ECU Mobil, Penjelasan dan cara kerjanya

ECU mobil

ECU mobil merupakan salah satu komponen canggih dan berteknologi tinggi yang ada pada mobil. Teknologi ECU mobil bisa meningkatkan kinerja sistem mesin mobil.

ECU yang merupakan singkatan dari Electronic Control Unit ini terdapat pada mobil dengan teknologi injeksi. Bagi kamu yang memiliki mobil dengan teknologi ini, kamu harus memahami apa yang dimaksud dengan komponen ini agar bisa melakukan perawatan yang tepat.

Meskipun teknologi yang satu ini tidak terbilang baru, namun masih banyak orang yang belum memahami apa itu ECU dan fungsi pentingnya untuk mobil.

Untuk lebih jelasnya tentang komponen ini, baca artikel ini sampai habis ya.

Apa Itu ECU Mobil

Yang dimaksud dengan ECU adalah komponen mobil yang berperan menjadi sistem sirkuit elektronik utama dan pusat kontrol untuk satu atau lebih sistem atau subsistem yang ada pada mobil.

Dengan adanya komponen ini, konsumsi bahan bakar pada mobil akan lebih irit dan membuat sistem pengapian mobil menjadi lebih efisien. Selain itu, mobil yang dilengkapi dengan ini juga bisa mendeteksi apabila terdapat kerusakan pada mobil dan menyesuaikan sistem pengapian sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Fungsi dan Cara Kerja ECU Mobil

Komponen yang satu menjadi komponen mobil yang sangat penting bagi mobil karena mempunyai beberapa fungsi. Komponen ini terbilang mempunyai teknologi yang tinggi. Cara kerjanya pun melibatkan komputer untuk menyetel pengaturannya.

Berikut ini fungsi dan cara kerja ECU pada mobil yang perlu kamu ketahui.

  • Bahan Bakar Bisa Tercampur dengan Lebih Efisien

Sebelum ditemukannya komponen penting ini, pencampuran BBM, pengukuran waktu yang dibutuhkan untuk pengapian mobil, pencampuran udara terhadap BBM dan kecepatan mesin berputar dilakukan dengan menggunakan sistem yang sifatnya masih mekanis.

Dengan adanya sistem ini pada mesin mobil, proses-proses yang demikian tadi bisa dikendalikan dengan menggunakan sistem komputer yang telah ditanam pada komponen ini. Komputerisasi ini membuat pencampuran bahan bakar semakin baik hasilnya.

Dengan sistem ini, proses tersebut bisa lebih mudah dan efisien.

  • Mengatur Takaran Suplai Bahan Bakar

Pengaturan takaran bahan bakar yang dikonsumsi mobil diatur menggunakan komponen ini. Pada mobil dengan sistem injeksi ini, ECU merupakan komponen inti. Jumlah takaran bahan bakar dan gerakan mesin yang diperlukan diatur menggunakan komputer.

Dengan begitu, suplai bahan bakar untuk mobil menjadi tepat.

  • Mengontrol Waktu Injeksi Bahan Bakar Mobil

Komponen ini juga bisa mengontrol durasi injeksi BBM dengan cara menentukan waktu kapan pemberian campuran udara dan BBM terhadap mesin mobil. Hal ini bisa membuat pencampuran bahan bakar pada mobil menjadi lebih optimal.

  • Mengatur Beberapa Sistem Penting pada Mobil

Komponen ini pada mobil juga mempunyai fungsi untuk mengatur beberapa sistem penting yang terdapat pada mobil. Pengaturan itu di antaranya, identifikasi kunci mobil, performa kipas untuk mendinginkan mesin, menghidupkan alarm mobil secara otomatis saat adanya gangguan dan beberapa fungsi penting lainnya.

Penyebab dan Ciri-ciri ECU Mobil Rusak

Seperti halnya komponen mobil yang lain, kerusakan pada komponen ini juga bisa terjadi. Kamu perlu mewaspadai penyebabnya agar bisa terhindar dari kerusakan.

Penyebab yang umum adalah terendam air dalam waktu yang cukup lama. Saat terjadi banjir dan air merendam komponen ini terlalu lama, komponen ini berpotensi mengalami kerusakan.

Yang perlu kamu waspadai lagi adalah kondisi aki mobil. Sel elektronik pada aki mobil merupakan bagian penting yang bisa membuat ECU berfungsi. komponen ini bisa berpotensi mengalami kerusakan jika salah satu sel aki mati.

Apabila semua sel aki mati, baterai akan dianggap mati. Kondisi demikian akan menyebabkan tidak berfungsinya fungsi elektrikal mobil secara keseluruhan.

Selain itu, penyebab dari kerusakan komponen ini adalah jarak tempuh yang sudah sangat jauh dan usia mobil.

Selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui ciri-ciri komponen ini yang mengalami kerusakan agar bisa segera mengatasinya. Berikut ini ciri-cirinya.

  • Mesin mobil sulit dinyalakan
  • Konsumsi bahan bakar menjadi boros.
  • Mesin sering mengalami sendatan saat dikendarai
  • Tenaga mesin terasa loyo dan berat saat dipacu
  • Lampu check engine yang terdapat pada dashboard tetap menyala

Nah, demikian tadi informasi mengenai ECU mobil. Mengingat pentingnya komponen yang satu ini, kamu perlu mewaspadai hal-hal yang bisa menyebabkannya rusak. Jika terjadi hal-hal yang mengindikasikan kerusakan komponen ini, kamu sebaiknya segera melakukan pengecekan.

Lindungi Mobil dengan Asuransi

Kerusakan mobil akibat kecelakaan bisa terjadi sewaktu-waktu. Biaya perbaikan yang dikeluarkan untuk kerusakan juga tidak sedikit. Hal itu tentu akan mengganggu anggaran pengeluaran yang sudah kamu buat.

Untuk itu, kamu perlu melindungi mobil kesayanganmu dari risiko tersebut dengan menggunakan asuransi mobil. Biaya perbaikan mobil bisa ditutup dengan asuransi mobil. Bahkan, jika mobilmu hilang akibat pencurian, kamu bisa mendapatkan ganti rugi.

Kamu bisa menemukan asuransi mobil terbaik di cekpremi. Segera kunjungi cekpremi dan temukan asuransi pilihanmu.

Pertanyaan Seputar ECU Mobil

Komponen ini merupakan komponen berteknologi canggih yang bisa meningkatkan kinerja mesin mobil. Apabila masih pertanyaan yang terbersit, contoh pertanyaan berikut ini mungkin bisa membantu.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apakah semua mobil pakai ECU?” answer-0=”Mobil dengan mesin bensin dan diesel menggunakan komponen ini. bahkan, mobil hybrid juga menggunakan komponen ini. Komponen yang merupakan modul elektronik ini menjadi tumpuan dalam mengelola sistem dan fungsi yang terdapat pada mobil.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa beda nya ECU dan CDI?” answer-1=”CDI dan ECU sama-sama menjadi otak kendaraan. CDI berfungsi sebagai otak pengapian kendaraan karburator. Sementara itu, ECU menjadi otak yang mengatur jalannya mesin pada kendaraan injeksi. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]