5 Penyebab Telinga Tersumbat, Ini Cara Mengatasinya!

Jul - 31
2021
telinga tersumbat

5 Penyebab Telinga Tersumbat, Ini Cara Mengatasinya!

Telinga yang tersumbat pastinya sangat mengganggu rutinitas kegiatan sehari-hari. Berbagai kemungkinan penyebab bisa saja terjadi, entah telinga kemasukan air ataupun terkena tusukan benda tajam. Nah daripada kalian penasaran, yuk simak 5 penyebab telinga tersumbat lengkap dengan solusinya di artikel ini!

5 penyebab telinga tersumbat

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang mungkin terjadi saat telinga kalian tersumbat yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber:

1. Kotoran yang menumpuk

Penyebab pertama yang paling sering terjadi adalah karena penumpukan kotoran. Kotoran bisa menumpuk karena air yang terperangkap di telinga dan kemudian air tersebut lama kelamaan menjadi kotoran. Segera bersihkan dengan cotton bud agar telinga tidak tersumbat.

2. Infeksi telinga tengah

Alasan utama mengapa hal ini bisa terjadi adalah penumpukan cairan atau terjadinya infeksi pada telinga. Kejadian seperti ini biasanya terjadi pada anak dan bayi. Jika hal ini terjadi segera datangi klinik atau rumah sakit terdekat untuk segera mendapat penanganan.

3. Mendengar suara keras

Mendengar suara keras dari jarak dekat bisa menyebabkan telinga terasa seperti tersumbat. Jika hal ini terjadi pada kalian, jangan khawatir karena seiring berjalan waktu telinga akan sembuh dengan sendirinya.

4. Tinnitus

Jika kalian merasakan telinga tersumbat disertai dengan gejala dengingan pada telinga, maka kemungkinan besar itu merupakan gejala tinnitus. Penyebab terjadinya tinnitus adalah karena mendengar suara keras dan juga menggunakan obat-obatan antiradang non-steroid.

5. Penyakit meniere

Jika telinga terasa berdenging, sering mengalami vertigo dan telinga terasa ditekan, maka besar kemungkinan kalian menderita penyakit meniere. Segera kunjungi dokter THT agar mendapatkan penanganan supaya penyakit tidak semakin parah.

Solusi mengatasi telinga tersumbat yang mudah untuk dilakukan di rumah

Kalian bisa melakukan upaya berikut agar telinga tidak tersumbat, namun jika gejala semakin parah segera kunjungi dokter spesialis THT.

1. Kompres dengan air hangat

Siapkan handuk kecil lalu basahkan handuk dengan air panas. Jika sudah, tempelkan handuk ke telinga yang tersumbat. Ulangi terus selama beberapa menit hingga telinga membaik.

2. Teteskan baby oil

Solusi satu ini hanya dapat kalian lakukan jika penyebab telinga tersumbat adalah karena kotoran yang menumpuk. Kalian bisa teteskan baby oil menggunakan pipet dan tahan posisi tubuh selama 5-10 detik. Lakukan hal ini sebanyak 5 kali sehari sampai telinga membaik.

3. Miringkan kepala atau gunakan hairdryer

Jika telinga kemasukan air dan tersumbat, maka kalian bisa memiringkan badan selama beberapa menit hingga air keluar dari telinga. Atau kalian juga bisa menggunakan hairdryer untuk membuat air keluar dari telinga.

4. Minum obat dekongestan

Obat ini cocok dikonsumsi jika penyebab telinga tersumbat adalah karena flu ataupun penerbangan. Minum sesuai dengan anjuran yang terdapat di kemasan obat, maka telinga akan membaik dan tidak tersumbat lagi.

 

Pastikan biaya berobat terlindungi dengan adanya asuransi!

Kesehatan merupakan hal termahal yang ada di dalam hidup seseorang. Jika tubuh terkena penyakit tentunya bisa menghalangi aktivitas-aktivitas kita, oleh karena itulah biasanya biaya berobat tidaklah murah.

Kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke BPJS untuk keringanan biaya berobat, namun BPJS sayangnya tidak memberikan akses ke semua obat yang tersedia di dunia medis, oleh karena itu pastikan juga untuk mendaftarkan diri kalian ke asuransi kesehatan milik swasta! Kalian bisa mendapatkan keuntungan yang tidak kalian dapatkan dari BPJS loh.

Pilih dan bandingkan berbagai produk asuransi kesehatan yang terpercaya hanya di Cekpremi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid