Bosan Dengan Olahraga di Darat? Cobain 5 Olahraga Air yang Bikin Sehat ini!

Jun - 08
2021
olahraga air

Bosan Dengan Olahraga di Darat? Cobain 5 Olahraga Air yang Bikin Sehat ini!

Untuk menjaga kesehatan agar tetap fit, Anda perlu memenuhi asupan gizi harian, menerapkan pola hidup sehat, istirahat yang cukup, dan olahraga secara rutin. Hal terakhir ini yang kadang sering diabaikan karena alasan malas atau mager. Padahal selain untuk kesehatan, olahraga juga bisa menghasilkan hormon endorphin yang membuat kita merasa bahagia. Kalau bosan dengan olahraga lari atau sepeda, Anda bisa mencoba olahraga air yang pastinya lebih seru.

5 Pilihan Olahraga Air yang Seru dan Bikin Sehat 

1. Berenang

manfaat berenang

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Olahraga ini memang yang paling mainstream dan mudah untuk dilakukan. Jika dilakukan secara benar dan rutin, berenang mampu membuat tubuh lebih kuat, sistem pernapasan lancar, dan membentuk otot karena hampir seluruh otot dalam tubuh digunakan Berenang juga bisa menjadi alternatif latihan kardio yang seru untuk Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan. 

Untuk latihan renang dengan serius, Anda bisa menyewa jasa private trainer atau berlatih sendiri secara rutin. Sebagai informasi, olahraga renang adalah salah satu skill penting untuk mengikuti cabang olahraga triathlon lho.

2. Snorkeling dan Scuba Diving

snorkeling

Untuk Anda yang ingin mencari tantangan baru, bisa mencoba snorkeling atau scuba diving. Kedua olahraga air ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama menghindari penyakit yang berhubungan dengan jantung dan menurunkan risiko Anda terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung. 

Untuk snorkeling bisa dilakukan oleh pemula maupun profesional, namun untuk scuba diving sebaiknya dilakukan jika Anda sudah berpengalaman atau didampingi instruktur. Scuba diving memiliki risiko yang cukup fatal, terutama jika Anda memiliki kelainan jantung. Ada kemungkinan bisa terjadi bradiaritmia dimana detak jantung yang sangat pelan dan tidak beraturan dan takiaritmia yaitu detak jantung sangat kencang dan tidak beraturan. 

3. Kayaking

kayaking olahraga air

Untuk yang ingin olahraga sekaligus rekreasi, bisa mencoba kayaking atau kayak. Anda bisa menyusuri sungai ataupun laut dengan perahu kecil. Bentuknya unik dengan kedua ujung kano berbentuk lancip.. Sebagaimana dengan olahraga dayung lainnya, kano juga menggunakan dayung yang akan digerakkan oleh penggunanya.

Umumnya, dayung yang digunakan terdiri dari satu blade sehingga untuk menggerakkannya melibatkan gerakan mengayuh, yang dapat meningkatkan kemampuan kardiovaskuler, kekuatan otot, tulang belakang, tangan, bahu, dada, serta otot pada tubuh bagian atas pada umumnya.

4. Surfing

surfing

Untuk yang menyukai tantangan dan ombak, olahraga surfing bisa menjadi pilihan. Gerakan dasar yang digunakan adalah mengayuh dan berselancar. Sehingga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti menyehatkan sistem kardiovaskuler, melatih kekuatan bahu dan tulang belakang dari mengayuh, serta menguatkan tubuh bagian bawah ketika berselancar.

Surfing dilakukan di laut lepas dengan ombak yang besar sehingga wajib untuk bisa berenang sebelum belajar surfing. Jika dibutuhkan, Anda bisa memilih pelatih profesional untuk mengajari teknik olahraga ini dan bagaimana menghadapi ombak.

5. Polo Air 

polo air

Polo air termasuk kategori olahraga air yang sudah dipertandingkan dalam Pentas Olahraga Nasional, yaitu sejak tahun 1948. Namun, masih banyak lho orang yang belum mengetahui banyak tentang olahraga ini. Polo air merupakan kombinasi dari renang, sepak bola, bola basket dan gulat. Pemainnya beregu yang terdiri dari 6 pemain ditambah 1 penjaga gawang.

Peraturan dalam olahraga ini adalah masing-masing regu harus dapat memasukkan bola ke gawang regu lawan, dan yang memiliki poin terbanyak akan menjadi pemenangnya. Secara fisik, polo air dapat meningkatkan stamina dan tenaga, membentuk badan, menguatkan tubuh bagian bawah.

Pilihan olahraga air di atas bisa dijadikan referensi untuk Anda yang ingin mencoba tantangan baru dan menjalani gaya hidup sehat. Untuk perlindungan diri, miliki juga asuransi kesehatan yang mengcover semua biaya kesehatan Anda. Dapatkan penawarannya hanya di Cekpremi.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *