Penanganan Pertama Turun Berok yang Wajib Diketahui

turun berok

Hernia, atau lebih dikenal dengan turun berok dapat terjadi ketika organ dalam tubuh menonjol melalui celah pada jaringan atau otot penyangga dalam tubuh. Keadaan ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan nyeri.

Turun berok atau hernia dapat terjadi di area perut, pusar, serta selangkangan. Jika kamu mengalaminya, berikut ini adalah penanganan pertama yang perlu diketahui. Berikut ini akan kami ulas selengkapnya!

5 Penanganan untuk Turun Berok

Penanganan yang dapat diberikan pada penderita turun berok cukup banyak. Namun hal utama yang sangat efektif untuk penanganan hernia adalah dengan melakukan operasi. Namun beberapa hal tersebut dapat kamu lakukan untuk meringankan hernia, yaitu:

  • Perbanyak Asupan Tinggi Serat

Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat, dapat meringankan hernia yang dirasakan. Contoh makanan tinggi akan serat, dapat kamu temukan melalui buah, sayur-sayuran, serta gandum.

Selain dapat meringankan risiko hernia, asupan tinggi serat memiliki banyak manfaat lain. Seperti dapat menjaga daya tahan tubuh, dan membuat kadar gula darah menjadi normal.

  • Olahraga Rutin

Kamu dapat berolahraga rutin sesuai saran dari dokter, agar dapat menjaga berat badan yang ideal. Olahraga dapat membuat otot di area hernia yang muncul, menjadi lebih kuat.

Namun tidak dengan melakukan olahraga dengan beban yang berat. Selain itu, kamu juga dapat menghindari olahraga yang dapat membuat perut menerima tekanan yang berlebihan. Salah satu olahraga yang sesuai, adalah yoga.

  • Kurangi Porsi Makanan

Menjaga berat badan agar ideal dapat terhindar dari terjadinya obesitas. Karena obesitas dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya turun berok yang utama, bahkan dapat memperlambat proses penyembuhan.

Melalui pengurangan porsi makan, kamu dapat menjaga berat badan atau menurunkan berat badan secara perlahan. Kamu dapat mengurangi porsi makan dalam satu kali makan, namun frekuensi ditambah.

  • Kompres Es

Ketika mengalami hernia, kamu dapat merasakan gejala seperti nyeri pada area selangkangan atau perut, kemerahan, bahkan peradangan. Mengompres es pada area tersebut dapat membantu meringankan rasa sakit.

Karena otot yang kendur akan kembali berkontraksi, sehingga peradangan pada jaringan yang sakit menjadi berkurang. Gunakan es batu untuk mengompres area tersebut.

  • Jus Sayur

Selain mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat, mengkonsumsi jus sayur juga dapat menangani hernia. Kamu dapat mengkonsumsi jus yang berisikan campuran dari brokoli, bayam, wortel, kale, dan bawang bombay.

Campuran tersebut dipercaya dapat menjadi salah satu obat alami untuk turun berok. Karena didalamnya terkandung nutrisi dan anti radang, yang dapat meredakan rasa sakit yang muncul.

Selain melakukan kelima hal tersebut, yang perlu kamu ingat adalah penderita hernia harus menghindari mengangkat beban yang berat atau berlebih. Tidak hanya itu, usahakan untuk menerapkan gaya hidup yang sehat.

Menghentikan kebiasaan merokok menjadi salah satu hal yang dapat kamu terapkan, jika kamu merupakan seorang perokok aktif. Karena merokok dapat mengakibatkan batuk serta meningkatkan resiko hernia.

Setelah mengetahui bagaimana penanganan untuk turun berok kamu dapat menerapkan beberapa hal tersebut agar meminimalisir rasa sakit atau gejala yang timbul.

Namun jika keadaan belum membaik, atau bahkan terjadi gejala yang lain, seperti benjolan bertambah besar, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter. Sehingga dokter dapat menyarankan untuk melakukan tindakan operasi, agar hernia tidak berkembang menjadi lebih parah.

Penggunaan asuransi dapat membantu kamu untuk menghadapi situasi seperti ini. Karena penanganan biaya berobat, obat-obatan, rawat inap, hingga operasi dapat ditangani oleh asuransi kesehatan.

Pilihlah asuransi terpercaya yang dapat membantu kamu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan di masa mendatang. Cekpremi dapat memberikan bantuan agar kamu dapat memilih asuransi terbaik dan terpercaya.

Pertanyaan Seputar Turun Berok

Penderita hernia dapat mengurangi rasa sakit yang dideritanya jika menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait hernia, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa boleh penderita hernia dipijat?” answer-0=”Pemijatan tidak dianjurkan sama sekali. Karena dengan memijat atau mengurut dapat meningkatkan resiko buruk.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa dampak bahaya dari turun berok?” answer-1=”Organ dalam yang terjebak dalam hernia dapat tersumbat aliran darahnya, sehingga mengakibatkan kematian jaringan. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]