Pahlawan Yang Terlupakan 10 November Memperingati Hari Pahlawan

veteran
imagesource : veteranindonesia

Hari ini tepatnya tanggal 10 november 2015 adalah tepat hari pahlawan.  Artinya sudah 70 tahun negara kita merdeka tentunya kemerdekaan ini tidak didapat dengan cuma-cuma tetapi lewat perjuangan para pahlawan kita. Pernahkan terbesik dalam pikiran kita bagaimanakah kehidupan para mantan veteran alias pejuang kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Apakah mereka mendapatkan tempat dan kehidupan yang layak atas apa yang telah mereka perjuangkan ?

hari pahlawan
imagesource : vet4

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa para pahlawannya. Begitulah kata bung karno bapak proklamator sekaligus presiden pertama RI. Setelah 70 tahun Indonesia merdeka tak sedikit para veteran kemerdekaan yang hidup menderita. Sungguh ironi bagi bangsa ini yang tidak menghargai perjuangan pahlawan mereka. Kalau bukan karena jasa pengorbanan para pejuang tersebut, Indonesia tidak akan dapat meraih kemerdekannya. Parahnya lagi para pejuang yang telah berkorban dengan keringan dan darah seolah terupakan. Kehidupan ratusan veteran perang di sejumlah daerah sangat memprihatinkan. Meraka hidup dengan sangat kekurangan. Ditengah usia meraka yang telah lebih separuh abad, mereka tidak dapat merasakan nikmatnya dunia, tetapi masih harus menjalani hari-hari dengan bekerja untuk mencari sesuap nasi. Ada banyak veteran perang kita yang mengalami nasib yang bisa dikatakan sangat malang.

hari pahlawan
imagesource : veteranindonesia

Pak Samsuri, seorang veteran kemerdekaan yang sudah berusia 91 tahun ini terpaksa harus mengetuk pintu-pintu kantor untuk menyambung hidupnya. Meskipun sudah tua, langkah samsuri terlihatmasih tegap. Sikap dan atributnya masih sama seperti saat dia aktif sebagai pejuang di front Ambarawa,  Jawa Tengah. Namun dia kini tidak lagi memanggul senjata melainkan pria tua ini kemana-mana membawa sejumlah barang daganhannya untuk dijual demi rupiah karena tunjangan pensiunnya tak seberapa.

hari pahlawan
imagesource :cekpremi/blog

Pak Silam, seorang lelaki tua yang tinggal di Desa Pelang, Kecamatan Kembangbahu, Lamongan Jawa Timur. Demi mencukupi hidupnya ia menjadi tukang sapu digeraja dan Balai Desa Pelang. Untuk pekerjaannya itu ia mendapatkan upah sebesar Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu per bulan. Jumlah yang sangat kecil jika dibandingkan mahalnya harga kebutuhan saat ini namun, uang sejumlah itu baginya sangat berharga untuk tambahan uang pensiunnya sebesar Rp 600 ribu per bulan. Meski demikian pak Silam cukup bangga dengan apa yang dilakukannya. Pada usianya yang menjelang satu abad, ia tetap tidak membebani orang lain.

hari pahlawan
imagesource : veteranindonesia

Ini jalan hidup sebagian kecil para veteran perang setelah melawan penjajah. Kemerdekaan bagi mereka belumlah usai. Mereka bukan lagi berperang melawan penjajah tetapi mereka harus berperang melawan kebutuhan perut dan usia yang terus menua dengan pasti. Kisah nyata di atas hanyalah beberapa potret para veteran perang yang harus berjuang melawan nasib di tengah usainya yang sudah melebihi dari separuh abad.

Mereka tidak mendapatkan penghargaan dan kehidupan yang layak meski di masa lalu telah mempertaruhkan nyawa untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlwannya.

Cekpremi
Portal Asuransi Online Terlengkap

Leave a Reply

November 10, 2015

Posted In: Hot News

Tags: , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami