4 Pantai Wonosari Gunung Kidul yang Hits Karena Pesonanya

pantai wonosari gunung kidul

Tahukah Anda jika beberapa Pantai Wonosari Gunung Kidul menjadi hits karena pesonanya yang menakjubkan. Sehingga tidak mengherankan jika wisatawan yang ingin menikmati destinasi wisata pantai yang cantik bisa dilakukan dengan mengunjungi ibukota kabupaten Gunung Kidul tepatnya di Wonosari Yogyakarta.

Liburan di Yogyakarta tidak hanya identik dengan kebudayaan yang kental. Tetapi juga bisa dilengkapi dengan menikmati suasana pantai yang masih asri dengan daya tariknya tersendiri yang masih melekat hingga detik ini.

Tidak hanya itu, liburan yang dilakukan di Yogyakarta bisa menjadi lebih seru dengan banyaknya spot foto yang tersedia, makanan khas yang bisa dinikmati dan lain sebagainya. Sehingga Anda bisa melakukan banyak aktivitas saat sampai di Yogyakarta.

Rekomendasi Pantai Wonosari Gunung Kidul dengan Pesonanya yang Hits

Ada beberapa rekomendasi Pantai Wonosari Gunung Kidul yang perlu Anda ketahui sebagai acuan untuk berlibur di Yogyakarta. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja rekomendasi tersebut dan apa pesona yang dimiliki oleh destinasi pantai tersebut.

1. Pantai Timang

Rekomendasi Pantai Gunung Kidul yang lagi viral yaitu Pantai Timang. Pantai Timang terletak di Jalan Pantai Selatan, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta dan bisa Anda akses dengan mudah di Google Maps.

Pesona dari Pantai Timang terletak pada pemandangan pantai yang indah dengan deburan ombak yang tergolong cukup besar. Karena deburan ombak yang cukup besar, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang namun tetap bisa menikmati keindahan ombak tersebut dari dekat menggunakan kereta gantung.

Kereta gantung yang disediakan bisa membawa Anda menuju ke Pulau Watu Panjang. Namun sebelum memutuskan untuk menaikinya, pastikan Anda memiliki keberanian yang besar karena memacu adrenalin. Walaupun demikian, keamanan kereta gantung di Pantai Timang tergolong aman karena menggunakan pelindung berupa tali tambang.

Namun tahukah Anda, kereta gantung tersebut seringkali digunakan oleh para nelayan untuk membawa hasil tangkapan lobsternya dari Pulau Watu Panjang ke daratan. Sehingga bisa dikatakan kereta gantung tersebut memiliki fungsi yang sangat penting bagi masyarakat sekitar terutama bagi para nelayan.

Tidak hanya dikenal sebagai destinasi pantai yang dapat memicu adrenalin karena debur ombak yang cukup besar. Pantai Timang juga cukup terkenal karena memiliki hamparan pasir putih yang lembut, putih dan bersih. Bahkan, Anda juga bisa dengan mudah menemukan spot foto yang estetik dan Instagramable dengan mengunjungi Pantai Timang.

2. Pantai Baron

Selanjutnya, Pantai Wonosari yang bagus dan cocok untuk Anda kunjungi saat berlibur yaitu Pantai Baron. Pantai Baron terletak di desa Rejosari Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta dan tentunya bisa diakses di Google Maps.

Daya tarik dan pesona dari Pantai Baron sendiri terletak pada panorama alam yang indah serta suasananya yang sejuk. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat mercusuar yang masih berdiri kokoh di sekitar pantai. Sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan sekitar dari ketinggian dengan menaiki bangunan mercusuar tersebut.

Pantai Baron merupakan salah satu pantai yang mempunyai akses yang cukup mudah. Bahkan Anda juga bisa menggunakan fasilitas yang cukup lengkap saat di berada di pantai ini.

Air laut yang ada di pantai ini memiliki gradasi warna kebiruan dan terbilang cukup bersih. Bahkan deburan ombak di pantai ini juga tergolong aman dan tidak terlalu besar sehingga bisa digunakan untuk berenang. Oleh karena itu, pengunjung yang datang ke Pantai Baron cukup banyak baik dari kalangan orang dewasa bahkan anak kecil.

Pemandangan indah lainnya yang bisa Anda nikmati di pantai ini yaitu pemandangan dua bukit yang mengapit sisi kanan kiri Pantai Baron. Bahkan, jejeran perahu nelayan juga menambah nilai estetika dari Pantai Wonosari Gunung Kidul yang satu ini. Selain itu, di Pantai Baron ini Anda juga bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan.

3. Pantai Kukup

Rekomendasi Pantai Wonosari Gunung Kidul selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berlibur Pantai Kukup. Pantai Gunung Kidul Instagramable ini seringkali dianggap mirip dengan Tanah Lot di Bali. Hal tersebut terjadi karena adanya gardu pandang yang sengaja dibangun untuk wisatawan yang datang berkunjung.

Gardu pandang tersebut dibangun di Pulau Jumino yang terletak di sisi timur Pantai Kukup. Sehingga wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan Samudera Hindia ini dengan lebih leluasa. Bahkan tidak sedikit pengunjung yang datang hanya untuk melepas pernah dan jenuh setelah lelah bekerja.

Letak Pantai Kukup yang cukup tersembunyi membuat pantai yang satu ini terjaga kebersihannya. Lokasi Pantai Kukup sendiri terletak di Ngepung Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Ombak di pantai ini juga terbilang cukup tenang sehingga aman untuk digunakan berenang maupun bermain air. Dibagian bibir Pantai Kukup juga terdapat gugusan terumbu karang yang melindungi dari deburan ombak yang besar.

4. Pantai Watu Kodok

Pantai Wonosari Gunung Kidul yang juga bisa Anda kunjungi yaitu Pantai Watu Kodok. Pesona dari pantai yang satu ini terletak pada hamparan pasir putih yang bersih dan juga air laut yang biru.

Pantai ini diberi nama watu kodok yang dalam Bahasa Jawa memiliki arti batu kodok karena terdapat dua buah batu karang yang menyerupai katak. Namun selain itu, Anda juga tetap bisa menemukan spot foto yang menarik dan tersedia area camping yang cocok untuk menikmati suasana pantai di malam hari.

Liburan yang dilakukan dengan mengunjungi pantai di Yogyakarta bisa Anda lakukan dengan lebih aman menggunakan asuransi perjalanan yang terpercaya. Sehingga Anda bisa meminimalisir risiko yang bisa terjadi tanpa bisa diduga sebelumnya.

Cara memilih asuransi perjalanan juga sangat mudah dilakukan mengingat adanya portal online seperti cekpremi yang menyajikan informasi lengkap dan perbandingan dari berbagai asuransi. Sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan dan memilih jenis asuransi yang digunakan sesuai dengan kemampuan.

Bagaimana, tertarik untuk berlibur ke salah satu rekomendasi pantai seperti pada ulasan di atas setelah memiliki asuransi perjalanan yang cocok? Demikian ulasan mengenai Pantai Wonosari Gunung Kidul yang hits karena pesonanya, semoga bermanfaat.

Referensi:

Pesisir

I Trip

Keluyuran