Oli Gardan Mobil, Inilah Keuntungan Rutin Perawatannya

gardan

Oli gardan mobil merupakan kebutuhan kendaraan yang cukup penting. Kalau ini tidak tersedia apalagi tekor, tentu kendaraan akan mengalami masalah. Termasuk suara terlalu berisik hingga menimbulkan kerusakan yang parah. Maka dari itu, oli gardan juga perlu diperhatikan selain oli yang biasa. 

Sayangnya, pemilik mobil kadang mengindahkan kebutuhan terhadap oli gardan. Sehingga yang menjadi fokus mereka hanya oli mobil yang konvensional saja. Makanya, ketika mobil mengalami kerusakan, kadang penyebabnya oli gardan yang kehabisan. Untuk itu, kamu harus tahu apa itu oli gardan beserta manfaat jika dirawat dengan rutin. 

Pengertian Oli Gardan Mobil

Salah satu komponen mobil ada yang disebut box gardan. Nah, di dalam box tersebut terdapat kontak gigi. Komponen ini harus dilumasi untuk mencegah terjadinya aus dan semacamnya. Sedangkan pelumas-nya disebut dengan istilah oli gardan. Karena kontak gigi merupakan komponen penting, tentu oli ini juga penting untuk terus diisi. 

Pengisian oli gardan mobil tergantung jarak tempuh kendaraan. Kamu juga harus berpatokan pada kalkulasi ini dan jangan sampai melebihi atau menguranginya. Biasanya, oli harus diisi ketika mobil sudah mencapai minimal 20 ribu km. Sedangkan maksimal pengisian adalah 40 ribu km. 

Keuntungan Oli Gardan yang Dirawat dengan Baik

Tidak dimungkiri, manfaat oli gardan memang tidak se-vital oli biasa. Akan tetapi oli semacam ini tetap ada keuntungannya jika dirawat dengan baik. Dan bukan tidak mungkin, kesalahan perawatan juga bisa memicu kerusakan mesin. Ini dia keuntungan-keuntungan yang dimaksud:

1. Suara Kendaraan Lebih Halus

Jika oli gardan dirawat dengan baik, suara kendaraan akan lebih halus. Sebab, pergesekan antara komponen gear tidak akan menimbulkan suara bising. Karena sudah ada pelumas yang menempel di permukaannya. Sehingga yang bergesekan hanya pelumas saja yang terkenal licin. 

Jika kamu teliti, biasanya suara bising muncul dari box gardan. Dan bisa dipastikan, penyebabnya adalah oli gardan yang tekor. Makanya, silakan lakukan perawatan dengan baik dan rutin. Itu pun kalau masih ingin memiliki mobil dengan suara yang bersih. 

2. Suhu Mobil Tidak Cepat Panas

Kalau oli gardan mobil diisi dengan rutin, suhu kendaraan akan terus stabil. Bahkan, proses pendinginan kendaraan berjalan dalam waktu yang lama. Ini yang menjadi alasan mengapa oli ini bisa mencegah terjadinya overheat. Atau pemanasan kendaraan yang ekstrim. 

Jangan biarkan box gardan mobil mengalami overheat. Karena komponen ini bisa memuai dan akan menimbulkan berbagai masalah. Hal ini kadang disebabkan oleh oli gardan yang tidak diisi dengan rutin. Sehingga terjadi gangguan pada waktu terjadi gesekan antar gear. 

3. Laju Kendaraan Lebih Stabil

Keuntungan mengisi oli gardan mobil dengan rutin berikutnya ialah, laju kendaraan lebih stabil. Hal ini dikarenakan gesekan antara gear juga lancar yang disebabkan oleh penuhnya pelumas. Jika oli tekor tentu komponen rawan kering sehingga gesekan menjadi terhambat. Akibatnya laju mobil pun menjadi tersendat. 

Jika laju kendaraan stabil, tentu kamu bisa menyetir dengan nyaman. Dan juga tidak perlu khawatir dengan terjadinya kemacetan mesin di tengah perjalanan. Terutama ketika sedang bepergian ke tempat yang jauh. Untuk itu, mari isi oli gardan dengan rutin dan dimulai dari sekarang juga.

4. Perputaran Roda Lebih Ideal

Jika ingin mengendalikan perputaran roda agar ideal baik di jalur lurus maupun berkelok, silakan isi oli gardan dengan rutin. Karena pelumas ini memang berperan untuk mengatur hal tersebut. Artinya, laju lurus maupun saat berbelok, perputaran roda tetap seimbang. Pengendara pun lebih nyaman saat menyetir. 

Kalau perputaran roda tidak terkendali, resikonya sangat berbahaya. Apalagi jika saat berbelok sama cepat dengan saat melaju di jalur lurus, tentu kecelakaan bisa terjadi. Kalau sudah ada gejala semacam ini, segera isi oli gardan. Karena itu pertanda oli tekor karena tidak diisi sama sekali. 

5. Gear Ratio Lebih Tahan Lama

Setiap mobil keluaran edisi terbaru, biasanya dilengkapi komponen Gear Ratio. Nah komponen ini berfungsi untuk mengaktifkan transmisi otomatis. Tanpa keberadaannya tentu akan muncul banyak masalah yang salah satunya tidak bisa memindahkan gigi. Makanya komponen ini harus dijaga dan dirawat dengan baik. 

Mengisi oli gardan dengan rutin bisa membuat Gear Ratio lebih tahan lama. Karena pergesekan antar komponen masih dilapisi oleh pelumas. Sehingga tidak ada komponen yang aus. Pemilik pun tidak perlu khawatir harus membeli komponen Gear Ratio yang baru. 

Jika mencermati ulasan di atas, sejatinya oli gardan mobil memang harus dirawat dengan baik. Ini juga demi daya tahan dari mobil itu sendiri. Nah, agar lebih maksimal lagi, silakan asuransikan saja mobil atau kendaraan kamu di Cek Premi. Di sini preminya murah sedangkan semua bengkel yang menjadi mitra memiliki kualifikasi yang bagus. 

Pertanyaan Seputar Oli Gardan Mobil

Sebagian besar masyarakat tidak begitu mengindahkan oli gardan mobil. Makanya muncul beberapa pertanyaan. Diantaranya adalah:

Benarkah Oli Gardan Mobil itu, Komponen Penting?

Sangat penting. Karena kalau oli ini tekor, perputaran roda menjadi tidak ideal. Sehingga kendaraan pun rawan mengalami kecelakaan.

Apakah Fungsi Oli Gardan Sama dengan Oli Biasa?

Tidak dipungkiri, kalau dari segi fungsi, oli biasa sangat dibutuhkan untuk mobil. Tetapi oli gardan juga harus diperhatikan. Terutama untuk Gear Ratio, kecuali sudah siap untuk membeli yang baru.