Kenapa Harus Cek Mata di Optik BPJS? Apa Saja Keuntungannya?

optik bpjs

Sebagai masyarakat Indonesia pastinya Anda sudah tahu apa itu BPJS kesehatan, ‘kan? Nah layanan dari pemerintah ini dinilai membantu masyarakat yang ingin berobat karena ada potongan bayaran tertentu sesuai dengan kelasnya. Salah satu manfaat BPJS yang wajib Anda gunakan adalah untuk cek mata di optik BPJS secara gratis.

Seperti yang Anda ketahui sendiri bahwa biaya cek mata hingga mendapatkan kacamatanya harus mengeluarkan budget tinggi apalagi jika Anda ingin menggunakan kacamata model khusus. Keberadaan BPJS kesehatan sangat membantu warga Indonesia karena tidak harus mengeluarkan anggaran full untuk cek mata dan membeli kacamatanya.

Nah jika Anda tertarik untuk periksa mata menggunakan layanan BPJS, alangkah lebih baik mengetahui informasi lengkap yang akan dibahas berikut ini.

Apa itu BPJS?

BPJS sendiri merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang dimana ini adalah sebuah lembaga khusus untuk memberikan jaminan kesehatan serta ketenagakerjaan bagi masyarakat, pegawai swasta, dan PNS. BPJS sama seperti asuransi yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2014 sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004.

BPJS kesehatan sering disebut juga sebagai Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN, keanggotaan peserta ditandai dengan adanya Kartu Indonesia Sehat (KIS). Program yang satu ini memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif melalui rujukan berjenjang bagi pesertanya.

Biasanya peserta BPJS kesehatan hanya bisa merasakan pelayanan kesehatan tingkat pertama baik itu berupa rawat inap intensif ataupun non-intensif. Perbedaannya hanya terletak pada kelas yang Anda ambil.

Meskipun begitu, masih ada banyak keuntungan yang dapat Anda rasakan saat menggunakan BPJS kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Keuntungan Memiliki Kartu BPJS

Tujuan BPJS secara umum adalah untuk memberikan jaminan kesehatan untuk seluruh Warga Negara Indonesia. Namun ternyata tidak hanya itu saja, masih ada beberapa tujuan lain dari program BPJS ini sehingga memberikan keuntungan yang maksimal untuk Anda. Lalu apa saja keuntungan memiliki kartu BPJS? Berikut ini jawabannya!

  • Mendapatkan kesempatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seperti gagal ginjal, kanker, dan bedah jantung.
  • Skrining kesehatan menurut risiko penyakit.
  • Berkesempatan mendapatkan layanan KB seperti konseling kandungan, kontrasepsi, bahkan tubektomi dan vasektomi.
  • Anak yang memiliki kartu BPJS memiliki hak untuk mendapatkan imunisasi dasar meliputi BCG, campak, polio, dan DPT-HB.
  • Memperoleh penyuluhan kesehatan mengenai perilaku hidup sehat.
  • Bisa cek mata dan mendapatkan kacamata gratis di optik BPJS sesuai dengan kelas peserta.

Kenapa Harus Cek Mata di Optik BPJS?

BPJS kesehatan tentunya akan menanggung biaya pemeriksaan mata general dan tingkat lanjutan sekalipun jika memang Anda membutuhkan tindakan lebih jauh dari dokter spesialis mata. Ini berarti Anda bisa mendapatkan pemeriksaan menyeluruh untuk rabun dekat, rabun jauh, dan silinder yang termasuk penebusan resep kacamatanya.

Bahkan Anda juga berkesempatan merasakan pengobatan penyakit mata lain seperti operasi lasik dan operasi katarak setelah mendapatkan rujukan dari faskes. Uniknya kini Anda tidak perlu melakukan pemeriksaan ke rumah sakit tapi langsung ke optik BPJS terdekat.

Supaya lebih meyakinkan Anda untuk segera periksa mata ke klinik mata BPJS terdekat, sebaiknya simak apa saja keuntungan yang akan dirasakan melakukan cek mata gratis di optik BPJS berikut ini.

