4 Alasan Kenapa Anda Sebaiknya Memiliki Asuransi Jiwa Murni

asuransi jiwa murni

Last Updated on December 17, 2021 by Rhandy Verizarie

Banyak yang sedikit ‘melow’ kalau membahas tentang asuransi jiwa. Yap, karena manfaat asuransi jiwa akan diberikan saat pemegang polis meninggal dunia. Jadi, tujuan memiliki asuransi jiwa adalah melindungi secara finansial suami, istri, anak-anak, atau ahli waris yang ditinggalkan. Harapannya adalah kehidupan orang-orang tersayang yang ditinggalkan bisa tetap stabil secara keuangan.

Ada beberapa jenis asuransi jiwa, yaitu asuransi jiwa whole life, asuransi jiwa term life, asuransi jiwa endowment, dan asuransi jiwa unit link. Kali ini kita akan fokus membahas tentang asuransi jiwa term life atau asuransi jiwa murni.

Apa Itu Asuransi Jiwa Murni?

Asuransi jiwa murni bisa menjadi pilihan terbaik dalam proteksi jiwa buat perlindungan keluarga. Beberapa karakteristik utama dan yang membedakannya dengan jenis asuransi lain:

  • Asuransi jiwa ini memberikan perlindungan dengan jangka waktu tertentu, yaitu: 5 – 20 tahun. Setelah jangka waktu pertanggungan habis, maka proteksi asuransi jiwa akan hilang.
  • Uang pertanggungan diberikan sebesar 100% dan penyebab meninggal bisa karena sakit atau kecelakaan.
  • Jika selama masa pertanggungan tidak terjadi musibah, premi yang sudah dibayarkan tidak dikembalikan alias hangus.

Keunggulan Asuransi Jiwa Murni

keunggulan asuransi jiwa murni

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari asuransi jiwa murni untuk Anda jadikan pertimbangan:

1. Harga Premi Murah

Asuransi jiwa term life menawarkan premi dengan harga murah dan terjangkau. Anda dapat mencoba membandingkannya dengan premi asuransi jiwa lai, seperti unit link, whole life, maka akan terlihat murahnya premi asuransi jiwa murni.

2. Uang Pertanggungan Besar

Selain premi yang terjangkau, asuransi jiwa ini memberikan uang pertanggungan paling besar. Perlindungannya hanya fokus untuk asuransi jiwa sehingga uang pertanggungan bisa dioptimalkan.

3. Premi Flat, Tidak Berubah

Selama masa kontrak, Anda membayar premi yang flat, tanpa kenaikan sama sekali sampai akhir masa pertanggungan.

4. Tidak Ada Investasi

Tidak adanya investasi membuat premi asuransi jiwa murni menjadi lebih murah dan memberikan uang pertanggungan yang besar.

Tips Memilih Asuransi Jiwa Murni

asuransi jiwa terbaik

Untuk memastikan Anda tidak salah langkah ketika hendak membeli polis asuransi jiwa, berikut ini sejumlah tips memilih asuransi jiwa yang perlu diterapkan:

1. Perhatikan kredibilitas perusahaan

Ada banyak asuransi jiwa yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Masing-masing dari perusahaan asuransi tersebut memiliki kredibilitas yang berbeda. Penting untuk diingat bahwa asuransi merupakan perjanjian jangka panjang. Jadi, Anda perlu memperhatikan dan mempelajari bagaimana kredibilitas dari perusahaan asuransi yang akan dipilih.

Anda bisa mencari tahu tentang sistem pengaturan keuangan atau klaim yang diterapkan dalam perusahaan tersebut. Kemudian laporan keuangannya yang dibagikan ke publik, dan pastikan bahwa perusahaan asuransi jiwa tersebut sudah menjadi keanggotaan atau terdaftar dalam AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia). 

2. Memilih Asuransi Sesuai Kebutuhan Anda

Saat memilih asuransi jiwa, Anda akan dihadapkan dengan beberapa jenis asuransi beserta poin plus dan minusnya masing-masing. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda membayar premi setiap bulannya.

Misalkan, Anda memiliki anak usia 5 tahun, Anda bisa memilih asuransi jiwa murni dengan periode 20 tahun, Sehingga ketika periode asuransi berakhir, anak tersebut sudah lulus kuliah dan bisa mandiri secara finansial. 

3. Membaca Isi Polis dengan Tepat dengan Teliti

Banyak orang yang merasa rugi saat membeli asuransi, mulai dari proses klaim yang ribet hingga klaim yang tidak keluar. Oleh karena itu, sebelum membeli asuransi Anda harus secara teliti membaca isi dari polis. 

Pahami secara detail setiap poin yang terdapat di dalam polis terutama tentang ketentuan klaim dan premi yang akan dibayarkan setiap bulannya. Apabila terdapat poin yang kurang dipahami, Anda sebaiknya langsung mengajukan pertanyaan keada pihak asuransi.

4. Cermati Pelayanan yang Diberikan

Pelayanan yang diberikan pihak asuransi juga menjadi salah satu poin penting yang sebaiknya diperhatikan. Anda bisa memilih perusahaan asuransi yang memberikan pelayanan lebih dan memberikan banyak keuntungan, misalnya dengan menyediakan layanan customer 24 jam setiap hari. Sehingga Anda bisa memperoleh bantuan kapanpun. 

Untuk Anda yang sedang mencari asuransi jiwa murni atau jenis asuransi jiwa lainnya, bisa mengunjungi cekpremi.com dan dapatkan penawaran terbaik dari partner-partner cekpremi.

About Titi Setianing R

a storyteller

View all posts by Titi Setianing R →