Olahraga Ringan di Rumah Saat Pandemi

olahraga di rumah

Olahraga adalah sesuatu yang perlu dilakukan  oleh semua orang baik muda maupun tua, baik laki – laki ataupun perempuan. Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga, olahraga memberikan banyak manfaat seperti mood booster, peningkatan fungsi otak, dan yang terpenting menjaga tubuh tetap sehat. Jika ingin berolahraga kamu dapat mengunjungi tempat – tempat yang menyediakan fasilitas olahraga seperti gym atau bahkan memulai olahraga ringan di rumah.

Melakukan olahraga ringan di rumah tentu memiliki tantangan tersendiri. Terkadang kita merasa alat yang kurang lengkap atau waktu yang kurang disiplin menjadi kendala untuk memulainya. Kamu tak perlu bingung lagi, artikel ini akan membahas olahraga apa saja yang dapat kamu lakukan dirumah dengan peralatan sederhana atau bahkan tanpa alat sekalipun.

Yuk, simak olahraga apa saja yang dapat kamu lakukan dirumah.

1. Plank 

Melakukan olahraga ini tidak memerlukan alat hanya membutuhkan sedikit ruang. Posisikan tubuh kamu tengkurap serta tekuk kedua tangan dengan siku menyentuh lantai untuk menahan tubuh kamu dan ujung kaki menyentuh lantai seperti posisi menjinjit. Pertahankan posisi tersebut selama 30 detik hingga 1 menit. Istirahatlah selama 1 menit dan lakukan kembali, lakukanlah secara teratur misalnya kamu melakukan plank selama 30 detik lalu istirahatlah selama 1 menit kemudian dilanjut lagi dengan tempo yang sama. Jangan terlalu  memaksakan diri lakukanlah semampu kamu tapi secara rutin. Olahraga ini dapat membantu melatih otot perut, bahu, punggung bawah, paha dan dada.

2. Gerakan duduk – berdiri

Untuk melakukan olahraga ini kamu harus menyiapkan kursi sebagai alat bantu. Selanjutnya kamu hanya perlu duduk selama 3 detik, lalu berdiri. Ulangi gerakan tersebut sesuai irama selama 5 menit. Saat duduk kamu perlu memastikan tidak bersandar, tubuh harus tegak, pastikan otot perut terkunci, dan pandangan kamu lurus ke depan.

3. Jogging

Selain melakukan di lapangan, treadmill, kamu juga bisa melakukannya dirumah tanpa ribet. Ada beberapa variasi jogging yang dapat kamu lakukan dirumah.

  • Jalan di Tempat

Kamu dapat melakukan gerakan ini dengan mengangkat paha lebih tinggi usahakan membentuk siku – siku agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu juga dapat meningkatkan tempo sesuai yang kamu inginkan, lakukanlah semampumu.

  • Lari di Halaman

Carilah halaman didepan rumah atau tempat yang sedikit lapang agar bisa melakukan olahraga ini.

  • Naik – Turun Tangga

jogging variasi yang satu ini dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan tangga yang ada di rumah kamu. Kamu cukup berjalan menaiki tangga dan menuruni tangga seperti jalan biasa. Lakukan gerakan ini secara berulang dan kamu boleh menaikan tempo berjalan sedikit lebih cepat seperti berlari. Lakukan secara hati – hati ya guys.

4. Jumping Jack

Gerakan ini juga mudah kamu lakukan tanpa alat apapun, kamu hanya perlu berdiri serta posisi tangan kamu di samping paha. Lalu lompatlah serentak dengan mengangkat kedua lengan kamu hingga di atas kepala dan sambil merentangkan kaki selebar bahu. Lakukan gerakan ini berulang selama 30 detik.

5. Wall – sit

Melakukan olahraga ini cukup memanfaatkan dinding, berdirilah membelakangi dinding lalu turunkan badan dengan menekuk lutut sehingga tubuh seperti sedang duduk di kursi. Pertahankan hingga 3 detik lalu berdiri. Ulangi gerakan tersebut semampu kamu.

6. Sit – up

Gerakan sit – up dilakukan dengan posisi berbaring dengan posisi kaki ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Atau kamu juga dapat melakukan dengan posisi kaki lurus, tangan diluruskan ke depan atau disilangkan didepan dada atau ditekuk dengan posisi telapak tangan tepat di belakang kepala. Cobalah angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut lalu turunkan ke posisi semula. Bagi sebagian orang gerakan ini lumayan susah dilakukan di awal, oleh sebab itu kamu dapat menahan kaki agar dapat mengangkat tubuh kamu secara lebih leluasa.

7. Push – up

Olahraga ringan yang satu ini sangat mudah dilakukan dengan ruang secukupnya. Posisikan tubuh kamu tengkurap dengan kedua tangan menyentuh lantai untuk menahan tubuh kamu.

Perhatikan kaki kamu tetap lurus dan perlahan turunkan badan bagian bawah secara perlahan tanpa menyentuh lantai dan menaikkan kembali badan kamu ke posisi semula. Lakukanlah gerakan ini sebanyak 10 hingga 20 kali atau selama 3 sampai 7 menit. 

Nah, itulah beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan di rumah, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga. Sedikit tips, jangan lakukan secara berlebihan karena dapat membuat kamu mudah jenuh dan berat untuk kamu lakukan lagi di hari berikutnya. Jadi berhentilah berolahraga ketika kamu pada keadaan tidak terlalu capek untuk memunculkan rasa ingin berolahraga lagi.

Selain olahraga, mendaftarkan asuransi kesehatan merupakan langkah untuk menjamin kesehatan kamu, berikut cara, syarat, dan rekomendasi asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Cara Memilih Asuransi Kesehatan

Dalam memilih asuransi kesehatan kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Memahami jenis – jenis asuransi
  2. Menyesuaikan dengan kebutuhan
  3. mengetahui manfaatnya
  4. Memahami produk asuransi yang akan dipilih
  5. Membuat anggaran khusus untuk asuransi

Setelah syarat-syarat tersebut terpenuhi dan sudah mendaftar asuransi, maka bayarlah premi sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat

Tertarik mulai mendaftar asuransi kesehatan tetapi masih bingung cara mendapatkan rekomendasi asuransi kesehatan terbaik? Kamu bisa mengunjungi  Cekpremi dan memilih asuransi kesehatan yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan

Apa itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah pertanggungan terhadap biaya pengobatan seperti rawat inap atau rawat perjalanan bagi anggota asuransi yang jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Mengapa kita perlu Asuransi Kesehatan?

Karena dengan adanya asuransi kesehatan kamu bisa mendapatkan pertanggungan dan perlindungan kesehatan untuk Kamu dan keluarga. Jika suatu saat Kamu dan keluarga membutuhkan pengobatan, asuransi akan menanggung kebutuhan kamu.