  • Tidak Usah Khawatir Masalah Biaya

Sistem BPJS kesehatan yang mengharuskan pesertanya membayar sejumlah uang iuran sesuai kelas dari kelas 1 sampai 3 membuat Anda bisa sesuka hati periksa mata kapan saja. Sehingga nantinya saat Anda ingin melakukan periksa mata sekaligus membeli kacamatanya tidak usah khawatir lagi masalah biaya karena akan ditanggung oleh BPJS.

  • Pemeriksaan Secara Menyeluruh

Meskipun biaya ditanggung oleh BPJS, tapi Anda akan merasakan pemeriksaan secara menyeluruh di optik BPJS tanpa kurang satu prosedur pun. Pemeriksaan mata tersebut meliputi general dan tingkat lanjutan apabila ada masalah serius dengan mata Anda yang mengharuskan tindakan dari dokter spesialis mata.

  • Dapat Mengobati Berbagai Penyakit Mata

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa BPJS akan menanggung biaya untuk pemeriksaan menyeluruh. Nah pengobatan di optik BPJS ini bisa untuk banyak penyakit mata seperti rabun dekat, rabun jauh, silinder, operasi lasik, dan operasi katarak. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan dianak tirikan.

  • Bisa Sekaligus Klaim Kacamata

Uniknya tidak hanya pemeriksaannya saja yang maksimal, tapi Anda juga bisa mengklaim kacamatanya sekaligus. Namun perlu Anda ingat juga bahwa ada saldo khusus yang diberikan sehingga kacamata yang bisa dibeli harus sesuai dengan saldo dari BPJS. Jika Anda ingin model kacamata dengan harga lebih mahal maka siap-siap saja harus memgeluarkan biaya tambahan.

Cara Cek Mata Gratis Menggunakan Kartu BPJS di Optik

Nah apakah kini Anda sudah siap untuk merasakan periksa mata gratis di optik BPJS? Jika sudah, yuk lakukan langkah-langkah cek mata menggunakan kartu BPJS kesehatan di bawah ini!

  1. Datang ke faskes tingkat 1 atau puskesmas, klinik, dan dokter sesuai yang tertera di kartu BPJS peserta. Disini mintalah surat rujukan kepada dokter spesialis atau poliklinik yang bekerjasama dengan faskes tersebut.
  2. Setelah mendapatkan surat rujukan, segera kunjungi dokter spesialis mata yang bersangkutan. Anda bisa langsung melakukan pemeriksaan mata dan mendapatkan resep untuk kacamata.
  3. Jika pemeriksaan mata sudah selesai biasanya Anda akan mendapatkan resep dokter untuk membeli kacamata. Caranya datangilah loket BPJS terdekat dan minta legalisir dari petugas.
  4. Datangi optik BPJS yang tertera di resep untuk membeli kacamata.

Selain mengandalkan BPJS kesehatan, sebaiknya Anda pun memiliki asuransi kesehatan khusus yang bisa menjamin kesehatan Anda sepenuhnya. Dan kini Anda tidak perlu bingung lagi karena Cekpremi hadir untuk Anda dengan menyediakan berbagai jenis produk asuransi salah satunya kesehatan.

Bersama Cekpremi, Anda bisa menemukan dan juga membandingkan banyak produk asuransi seperti asuransi kesehatan, kendaraan, perjalanan, properti, dan jiwa. Dengan membandingkan setiap produk yang ada maka nantinya Anda bisa mendapatkan pilihan produk tepat yang sesuai dengan kebutuhan.

Cekpremi dijamin akan memberikan rekomendasi produk terbaik dengan proses yang praktis dan tanpa biaya tambahan sama sekal. Oleh karena itu, yuk segera kunjungi website Cekpremi sekarang juga dan dapatkan asuransi kesehatan demi menjaga diri Anda secara maksimal. Jangan lupa juga periksa mata Anda di optik BPJS terdekat secepatnya.

Referensi:

Sikapi Uangmu

OCBC NISP

SehatQ

Health Grid