Penyakit yang sudah ada sejak 1960-an ini telah ada di lebih dari 110 negara di dunia dan menyerang 50-100 juta orang/tahunnya. Sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah adanya virus dengue masuk kedalam tubuh manusia, akan tetapi para ahli selalu mencari tahu bagaimana agar tidak terkena virus ini, salah satunya ialah minimal tidak terkena gigitan nyamuk. Caranya ialah dengan memperkecil aadanya habitat nyamuk pada lingkungan sekitar tempat tinggal.

Namun, walaupun tidak ada vaksin untuk virus ini anda tidak perlu khawatir karena ada obat untuk mengobati penyakit ini. Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang akan anda keluarkan untuk mengobati penyakit karena cekup dengan obat herbal alami yang anda buat sendiri dan di konsumsi secara rutin dapat membantu mengobati penyakit demak berdarah ini.

Berikut ini adalah obat herbal untuk mengobati demam berdarah :

Air Kelapa

obat DBD
image source draxe

Air kelapa berfungsi untuk menaikkan trombosit karena air kelapa mengandung elektrolit yang baik sehingga dapat membantu memperlancar aliran darah dan mengurangi adanya resiko penggumpalan darah. Bukan hanya itu, air kelapa juga kaya akan protein, asam amino, karbohidrat dan berbagai macam mineral yang baik dan penting dalam kesehatan tubuh. Bagi anda yang ingin menggunakan obat ini untuk demam berdarah jangan lupa untuk menambahkan NaCl  agar tidak menyebabkan badan si penderita menjadi lemas yang disebabkan air kelapa mengandung kalium yang dapat melemaskan semua otot termasuk juga otot jantung.

Daun Dewa

obat dbd
image source pertanianku

Daun yang memiliki kandungan kimiawi yang baik bagi tubuh ini memiliki bentuk layaknya seperti semak. Kandungan kimiawi yang bermanfaat tersebut ialah seperti Minyak atsiri, Flavonoid, tannin dan saponin. Yang membuat daun ini bisa mengobati demam berdarah adalah karena zat-zat tersebut memiliki manfaat untuk mencairkan bekuan darah atau yang disebut anticoagulant, menghilangkan panas pada tubuh, dapat menghentikan pendarahan dan juga membersihkan racun dalam tubuh.

Jambu Biji

jambu biji
image source sentrashop

Jambu biji adalah bhuah yang kaya akan vitamin C nya yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh  sehingga dapat melawan bakteri yang masuk. Selain jambu bijji memiliki kandungan sebagai sumber potassium yang berfungsi untuk membuat tekanan darah menjadi lebih baik, sehingga dapat menyembuhkan luka secara cepat, anda dapat menjus jambu ini jika ingin mengkonsumsinya dan terasa lebih nikmat.

Biji Meniran

biji meniran
image source sinarharapan

Daun meniran ialah sejenis tanaman liar yang hidup di tanah gembur pebuh dnegan pasir, lading, tepian sungai dan juga pantai, tidak heran jika tumbuhan ini tumbuh di ketinggian 1 hingga 1000 mdpl. Meniran mengandung senyawa flavonoid (kuersetin, kuersitrin, astragalin, isokuersitrin, kaemferol dan senyawa lainnya yang bermanfaat) dan juga lignin (filantin, hipofilantin, nirantin, nirteralin norsekurinin, sekurinin dan lainya). Senyawa-senyawa tersebut dapat menjadi antivitus terbaik untuk mengobati demam berdarah. Cara mengkonsumsinya untuk pengobatan ialah dengan merebus biji tumbuhan tersebut, setelah itu konsumsilah air hasil rebusan tersebut secara rutin hingga trombosit menjadi normal kembali.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

February 15, 2016

Posted In: Health, Tips & Tricks

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami