Pengertian Wheelbase pada Mobil

wheelbase

Wheelbase jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘jarak sumbu roda’. Jarak sumbu roda adalah jarak antara roda depan dan belakang. Semakin panjang jarak sumbu rodanya, biasanya kendaraan tersebut juga semakin panjang.


Fungsi Wheelbase

1. Memberikan Kenyamanan

Jarak sumbu roda penting diperhitungkan demi reaksi yang bagus sebuah kendaraan. Jarak sumbu roda yang pendek dinilai lebih nyaman dari pada jarak sumbu roda panjang. Jika jarak sumbu roda terlalu panjang, pengemudi akan kesulitan saat membelokkan kendaraan. 

2. Membuat Roda Kendaraan Berputar Stabil

Wheelbase akan membuat roda kendaraan berputar stabil. Kestabilan putaran roda akan meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Dengan wheelbase yang baik, kecepatan pelan maupun tinggi bisa diatasi dengan baik.

3. Menyeimbangkan Mobil

Fungsi utama lainnya adalah membuat kendaraan dalam keadaan seimbang. Mobil yang seimbang saat hidup dan diam sekalipun akan berdampak baik terhadap besaran gaya yang bekerja di setiap roda. Keseluruhan torsi yang bekerja juga dapat seimbang dari 0.

4. Membuat Ruang Lebih Luas

Jarak wheelbase yang lebih panjang membuat para produsen mobil dapat membuat ruang kabin kendaraan yang lebih luas dan memberikan sentuhan ragam teknologi. Tentunya akan bermanfaat untuk kenyamanan setiap penumpang. Misalnya jarak kursi, lipatan kursi, bagasi belakang, dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan sangat mendukung kenyamanan saat digunakan untuk kendaraan-kendaraan yang menempuh perjalanan jauh. 

Tanda Kerusakan Wheelbase

  • Suara Aneh

Tanda kerusakan pertama yang sederhana dan masih bisa ditindaklanjuti adalah sering terdengar suara aneh di bawah mobil. Suara tersebut seperti berisik. Kemungkinan hal itu disebabkan oleh bagian-bagian bawah mobil yang bermasalah.

  • Mobil Bergetar

Tanda lain yang bisa dirasakan adalah mobil kamu akan bergetar saat dijalankan. Ketidakstabilan akan terjadi sehingga sulit untuk mengendalikan kemudi. Mobil bergetar memang berhubungan langsung dengan kinerja komstir yang mengarahkan mobil.

  • Suspensi Kasar

Wheelbase terpasang langsung dengan ban-ban mobil. Pemasangan ban mobil yang tidak pas akan mempengaruhi kenyamanan berkendara, contohnya saja dalam hal suspensi. Getaran yang ditimbulkan akan lebih kasar saat mobil melewati jalanan tertentu. Ground clearance atau jarak mobil dengan permukaan jalan akan semakin sedikit atau tidak normal. 

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi  yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp.35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun. 

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant. 

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Wheelbase

Apa yang dimaksud wheelbase?

Bagian ini disebut dengan istilah umum jarak sumbu roda. Lebih tepatnya adalah jarak tengah antara sumbu roda depan dan sumbu roda belakang. Istilah wheelbase tidak hanya berlaku pada kendaraan mobil saja, pada motor dan truk juga ada istilah tersebut.

Wheelbase itu apa?

Wheelbase merupakan jarak antara pusat roda depan dengan pusat roda belakang. Untuk kendaraan bermotor roda 4 alias mobil yang dimaksud jarak sumbu roda adalah jarak horizontal dari sentral rotasi roda belakang dan roda depan. Jika kendaraan sedang dalam keadaan seimbang maka keseluruhan torsi yang bekerja adalah nol.