Operasi Caesar Metode ERACS: Pulih Cepat Pasca Melahirkan

Melahirkan dengan Metode ERACS

Saat ini operasi caesar metode ERACS sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Hal tersebut membuat ibu-ibu yang sedang hamil ingin melahirkan menggunakan metode ERACS. Alasannya, karena metode ini dianggap lebih aman dengan proses pemulihan lebih cepat.

Apa itu Operasi Caesar Metode ERACS?

Sebelum kamu memilih metode ERACS saat akan operasi caesar, pahami terlebih dahulu definisi dari metode ini. Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengutip dari tulisan dr. Fadhli Rizal Makarim pada artikel halodoc, Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS) adalah metode operasi caesar dengan pendekatan khusus perawatan untuk mengoptimalkan kesehatan ibu, sebelum, selama, dan setelah menjalani operasi caesar. Tujuannya, agar mobilitas dan proses penyembuhan atau recovery persalinan dapat dipercepat.

Pendekatan ERACS memungkinkan pasien untuk melakukan pergerakan tubuh lebih cepat. Yakni, sekitar dua jam pasca operasi caesar dengan nyeri yang minimal. Agar proses pemulihan berjalan semulus mungkin, pendekatan ERACS melibatkan kolaborasi tim dokter yang handal terdiri dari dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anestesi, dokter spesialis anak, beserta para perawat.

Lalu Mengapa operasi dengan metode ini lebih cepat pulih dari pada operasi Caesar biasa?

Karena, dengan metode ERACS dokter anestesi  memberikan kombinasi obat nyeri yang aman bagi bunda dan bayinya, sehingga diharapkan mobilisasi lebih dini dilakukan dan bunda bisa segera pulang ke rumah Bersama buah hati tercinta

Kelebihan Metode ERACS

  • Manajemen Nyeri Lebih Terkontrol

Bila dibandingkan dengan operasi caesar konvensional, metode ERACS dapat mengurangi rasa nyeri setelah melahirkan. Pengurangan penggunaan obat opioid untuk mengurangi rasa nyeri dapat mengontrol manajemen nyeri setelah melahirkan.

  • Dapat Beraktivitas Lebih Cepat

Waktu pemulihan ibu yang melahirkan dengan metode ERACS lebih cepat dibandingkan operasi caesar biasa. Hanya butuh waktu 4 jam pasca operasi ibu dapat kembali duduk dan berjalan. Sehingga, setelah 24 jam melahirkan ibu bisa kembali beraktivitas dan pulang ke rumah.

  • Waktu Puasa Lebih Singkat

Selain bisa beraktivitas lebih cepat, waktu berpuasa sebelum dan sesudah melahirkan lebih singkat. Ibu hamil mulai melakukan puasa solid 6 jam sebelum melahirkan, dan puasa cairan 2 jam sebelum melahirkan. Di samping itu, ibu akan diberikan minuman tinggi karbohidrat menjelang 2 jam melahirkan untuk mengurangi resistensi insulin ibu hamil.

  • Meningkatkan Bonding antara Ibu dan Bayi

Berhubung masa pemulihan lebih cepat, maka rasa sakit tidak akan menghalangi seorang ibu berkomunikasi dengan bayinya. Sehingga bonding atau ikatan emosional ibu dan bayi dapat terjalin dengan cepat dan intens.

  • Berkurangnya Risiko Komplikasi

Karena proses pemulihan yang lebih cepat, hal tersebut dapat mengurangi risiko komplikasi seperti kekurangan darah, trombosis ataupun risiko lainnya. 

 

Demikian lima kelebihan melakukan persalinan metode ERACS. Setiap kelebihan tentu ada kekurangan. Berikut ini kekurangan dari metode persalinan ini.

 

Kekurangan Metode ERACS

  • Biaya yang Diperlukan Sedikit Lebih Mahal

Karena proses pemulihan lebih cepat dan manajemen nyeri lebih terkontrol, biaya melahirkan dengan metode ERACS cenderung lebih mahal dibandingkan operasi caesar biasa. Harga obat intratekal epidural morfin dan intratekal opioid yang digunakan dalam metode ERACS lebih tinggi.

