Oli Transmisi Manual yang Cocok untuk Mobil Harian

oli transmisi

Artikel ini akan membahas tentang oli transmisi manual. Oli transmisi adalah pelumas untuk komponen mobil yang mempermudah pergantian transmisi mobil dan merawat komponen-komponen transmisi agar terhindar dari risiko aus. Sama seperti oli mesin, oli transmisi juga punya ‘masa aktif’. Cara mengetahuinya dengan memperhatikan odometer mobil kamu. Untuk oli transmisi mobil manual, disarankan untuk diganti ketika mendekati 8.000 hingga 10.000 kilometer.

Harga oli transmisi manual berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 200.000ribu/liter. Biasanya kamu membutuhkan kurang lebih 2 liter oli untuk ganti oli transmisi manual. Jika kamu melakukan ganti oli dengan jasa bengkel, umumnya biaya jasa bengkel hanya sekitar Rp50.00-an.

Fungsi Oli Transmisi

Berikut ini beberapa fungsi oli transmisi yang perlu kamu ketahui,

  1. Sebagai penjaga komponen mesin agar tetap memiliki masa pakai lama dan tahan lama.
  2. Menjaga kinerja mesin disaat adanya putaran mesin yang meningkat karena tarikan gas yang besar.
  3. Mencegah debu atau kotoran terkontaminasi pada mesin kendaraan.
  4. Mencegah turun mesin.
  5. Memberikan rasa nyaman bagi pengendara atau pengemudi saat ingin melakukan perpindahan gigi.

Ciri Oli Transmisi Manual Perlu Diganti

  • Kendaran sudah terasa berat saat berjalan, terutama di kondisi medan jalan menanjak.
  • Terasa mengganjal, berat, atau kasar saat perpindahan gigi.
  • Lampu check engine pada mobil terus menyala.
  • Terdengar suara dengung dari komponen transmisi yang saling berbenturan/bergesekan.
  • Kondisi oli transmisi sudah berubah warna.

Rekomendasi Oli Transmisi Manual Terbaik

Berikut ini rekomendasi oli transmisi manual terbaik untuk mobil harian yang cocok untuk kendaraan kesayanganmu,

  1. Shell Spirax S3 G 80W

Oli ini dirancang memang untuk memberikan manfaat baru dengan berdasarkan pada tingkat serta performa yang lebih baik. Shell Spirax sudah memakai teknologi aditif sehingga bisa memberikan lubrikasi komponen transmisi secara maksimal. Untuk kamu yang punya budget terbatas, oli ini bisa dijadikan pilihan. Cukup dengan Rp 80.000, kamu sudah bisa memperolehnya.

  1. BM1 Gear Lube 90 GL-5

Untuk kamu yang punya budget maksimal, BM1 Gear Lube 90 GL-5 bisa dijadikan pilihan. Di marketplace, oli ini bisa kamu peroleh seharga Rp 164.000/liter. BM1 Gear Lube 90 GL-5 sangat bisa diandalkan karena sudah dilengkapi dengan adanya komponen PC-AFA. Komponennya dapat mengurangi tingkat gesekan serta tetap melekat pada sela-sela gigi transmisi. Tingkat kekentalannya juga mencapai SAE 90 yang tentu sudah cukup untuk baik bagi transmisi.

  1. STP Gear Oil SAE 80W-90 Tropical Formula

STP Gear Oil SAE 80W-90 Tropical Formula sudah memiliki keunggulan yang mampu memberi perlindungan terhadap komponen transmisi dengan baik, serta mampu melawan oksidasi. Oli satu ini juga sudah dilengkapi dengan adanya tropical formula yang akan memungkinkan proteksi secara maksimal pada bagian gear-shifting transmisi. . Di marketplace, oli ini bisa kamu peroleh seharga Rp 95.000/liter.

  1. Pertamina Rored EPA SAE 90

Pertamina Rored EPA SAE 90 dilengkapi formula aditif Extreme Pressure dari jenis sulphur phosphorus (anglamol). Oli ini telah memenuhi sertifikasi API Service Classification GL-4, MILL-2105 & Mercedes-Benz (Sheet 235.1). Rored EPA SAE 90 mampu melumasi roda gigi jenis hypoid atau spiral bevel dengan sempurna. Kelebihan oli ini mampu melakukan proteksi maksimal pada tekanan extreme dari muatan berat. Kamu dapat memperoleh kemasan 4 liter Pertamina Rored EPA SAE 90 seharga Rp 210.000.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Kamu tidak perlu pusing dengan biayanya jika mengalami aksiden karena akan ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh asuransi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp.35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSMDCCTS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH III, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Oli Transmisi Manual

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa efek apabila oli transmisi manual tidak diganti?” answer-0=”Apabila oli transmisi kurang, maka komponen-komponen tersebut pun menjadi kering sehingga lama-kelamaan berkarat dan aus. Hal ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena bisa menimbulkan kerusakan permanen pada sistem transmisi mobil. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa fungsi oli transmisi manual?” answer-1=”Fungsi oli transmisi memuluskan kinerja dari setiap komponen mesin yang ada agar pergerakannya tak terhalang oleh gesekan kasar dan terjadinya karat. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]