  • Mual dan Gatal Berlebihan di Seluruh Tubuh Setelah Melahirkan

Rasa mual dan gatal di seluruh tubuh wajar dialami ibu yang melahirkan dengan metode ERACS. Sebab, kondisi itu adalah bentuk reaksi tubuh atau efek samping dari pemberian obat intratekal epidural morfin.

Namun, tidak semua ibu mengalami dua kondisi ini setelah melahirkan. Sebab, sebelum tindakan dimulai, dokter akan memberikan obat maag seperti omeprazole atau lansoprazole untuk mengurangi gejala mual saat dan setelah melahirkan.

Bagaimana Persiapan yang Harus Dilakukan?

Kamu sudah bisa merencanakan untuk melahirkan dengan ERACS sejak awal kehamilan ya. Beberapa rumah sakit di Indonesia sudah menerapkan metode ini.

Perlu diketahui, harga melahirkan dengan operasi ERACS ditaksir lebih mahal dari operasi caesar biasa. Sebab, obat yang digunakan lebih variatif dan dibutuhkan persiapan yang matang sebelum persalinan.

Bagi kamu yang tertarik melahirkan dengan metode ERACS, berikut 3 tips yang perlu diperhatikan:

  1. Sejak awal kehamilan sudah mencari informasi terkait ERACS.
  2. Mencari rumah sakit yang menerapkan metode ERACS untuk melahirkan.
  3. Kondisi kesehatan dan kehamilan harus dijaga agar bisa siap saat harus melahirkan dengan metode ERACS.
  4. Hindari konsumsi alkohol dan merokok karena dapat memperlambat penyembuhan luka dan meningkatkan risiko perdarahan selama operasi.
  5. Bila memiliki penyakit pemberat, seperti diabetes, Bunda sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan agar bisa melahirkan dengan ERACS.

Melahirkan dengan metode ERACS dapat dicover asuransi kesehatan loh, dengan catatan kamu mendaftar asuransi kesehatan yang mengcover benefit persalinan (maternity). Selama metode ERACS ini dilakukan ketika ditemukan indikasi medis dan rekomendasi dari dokter. Bila dari pihak dokter dan rumah sakit tidak merekomendasikan karena tidak ada indikasi, maka proses persalinan dengan metode ERACS tidak dapat di-cover oleh asuransi kesehatan.

Bagaimana apakah sekarang kamu sudah paham tentang saah satu alternatif proses persalinan ini? Ingin tahu informasi lebih tentang asuransi kesehatan yang mengcover operasi metode ERACS, kunjungi laman cekpremi. Dapatkan asuransi kesehatan aman dan terpercaya serta dapatkan cashback terbaik.

Pertanyaan Seputar Operasi Caesar Metode ERACS

Berikut pertanyaan yang banyak ditanyakan tentang operasi persalinan Caesar metode ERACS.

Berapa lama operasi metode ERACS?

Tak seperti operasi caesar konvensional, operasi dengan metode ERACS memiliki batasan waktu. Sebab, dosis obat yang digunakan lebih kecil dan mempengaruhi efeknya. Waktu melahirkan dengan ERACS yakni maksimal 60 hingga 90 menit.

Berapa biaya operasi Caesar metode ERACS?

Untuk Ibu yang tertarik melahirkan buah hatinya menggunakan metode ERACS. Biaya yang dibutuhkan hampir sama dengan biaya operasi caesar konvensional. Yap, Mama harus mempersiapkan dana mulai dari Rp 12 juta hingga Rp 30 juta tergantung dari pilihan fasilitas rawat inap yang Ibu pilih.

Sumber :

https://www.haibunda.com/kehamilan/20220630124550-49-277774/syarat-biaya-melahirkan-caesar-dengan-eracs-dapat-ditanggung-bpjs#:~:text=Rujukan%20dari%20Faskes&text=Pihak%20faskes%20nanti%20akan%20menentukkan,dari%20faskes%20tingkat%20pertama%20ya.  

https://www.haibunda.com/kehamilan/20220105093623-49-263685/eracs-metode-persalinan-untuk-bantu-lebih-cepat-sembuh-usai-operasi-caesar